Pengembangan Produk Usaha dan Intelektual Kampus di Universitas PGRI Semaranag

Authors

  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi . Universitas PGRI Semarang
  • Muhtarom . Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21790

Abstract

Tujuan dari kegiatan PPUPIK ini adalah menumbuhkan sifat kewirausahaan untuk memperoleh profit sebagai tambahan sumber pemasukan Universitas PGRI Semarang, dapat meringankan beban ibu-ibu dalam mengasuh dan merawat anak, sehingga para ibu lebih fokus, tenang dan nyaman dalam bekerja. Lebih lanjut, program PPUPIK juga berfungsi sebagai laboratorium bagi mahasiswa PAUD untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesioanl secara praktis,. Sedangkan tujuan khususnya adalah mendirikan PENA PRIMA secara terpadu dan bertahap yang nantinya menjadi imagebrand dari Program Studi PGPAUD Universitas PGRI Semarang. Luaran yang akan dihasilkan unit PPUPIK dalam tahun ketiga ini adalah SIM berbasis Hybrid PENA PRIMA Apps, NPSN, sinkronisasi DAPODIK, pendaftaran Akreditas BAN PAUD PNF, target terakreditasi A pada tahun 2021.jumlah siswa TPA sebanyak 30 anak, dan Sekolah musik Pena Prima dengan  10 peserta didik.  

Kata Kunci: Daycare, Nursery, music, early  childhood education

 

Author Biography

Mila Karmila, Universitas PGRI Semarang

 

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. 2013. Norma, Standar, Perosedur dan kriteria (NSPK. Petunjuk Teknis penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi edisi X. Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lwin, May, dkk . 2008 . How to Multiply Your Child’s Intelligence. Jakarta : PT. Indeks.

Salinan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Kebudayaan No. 137. Tahun 2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Abak Usia Dini.

Sulistyanto, Yuli, dkk. 2016. Buku Suplemen Penyelenggaraan Taman Penitipan

Anak Berperspektif Hak Anak. Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan keluarga Berencana (BP3KAB). Provinsi Jawa Tengah.

Seefeldt, Carol & Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT. Indeks.

Sousa, David A. (2012). Bagaimana Otak Belajar. Jakarta : PT. Indeks.https://madaniah.co.id/manfaat-belajar-musik-bagi-anak-sejak-usia-dini/

TK.Lab.School.UPI. 2015. Rasional Penyelenggaraan Daycare. [online]. Tersedia dalam http://tk.labschool.upi.edu/daycare/. Tanggal akses 21 April 2016.

Undang-Undang Nomor 13 tahun 2013 Tentang Ketenaga kerjaan

Wijaya, Wirawan Surya. 2013. Analisis Pengembangan Produk Pada Perusahaan Tepung Terigu Di Surabaya . Jurnal Agora Vol. 1, No. 1, (2013)

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Karmila, M., ., P., & ., M. (2019). Pengembangan Produk Usaha dan Intelektual Kampus di Universitas PGRI Semaranag. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 186–197. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21790