Pengembangan Usaha pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar

Authors

  • Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani Universitas Warmadewa
  • Dewi Soraya Universitas Warmadewa
  • I Gst. B. Ngr. P. Putra Universitas Warmadewa
  • Putu Ary Setiawan Praktisi Bidang Teknik Informasi

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34495

Keywords:

Keywords, Coconat Shell Croftsmen, Marketing Mix Socialization, Website Usage Assistance, Financial Recording Socio/ination.

Abstract

Batok kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai produk kerajinan dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Namun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pengrajin dalam proses produksi serta pemasaran produk kerajinan batok kelapa, seperti kurangnya pemahaman tentang strategi untuk meningkatkan usahanya, cara memasarkan produknya secara online dan tidak memiliki kemampuan dalam proses pencatatan transaksi keuangan yang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanan program kemitraan masyarakat dengan milbatkan 2 orang mitra yang merupakan pengrajin batok kelapa. Tujuan dari pelaksanaan program kemitraan ini adalah untuk meningkatkan hasil penjualan produk batok kelapa serta memperbaiki pola pencatatan keungan pengrajin. Terdapat 3 kegiatan yang dijalankan dalam program kemitraan masyrakat yakni sosialisasi strategi pemasaran, sosialisasi penggunaan website, dan sosialisasi proses pencatatan keuangan. Hasil pada pelaksanaan program menunjukkan bahwa setelah adanya kegiatan sosialisasi mitra mampu merancang strategi serta metode pemasaran yang lebih terstuktur, hasil lainnya menunjukkan bahwa mitra mampu menggunakan website untuk memasarkan produk yang dimilikinya, serta pencatatan keungan mitra menjadi lebih terstruktur, sehingga mengurangi kesalahan saat proses pencatatan keuangan.

Author Biographies

Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani, Universitas Warmadewa

Dosen fakultas ekonomi dan bisnis universitas warmadewa

Dewi Soraya, Universitas Warmadewa

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

I Gst. B. Ngr. P. Putra, Universitas Warmadewa

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Putu Ary Setiawan, Praktisi Bidang Teknik Informasi

Praktisi Bidang Teknik Informasi

References

Ahmad, A., Suyatman, M. A., Rahim, M. S., Majid, F., & Hariance, R. (2018). Pengolahan batok (tampuruang) kelapa menjadi jam tangan botac (based on tampuruang andalas creation). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 329–335. https://journal.akprind. ac.id/index.php/prosidingsnast/article/view/1463/1162.

Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Journal The Messenger, 8(1), 68–72. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310.

Arifin, J., & Nurudin, N. (2020). Analisis pemasaran online kerajinan tempurung kelapa : studi kasus kerajinan tempurung kelapa “ONI MADE” Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Arwani, A. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 42. https://doi.org/10.31332/lifalah.v4i1.1345.

Eskak, E. (2016). Identifikasi Pola Laminasi Tempurung Kelapa. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 32(2), 107. https://doi.org/10.22322/dkb.v32i2.1366.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition /article/view/25.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033.

Hermita, R. (2019). Memanfaatkan Limbah Batok Kelapa Menjadi Berbagai Macam Bentuk Kerajinan. Jurnal Proporsi, 4(2), 93–104. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.2.2019.93-104.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799.

Juniarta, P. E., Sudarmawan, A., & Mursa. (2013). Seni Kerajinan Tempurung Kelapa Di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jurusan Pendidikan Seni Rupa, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpsp.v4i1.2136.

Khoiriyah, N., Widodo, J., & Ani1, H. M. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pada CV. Silvi Mn Paradila Di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5007.

Kurniati, T., & Hariyanto, D. (2020). Pelatihan Kerajinan Batok Kelapa di Desa Sungai Belidak. Buletin Al-Ribaath, 17(1), 17–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/br.v17i1.1874.

Labatjo, G. S., Loho, A. E., & Pangemanan, L. R. J. (2018). Bauran Pemasaran Kerajinan Cenderamata Berbahan Baku Bambu Batik (Studi Kasus Pada UD. Betris di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken Kota Manado). Jurnal Agri-SosioEkonomi Unsrat, 14(1), 247–256. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jisep/article/view/19287/18841.

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2(1), 15–26. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/view/4811/2863.

Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Human Falah, 6(2), 152. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/view/4811/2863.

Padnyawati, K. D., Kusumawati, N. P. A., Trarintya, M. A. P., Pramuki, N. M. W. A., Erlinawati, N. W. A., & Putra, C. G. B. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk Dan Pelatihan Penyusunan Pembukuan Pada Umkm Kerajinan Batok Kepala Di Desa Timpag Kerambitan Tabanan. Jurnal Sewaka Bhakti, 6(1), 1–11. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/sewakabhakti pp. 1-11.

Prasetyo, E. Y., & Ruhandi. (2019). Strategi Pemasaran Pengembangan Investasi Bisnis Komponen Bahan Baku Pada PT. Ega Nusantara. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2). https://doi.org/10.31000/jmb.v8i2.1556.

Putra, N. P. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Usaha Loloh Cemcem Di Desa Penglipuran Kabupaten Bangli. International Journal of Community Service Learning, 4(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29680.

Sahrupi, & Shofa, M. J. (2019). Strategi Pemasar- An Produk Ke- Rajinan Casing Lampu Berbahan Kelurahan Pabuaran, Kota Serang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75–80. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i2.1791.

Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.31599/jstpm.v1i1.255.

Setyowati, E., & Puspa, A. (2019). Rekayasa Pengolahan Limbah Batok Kelapa Sebagai Aksesoris Sanggul. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ), 12(2), 118–127. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i2.34161.

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965.

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497.

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382.

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514.

Trianto, B., & ChoIvian. (2019). Analisis Pemasaran Online Kerajinan Temp urung Kelapa (Studi Kasus Kerajinan Tempurung Kelapa “ONI MADE” Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus). Universitas lslam Negri Walisongo Semarang.

Ulfah, S. C., & Purfini, A. P. (2020). Implementasi Aplikasi Buku Kas Umum Berbasis Website Di Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 23–29. https://ojs.unikom.ac.id/index.php /abdikamsia/article/view/4588/2435.

Warsadi, K. A., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah Pada PT. Mama Jaya. Jurusan Akuntansi, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/S1ak/article/view/13773/8561.

Zebua, A. J. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 222. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i2.468.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

Priyanka Maharani, I. A. D., Soraya, D., Putra, I. G. B. N. P., & Setiawan, P. A. (2021). Pengembangan Usaha pada Kelompok Pengrajin Ukiran Batok Kelapa di Desa Tampaksiring Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 113–120. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34495

Issue

Section

Articles