Desain Grafis untuk Meningkatkan Nilai Kaligrafi pada Santri dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak

Authors

  • Abi Senoprabowo Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Ali Muqoddas Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Noor Hasyim Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21792

Abstract

Program PKM ini memiliki tujuan : 1) peningkatan kemampuan kewirausahaan santri pondok pesantren Al-Hadi dan Sultan Fatah melalui potensi kemampuan membuat kaligrafi digital, 2) peningkatan kesejahteraan santri dan pesantren yang lebih baik melalui pemanfaatan sumber daya yang memiliki nilai ekonomi, 3) terbentuknya usaha ekonomi pesantren dan kelembagaan yang terstruktur melalui unit usaha pesantren, 4) peningkatan kemampuan santri dan pesantren untuk melakukan diversifikasi produk. Kegiatan ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan pelatihan dan pendampingan. Pendekatan pelatihan meliputi : 1) Pelatihan Kewirausahaan; 2) Pelatihan dasar-dasar desain grafis, 3) Pelatihan digitalisasi kaligrafi, 4) Pelatihan pemanfaatan media online untuk pemasaran. Sedangkan metode pendampingan meliputi :1) Pendampingan penguatan sumber daya manusia melalui peningkatan pemasaran, manajemen, dan motivasi berwirausaha; 2) Pendampingan pembentukan kelembagaan Unit Usaha Pesantren; 3) Pendampingan ke akses permodalan. Diharapkan hasil dari kegiatan PKM ini adalah terwujudnya unit usaha pesantren dalam bidang kaligrafi, semakin meningkatnya jiwa wirausaha dan manajemen pada santri, serta peningkatan kemampuan pemasaran melalui media online.  

Kata Kunci: Desain Grafis, Kaligrafi, Ponpes Al Hadi

Author Biography

Abi Senoprabowo, Desain Komunikasi Visual, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

 

 

References

Ali, A. Z. (2016). Dakwah K.H. Moh. Faiz Abdul Razzaq (Studi Dakwah Melalui Seni Kaligrafi). Reflektika, 11(2), 15–31.

Diniyati, D., Fauziyah, E., & Achmad, B. (2010). Potensi dan Peran Pesantren sebagai Lembaga Pelaksana Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 7(1), 41–54.

Fitriani, L. (2011). Seni Kaligrafi: Peran dan Kontribusinya Terhadap Peradaban Islam. El Harakah : Jurnal Budaya Islam, 13(1), 1–12.

Lismarwan, N. G., & Nashori, H. F. (2010). Proses Kreatif Pelukis Kaligrafi Islam: Sebuah Penelitian Kualitatif. Proyeksi, 5(1), 1–16.

Maharta, I. W. A., Nyeneng, N., & Putu, I. D. (2015). Pengembangan Komik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5), 109–117.

Muhakamurrohman, A. (2014). Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109–118.

Mujib, A. (2006). Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Perkembangan Pesantren (III). Jakarta: Diva Pustaka.

Syafe’i, Imam. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter . Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I 2017

Purwanto, Y. (2010). Seni Dalam Pandangan Alquran. Jurnal Sosioteknologi, 9(19), 782–796.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287–310.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Senoprabowo, A., Muqoddas, A., & Hasyim, N. (2019). Desain Grafis untuk Meningkatkan Nilai Kaligrafi pada Santri dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Hadi Kabupaten Demak. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 211–221. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21792