Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Ferty Tri Widyowati Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Intan Rahmawati Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29714

Keywords:

pengembangan media, membaca mengeja, a plikasi

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan salah satu keterampilan membaca yang harus dimiliki oleh seorang siswa agar nanatinya dapat melanjutkan pembelajaran ke materi yag lebih kompleks, melalui kegiatan membaca siswa akan memahami materi dengan mudah. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa kelas satu yang belum mampu membaca dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan karakteristik media pembelajaran Membaca Mengeja berbasis Aplikasi yang validan dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validasi ahli materi, ahli media pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa serta angket kebutuhan guru.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa angket ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 93,43% dengan kategori “ sangat baik”. Hasil analisis angket respon guru adalah 96,6% dengan kategori “sangat baik”. Hasil analisi angket respon siswa adalah 99,46% dengan ketegori “sangat baik”. Jadi, pengembangan media pembelajaran membaca mengeja berbasis aplikasi untuk kelas I sekolah dasar layak digunakan pada pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran membaca mengeja berbasis aplikasi dapat digunakan guru dan siswa untuk media pembalajaran membaca.

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561

Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. PT Rajagrafindo Persada.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84

HAYATI, N., AHMAD, M. Y., & HARIANTO, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah Vol., 14(2), 160–180. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Hermansyah, agus K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Karo-Karo, Si. R., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96.

Khairunnisak. (2015). Efektifitas Media Kartu Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v15i2.577

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Priyanto, W. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 120–135. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4252

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT Bumi Aksara.

Sabrina, A., & Laily, I. F. (2016). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Siswa Kelas I Melalui Tk Dengan Tidak Melalui Tk di Mi PGM Kota Cirebon. AL IBTIDA, 3(2), 291–304. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.896

Sugiarti, Ln. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. . G. S. (2014). Pengaruh model pembelajaran ttw ( think talk write ) berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri tahun ajaran 2013 / 2014. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3220

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.

Sulistyawati, E. E., & Sujarwo, S. (2016). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media video compact disc pada anak usia 5– 6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8064

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Turahmat. (2010). Teknik-teknik membaca. Pustaka najwa.

Ujianti Cahyaningsih. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yunita, Y., Fitri, F., & Zulfahita, Z. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.231

Downloads

Published

2020-12-04

How to Cite

Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 332–337. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29714