Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013

Authors

  • Erna Yayuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Santi Prastiyowati Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793

Abstract

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik. Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan sekolah mitra. Terdapat satu sekolah yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu SDN Girimoyo 2 Kabupaten Malang. Untuk menyukseskan kemitraan ini, guru yang akan menjadi peserta pelatihan perlu mendapatkan penguatan konsep materi Kurikulum 2013, dan penyusunan RPP. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu workshop pelatihan, pendampingan dan impelementasi Penyusunan RPP Kurikulum 2013. Pada akhir kegiatan ini, guru akan mengimplementasikan RPP yang telah disusun sesuai kelasnya. Dalam pendesiminasian RPP ini, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Dari Hasil observasi ini yang akan dijadikan bahan Refleksi Bersama. Dapat disimpulkan bahwa guru telah menerapkan Kurikulum 2013 dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari RPP yang dirancang dan kegiatan pembelajaran.  

Kata Kunci: Perangkat pembelajaran Kurikulum 2013, penyusunan RPP, guru

Author Biography

Erna Yayuk, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang

 

 

References

Abduh, M., Nugroho, N., & Siskandar, S. (2014). Evaluasi pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 1(1), 1–9.

Ady, S. U. (2019). Mengubah paradigma saving society menjadi investment society (peran serta wanita dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui investasi di Bursa Efek Indonesia): Laporan akhir pengabdian pada masyarakat. Surabaya.

Afandi, M., & Badarudin, B. (2011). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Dengan Memasukkan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 254–270. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4388

Anindya, E. F. Y., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238–245.

Bakung, D. (n.d.). Pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan jamu tradisional untuk mengatasi fatigue & myalgia di Ngering, Desa Bakung, Jogonalan, Klaten.

Biro Hukum dan Organisasi. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (2013).

Bisowarno, B. H., Novianti, J., & Martina, A. (2017). Penerapan teknologi tepat guna dalam penyediaan air bersih di sekolah dan peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Cukanggenteng. Bandung.

Christie, O. (2015). Keefektifan pendekatan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40.

Ghati, E. W. (2018). Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pedagogik, 5(2), 209–216.

Ghati, E. W., & Respons, S. (2018). Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Taksonomi Solo, 05(02), 209–216.

Hermawanti, A. S., Rasyid, H. Al, & Mujtahidin, M. (2015). Efektivitas pembelajaran tematik ditinjau dari kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di kelas V SD Muhammadiyah 8 Kecamatan Tulangan tahun 2015. Widyagogik, 3(1), 79–89.

Hudha, A. M., Husamah, H., & Hadi, S. (2011). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran laboratorium untuk menunjang pelaksanaan bagi guru IPA biologi SMP Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Dedikasi, 8(1), 43–51.

Husamah, H., Hudha, A. M., & Pantiwati, Y. (2018). Pendampingan guru SMPN 8 Kota Malang dalam mengembangkan perilaku etis siswa berbasis model pembelajaran OIDDE. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.14185

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada. Junal Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 87–94.

Jahja, R. S., & Septiandini, D. (2015). Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi. Indonesian Journal of Sociology and Education Policy, 2(1), 1–23. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=809920&val=13228&title=Praktik Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Sosiologi

Jannah, W. (2014). Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas di Sekolah Menengah Atas (SMSA) Kecamatan Rokan IV Koto. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 789–796.

Millah, D., & Syah, M. N. S. (2017). Implementasi pembelajaran tematik integratif di kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Barongan Kudus. Elementary, 5(2), 251–278.

Munasik, M. (2014). Kemampuan guru sekolah dasar dalam menerapkan pembelajaran tematik di sekolah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 105–113.

Novita, E., & Wahyuningsih, W. (2015). IbM pemanfaat limbah cair proses pengolahan buah kopi sebagai sumber energi alternatif pada proses pengolahan kopi dan keperluan rumah tangga. Jember.

Nurjanah, N., & Yasir, Y. (2019). Komunikasi pariwisata dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat desa wisata di Kecamatan Bantan. In Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian (pp. 359–370). Pekanbaru: FISIP Universitas Riau. Retrieved from http://repository.unri.ac.id/handle/123456789/9636

Nurwidodo, N., Rahardjanto, A., Husamah, H., & Mas’odi, M. (2017). Pendampingan pembuatan aneka olahan rumput laut sebagai upaya penguatan ekonomi masyarakat Kepulauan Sapeken Sumenep. Senaspro 2, 700–714.

Nurwidodo, N., Rahardjanto, A., Husamah, H., & Mas’odi, M. (2018). Pendampingan masyarakat dalam budidaya rumput laut di Kepulauan Sapeken Kabupaten Sumenep Jawa Timur. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 157–166. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.14770

Pembelajaran, P., & Bagi, T. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Tunagrahita. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(3), 305–319.

