Peningkatan Kemampuan Guru SDN REO II dalam Literasi Membaca Permulaan Sebagai Dasar Gerakan Literasi Sekolah

Authors

  • Florianus Dus Arifian Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Ambros Leonangung Edu Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Fabianus Hadiman Bosco Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Vinsensius Sumardi Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Yosef Firman Narut Prodi PGSD Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.22549

Abstract

PKM ini dilatarbelakangi oleh kesulitan para guru SDN Reo II, Kabupaten Manggarai, Flores, tentang konsep dan strategi-strategi praktis dalam membentuk literasi membaca permulaan siswa. Sebagian besar siswa kelas rendah di sekolah tersebut sangat lambat menguasai aspek bentuk (grafem) dan bunyi (fonem) huruf-huruf. Problematika ini pada gilirannya menghambat siswa dalam memasuki gerakan literasi sekolah yang dicanangkan pemerintah. Oleh karena itu, PkM ini bertujuan menguatkan pemahaman mitra (guru) tentang konsep literasi membaca permulaan dan cara meningkatkan kemampuan mitra dalam merancang dan mengembangkan literasi membaca permulaan. Metode PkM yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan pelatihan. Ceramah dan diskusi menguatkan pemahaman mitra tentang konsep literasi membaca permulaan. Sementara itu, pelatihan membantu mitra dalam merancang dan mengembangkan aktivitas pembelajaran literasi membaca permulaan. Hasil PkM ini menunjukkan bahwa mitra mengalami peningkatan pemahaman terhadap konsep literasi membaca permulaan serta adanya peningkatan keterampilan dalam merancang dan mengembangkan aktivitas pembelajaran literasi membaca permulaan. Hal ini terlihat dari antusiasme mitra dalam mendiskusikan konsep literasi membaca permulaan dan output rancangan aktivitas pembelajaran literasi membaca permulaan.  

Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Membaca Permulaan, SDN Reo II

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.

Arsani, N. K., Suarni, N. K., & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Batubara, Hamdan Husein & Ariani, Dessy Noor. 2018. “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin”, dalam Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD), Vol. 4 No. 1, Maret 2018.

Dewantara, I. P. M., & Tantri, A. A. S. (2017). Keefektifan Budaya Literasi di SD N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204-209.

Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(7), 732-744.

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.

Hasanudin, Cahyo. 2016. “Pembelajaran Membaca Permulaan dDengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi Mea”, dalam Jurnal Pedagogia, Volume. 5, No. 1, Februari 2016

Hidayah, I. (2018, February). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 1-11).

Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810-817.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2).

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud RI.

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 6(2), 167-179.

_______________. 2018. Stategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud RI. Kompas. 1 Februari 2016. Kemampuan Membaca Belum Memadai, hlm. 12.

Rachmawaty, Mia. 2017. “Penigkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word Wall)”, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal INDRIA, JI II (1) (2017).

Rohman, Syaifur. 2017. “Membangun Budaya Membaca pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah, dalam Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar TERAMPIL, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Teguh, Mulyo. 2017. “Gerakan Literasi Sekolah Dasar”, dalam Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, Univerisitas Muria Kudus.

Tompkins, G. E., & Hoskisson, K. 1995. Language Arts. New Jersey: Prentice-Hall.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Arifian, F. D., Edu, A. L., Bosco, F. H., Sumardi, V., & Narut, Y. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru SDN REO II dalam Literasi Membaca Permulaan Sebagai Dasar Gerakan Literasi Sekolah. International Journal of Community Service Learning, 3(4), 272–278. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i4.22549