Back to School: Upskilling Teachers’ Competence through Online Scholarship Workshop

Yogi Saputra Mahmud, Richard Kuhon, Donald Samuel Slamet Santosa, Ani Pujiastuti

Abstract


Sebagai salah satu upaya mengembangkan kompetensi dan karir, Pendidikan tinggi dinilai penting untuk dimiliki oleh setiap orang, termasuk untuk para pengajar. Akan tetapi, kemampuan finansial dapat menjadi salah satu hambatan utama bagi para pengajar dalam mengenyam Pendidikan tinggi, terutama di luar negeri. Di sisi lain, Pemerintah Indonesia melalui mekanisme beasiswa pendidikan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan kesempatan untuk warga negara Indonesia untuk mengenyam Pendidikan tinggi dengan bantuan pembiayaan Pendidikan. Di saat yang sama, berbagai mekanisme beasiswa pun ditawarkan oleh berbagai badan, seperti Australia Awards, Chevening, Fulbright, DAAD, dsb. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para guru-guru sekolah, mahasiswa program studi Pendidikan, serta masyarakat umum akan persiapan administratif dan teknis beasiswa. Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat memiliki pemahaman akan situasi akademik dan sosial saat studi di luar negeri, serta pengaruhnya terhadap karir saat pasca studi. Terdapat total 535 peserta yang terdiri dari guru sekolah, mahasiswa prodi Pendidikan, dan masyarakat umum lainnya dari berbagai penjuru wilayah Indonesia yang mengikuti kegiatan lokakarya ini. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa ada 112 (47,5%) peserta yang memberikan nilai maksimal untuk tingkat relevansi workshop online dengan kondisi mereka saat ini. Persentase peserta yang tinggi (33,9%) juga memberikan tanggapan positif terhadap relevansi online.


Keywords


Scholarship; Teacher; Workshop; LPDP

Full Text:

PDF

References


Akkermans, J., Richardson, J., & Kraimer, M. L. (2020). The Covid-19 crisis as a career shock: Implications for careers and vocational behavior. In Journal of Vocational Behavior (Vol. 119, p. 103434). Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103434.

Asmawi, M. R. (2005). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.124.

Avalos, B. (2011). Teacher professional development in Teaching and Teacher Education over ten years. In Teaching and Teacher Education (Vol. 27, Issue 1, pp. 10–20). Pergamon. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.08.007.

Bautista, A., & Ortega-Ruiz, R. (2015). Teacher professional development: International perspectives and approaches. Psychology, Society and Education, 7(3), 343–355. https://doi.org/10.25115/psye.v7i3.514.

Bosanquet, A., Mailey, A., Matthews, K. E., & Lodge, J. M. (2017). Redefining ‘early career’ in academia: a collective narrative approach. Higher Education Research and Development, 36(5), 890–902. https://doi.org/10.1080/07294360.2016.1263934.

Desimone, L. M. (2009). Improving impact studies of teachers’ professional development: Toward better conceptualizations and measures. Educational Researcher, 38(3), 181–199. https://doi.org/10.3102/0013189X08331140.

Guan, Y., Deng, H., & Zhou, X. (2020). Understanding the impact of the COVID-19 pandemic on career development: Insights from cultural psychology. In Journal of Vocational Behavior (Vol. 119, p. 103438). Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103438.

Hani Handoko. (2016). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Universitas Pelita Bangsa.

Kuhon, R. R. (2020). Decentralisation and education for all in Indonesia. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(1), 14. https://doi.org/10.19166/pji.v16i1.1996.

Lahinta, A., & Wardoyo, R. (2014). Sistem pendukung keputusan penentuan penerima beasiswa :: Studi kasus pada TPSDM Propinsi Gorontalo. [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada.

Lam, B. H. (2015). Teacher professional development in Hong Kong compared to anglosphere: The role of confucian philosophy. Psychology, Society and Education, 7(3), 295–310. https://doi.org/10.25115/psye.v7i3.521.

Mahmud, Y. S. (2020). Investigating early-career teachers’ adaptation challenges: A case of Indonesian EFL Teachers. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(3), 367. https://doi.org/10.22460/project.v3i3.p367-378.

Mudahkan akses pendidikan, Pemerintah siapkan beasiswa S2 dan S3. (2014).

Nawawi, H. (2006). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Gadjah Mada University Press.

Niemi, H. (2015). Teacher professional development in Finland: Towards a more holistic approach. Psychology, Society and Education, 7(3), 279–294. https://doi.org/10.25115/psye.v7i3.519.

Oleschuk, M. (2020). Gender equity considerations for tenure and promotion during COVID‐19. Canadian Review of Sociology/Revue Canadienne de Sociologie, 57(3), 502–515. https://doi.org/10.1111/cars.12295.

Perlu sinergi dunia usaha-pemerintah dalam pendidikan tinggi. (2011, December). Kompas.Com.

Permatasari, I. R. (2017). Pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja karyawan.

Rachman, W. (2009). Evaluasi kinerja sumberdaya manusia. Salemba Empat.

Samsudin, S. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Pustaka Setia.

Santosa, D. S. S., & Irawati, L. (2018). Kompetensi pedagogik guru SMP Negeri 2 Kaloran Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Jurnal Ecodunamika, 1(2), 1–12.

Saputra, D., Said, E., & Maipauw, N. J. (2020). Peran pendidikan di era milenial. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 18–22.

Sistem pendidikan kebidanan di Indonesia. (2012).

Standar dosen pendidikan tinggi vokasi tenaga kesehatan. (2013).

Suryadi, A. (2012). Pendidikan, investasi SDM, dan pembangunan. isu, teori dan aplikasi untuk pembangunan, pendidikan dan sumberdaya manusia Indonesia. Widya Aksara Press.

Sutherland, K. A. (2017). Constructions of success in academia: an early career perspective. Studies in Higher Education, 42(4), 743–759. https://doi.org/10.1080/03075079.2015.1072150.

Wirawan, R. (2019). Mendorong peningkatan daya saing sumber daya manusia kalimantan timur melalui seminar beasiswa wish festival & education expo. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 27–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.31414

Article Metrics

Abstract view : 790 times
PDF file view : 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.