Pemberdayaan Masyarakat Tentang Pengelolaan Sampah dengan Teknik Komposter dan Pemanfaatan Pekarangan Sekolah untuk Tanaman Sayur Sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Mohammad Rachman Waluyo, Fajar Rahayu, Akalily Mardiyah

Abstract


Terkait dengan kesehatan masyarakat, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mencanangkan sebuah gerakan yang memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Namun, promosi kesehatan dan pencegahan penyakit yang telah ada kurang dapat berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dengan dasar inilah kami Fakultas Teknik UPNVJ bekerjasama dengan SD Tunas Mandiri bermaksud mengadakan pemberdayaan pemanfaatan pekarangan sekolah untuk tanaman sayur dan buah, menanamkan kesadaran peduli sampah dengan Teknik komposter guna membentuk kesadaran cinta lingkungan. Diharapkan dengan adanya pemberdayaan masyarakat berupa GERMAS, dapat meningkatkan wawasan akan lingkungan bagi siswa, orang tua dan komite SD Tunas Mandiri akan mengerti cara pengelolaan sampah berbasiskan komposter, meningkatkan kemandirian dan perekenomian masyarakat, dan yang paling utama adalah meningkatkan kualitas kesehatan dan kesadaran siswa sejak dini. Target luaran dari program ini berupa produk pengolahan sampah dengan komposter dan pemanfaatan lahan SD Tunas Mandiri untuk dijadikan wahana pemberlajaran untuk anak – anak budidaya di pekarangan sekolah agar bisa dijadikan pembelajaran buat siswa dan bisa dikelola sekolah.

Kata Kunci: GERMAS, pekarangan sekolah, sampah, Komposter 


Full Text:

PDF

References


LPPM Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) 2017. “Panduan Pelaksanaan Program Penelitian kepada Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta.

Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat, Model dan Strategi Pembangunan berbasis Pemberdayaan. Bandung: Humaniora Isbandi. 2012.

Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat: Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suharto, Edi. 2010. CSR & COMDEV: Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta

Wibawa, Budhi, Rudi S Darwis, Risna Resnawati dan Sahadi Humaedi. 2013. Panduan Pelaksanaan: Praktikum Pengembangan Masyarakat. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.20868

Article Metrics

Abstract view : 709 times
PDF file view : 929 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.