Prastyo, Z., & Muhammad, H. N. (2015). Analisis Kemampuan Guru dalam Pembuatan RPP Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga (PJOK) Se-Kecamatan Gununganyar Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 492–500.

Priyono, S., Sulistyorini, S., Iskandar, D., & Mushthafa, M. (2016). Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 06: Pengelolaan Kurikulum. (H. Hasan, H. Widyaistono, M. Mariati, & M. Y. Saad, Eds.). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Purwandari, E. L. (2015). Implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rushartatik, R., Dantes, N., & Suandana, G. A. (2013). Studi evaluatif pembelajaran tematik di kelas permulaaan se- kecamatan kuta utara badung. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Sadalia, I., Hasibuan, B. K., & Sumatri, I. B. (2017). Pendampingan dan peningkatan kapasitas dan kualitas produksi jamu yang berbasis green system. Abdimas Talenta, 2(1), 6–11. Retrieved from https://jurnal.usu.ac.id/index.php/abdimas/article/view/18276

Saptiani, S. (2016). Model pembelajaran tematik anak usia dini dalam kurikulum 2013. JEA, 1(1), 14–35.

Setiana, D. S. (2018). Meningkatkan kemampuan menyusun RPP dengan pendekatan saintifik mahasiswa pendidikan matematika universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018 (pp. 120–131). Magelang.

Sim, M., Nelayan, K., & Madong, D. (2018). Pendampingan dalam operasionalisasi sistem informasi manajemen (SIM) kelompok nelayan Desa Madong. Journal of Maritime Empowerment, 1(1), 6–10.

Sirodjuddin, K., & Surtini, N. (2012). Studi Efektivitas Pembelajaran PAUD Berbasis Tematik Sebuah Studi Kasus di PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 105–120.

Suaidi, S. (2013). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013) | Suaidinmath’S Blog. Retrieved October 30, 2019, from https://suaidinmath.wordpress.com/2013/12/29/penyusunan-rencana-pelaksanaan-pembelajaran-implementasi-kurikulum-2013/

Suhendar, S., Ramdhan, B., & Sudarma, A. (2019). Program penerapan teknologi tepat guna implementasi ASTER (Alat silase terkompartemen) untuk peternak domba di Wilayah Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Sarwahita, 15(01), 32–40. https://doi.org/10.21009/sarwahita.151.04

Sukayati, S., & Wulandari, S. (2009). Pembelajaran tematik di SD: Modul Matematika SD Program BERMUTU. (A. Waluyati, Ed.). Sleman: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Sulhan, M., Nurjannah, N., & Marlianingsih, N. (2016). Penggunaan strategi pembelajaran tematik dalam pembelajaran bahasa inggris pada Yayasan Pendidikan Dan Sosial Daarul Kirom. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 59–64.

Sungkono, S. (2006). Pembelajaran Tematik Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 51–58.

Susanti, N. E., & Hamdani, A. F. (2017). Pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SDN Kedok 01 Turen Kabupaten Malang. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat 2017 PELATIHAN (pp. 307–313). Retrieved from https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/Pengabdian/45.Raymond_Nanik_Pengabdian_Ekonomi_dan_bisnis.pdf

Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,. Sleman: Deepublish. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=xYVJDwAAQBAJ&pg=PA89&dq=pengertian+rpp&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwip2o3M5ojlAhVFVH0KHUfIDggQ6AEILzAB#v=onepage&q=pengertian rpp&f=false

Tirtoni, F. (2018). Pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Wafiqni, N., & Nurani, S. (2018). Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 255–270.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Wardhani, R. M. (2010). Peningkatan pendapatan masyarakat melalui diversifikasi produk olahan ikan (Abon tuna, dendeng lemuru, krupuk rambak tuna). Agritek, 11(2), 54–64.

Warman, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Oleh Guru Kelas Pada Sekolah Dasar Di-Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 185. https://doi.org/10.31958/jaf.v6i2.1394

Widowati, A. I., Utaminingsih, A., & Wahjuningsih, S. B. (2018). Juicer sebagai upaya peningkatan kualitas produk jamu gendong. In Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SENADIMAS) (pp. 398–402). Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Wijayanti, D., Kurniawan, V. R. B., & Susanto, D. (2019). Perancangan kemasan ramah lingkungan berbahan corugated dan penerapan sistem pemasaran daring pada produk jamu tradisional Kiringan. Abdimas Dewantara, 2(1), 45–52.

Yayuk, E., Kuncahyono, K., & Restian, A. (2017). Pendampingan penyusunan media pembelajaran digibook (Buku digital) di SDN Girimoyo 2 Kabupaten Malang. Publikasi Pendidikan, 7(3), 134–139. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i3.3513

Yuniasih, N., Ladamay, I., & Wahyuningtyas, D. T. (2014). Analisis pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.876

Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas: Suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria, 6(2), 58–73.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Dedikasi, 13(1), 40. Retrieved from 1693-3214..

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Yayuk, E., & Prastiyowati, S. (2019). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 222–232. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.21793