Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29730

Keywords:

pelatihan, personal branding, intervensi karir, kesiapan kerja

Abstract

Masa pandemi covid-19 meningkatkan pengangguran dan mengancam tenaga kerja baru menjadi Sumber Daya Manusia dikarenakan kurangnya lapangan kerja yang berkualitas. Upaya yang dapat dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang akan mencetak mahasiswa sebagai lulusan sarjana yang akan memasuki dunia kerja adalah dengan melakukan intervensi untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja. Intervensi yang dilakukan berupa program pelatihan dengan pemberian wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas psikologis mahasiswa yang akan menjadi angkatan kerja baru, khususnya dalam hal Personal Branding. Pemberian program pelatihan dilakukan menggunakan konsep pengembangan karir yang memperhatikan tahap perkembangan karir mahasiswa yang berada pada tahap eksplorasi. Intervensi berupa pelatihan ini dilakukan pada 98 orang mahasiswa dan memberikan dampak positif pada pertambahan wawasan, keterampilan, dan kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Hal ini dapat diterapkan pada perguruan tinggi lain untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Pemberian program pelatihan dilakukan menggunakan konsep pengembangan karir yang memperhatikan tahap perkembangan karir mahasiswa yang berada pada tahap eksplorasi. Intervensi berupa pelatihan ini dilakukan pada 98 orang mahasiswa dan memberikan dampak positif pada pertambahan wawasan, keterampilan, dan kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Hal ini dapat diterapkan pada perguruan tinggi lain untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

References

Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.3626

Agungbudiprabowo, A., Nurhudaya, N., & Budiamin, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5725

Hakim, A. Z., Hafiar, H., & Puspitasari, L. (2017). Personal Branding of Homeschooling Teacher. Eduutech, 16(2), 122–137.

Herawati, E. (2011). Komunikasi Dalam Era Teknologi Komunikasi Informasi. Humaniora, 2(9), 100–109.

Kristina, A. (2017). Model Training Needs Analysis Untuk Membentuk Perilaku Inovatif Sdm Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 14(4), 434. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2010.v14.i4.2184

Kurt, R. (2019). Industry 4.0 in Terms of Industrial Relations and Its Impacts on Labour Life. Procedia Computer Science, 158, 590–601. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.093

Lumban Tobing, C. R., & Damayanti, T. (2016). PERSONAL BRANDING PUTRI DANIZAR SEBAGAI DISC JOCKEY MUDA INDONESIA (Studi Riset Naratif mengenai Personal Branding Putri Danizar Sebagai Disc Jockey Muda Indonesia). Communication, 7(2), 58. https://doi.org/10.36080/comm.v7i2.629

Mansyur, A. I., Chairunnisa, D., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Super pada Program Layanan Bimbingan dan Konseling Karir untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. JJurnal Psikologi Konseling, 15(2). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/download/16197/12649

Maslikhah, Hapsyah, D. R., Jabbar, A. A., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Layanan BK Karir di SMK. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 41(17), 7661–7680. http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/download/716/589

Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6070

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2654

Sulaefi, S. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1212

Winarsih, Baedhowi, & Bandi. (2014). Pengaruh Tenaga Kerja, Teknologi, Dan Modal Dalam Meningkatkan Produksi Di Industri Pengolahan Garam Kabupaten Pati. Pendidikan Insan Mandir, 3, 88–98.

Zipi, N. P., & Himam, F. (2014). Pengaruh Pelatihan Membangun Relasi Terhadap Peningkatan Kinerja Tim Karyawan Bpr X Yogyakarta. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 6(1), 39–50. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art3

Downloads

Published

2020-12-04

How to Cite

Kadiyono, A. L., Gunawan, G., Budiarto, A., & Andriani, E. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 263–273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29730