Pemberdayaan Usaha Kerajinan Anyaman Bambu Karya Kelompok Usaha Ibu-Ibu “Sari Murni” Desa Landih, Dusun Buayang-Bangli

Authors

  • I Gst. B Ngr. P. Putra Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Ketut Jayawarsa Universitas Warmadewa
  • Ida Ayu Dinda Priyanka Maharani Universitas Warmadewa
  • Putu Ary Setiyawan Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Udayana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34496

Keywords:

Sari Murni craftsmen group, Sokasi woven crafts, socialization of financial records, marketing via website and social media

Abstract

Bambu merupakan salah satu tanaman yang memiliki tekstur lentur dan mudah dibentuk, sehingga cocok digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan berbasis anyaman. Namun dalam proses produksi anyaman bambu terdapat banyak kendala yang dirasakan oleh pengrajin seperti kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, kurangnya jangkauan pemasaran, serta kurangnya kemampuan pengarajin untuk membuat rancangan keuangan dengan baik. Tujuan dilaksanakan program kemitraan masyrakat ini adalah untuk mempertahankan keberlangsungan dari usaha kerajinan anyaman sokasi agar tetap terjaga dan tidak punah. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini yakni kelompok usaha “Sari Murni” yang merupakan kelompok usaha pengarajin anyaman bambu. Terdapat 3 program kerja yang dilankan dalam kegiatan ini, yakni pada bidang produksi dilaksanakan kegiatan penyediaan sarana dan prasarana penunjang produksi, pada bidang akuntansi yakni Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan serta Penyediaan Sistem Pencatatan Keuangan Ter-digitalisasi, dan dengan bidang Manajemen Pemasaran serta Teknologi Informasi, yakni Penyediaan Website sebagai Bentuk Strategi Pemasaran dan Pelatihan Strategi Promosi. Hasil dari kegiatan ini yakni adanya peningkatan jangkauan penjualan produk, meningkatnya kualitas hasil produksi, serta peningkatan kemampun pengrajin dalam mengelola keuangan.

References

Abdillah, M. B., Marsha, R., Hakim, A., Damiri, D. M., & Zahra, F. (2017). Business Strategy Analysis On Smes Bamboo Crafts In Bandung City Di Kota Bandung. Jurnal AdBispreneur, 2(3), 227–242. http://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/view/16491/7810.

Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Journal The Messenger, 8(1), 68–72. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310.

Ayu, E. (2013). Aplikasi Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Skripsi, 1–21.

Berlilana, Utami, R., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi Industri 4.0 terhadap Perkembangan UMKM Sektor Industri Pengolahan. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(3), 87–93. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i3.1930.

Dewi, A. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 1–22. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/article/view/29.

Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39. https://doi.org/10.30998/sosioekons .v10i1.2324.

Hidayat, S., Suryantoro, H., & Wiratama, J. (2017). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Perkembangan E–Commerce Di Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 415. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1165.

Huda, O. V. N., Hermawan, H., & Suharto, A. (2019). Pemanfaatan Media Facebook Dan WhatsApp Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di UMKM GPS Sablon. Universitas Muhammadiyah Jember.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296.

Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknologi Tepat Guna dalam Meningkatkan Produktivitas UKM Batik Tulis di Kampung Batik Kauman Kota Pekalongan. Anuva, 1(1), 11. https://doi.org/10.14710/anuva.1.1.11-18.

Lesmana, I. P. D., Widiawan, B., & Hartadi, D. R. (2018). Pengembangan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Antirogo Jember Melalui Media Internet. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 17–24. https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/1873/1036.

Malihah, N., & Achiria, S. (2019). Peran ekonomi kreatif dalam pemberdayaan industri kerajinan bambu. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v4i1.212.

Martini, R., Agustin, R., Fairuzdita, A., & Murinda, A. N. (2019). Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2). https://doi.org/10. 24114/jpkm.v25i2.13916.

Murti, K. A. H., & Murwandani, N. G. (2018). Kerajinan anyam bambu di sanggar hamid jaya desa gintangan kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi. Jurnal Seni Rupa, 6(1), 634–644. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22432/20568.

Oktaria Ardika Putri. (2019). Social Innovation Sebagai Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Revolusi Industri 4.0. 410–417. http://ojs.senmea.fe.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/13.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.

Pratiwi, ayu ratih. (2018). Analisis Potensi Ketersediaan Tanaman Bambu dan Pemasaran Kerajinan Bambu di Desa Kayubihi Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 7(3), 405. https://doi.org/10.24843/jaa.2018.v07.i03.p10.

Purwanti, E. (2017). Analisis Pengetahuan Laporan Keuangan Pada Umkm Industri Konveksi Di Salatiga. Jurnal of Economic and Bisnis, 10(2). https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/ 152/142.

Putra, A. P., & Dewi, P. A. R. (2020). Efektivitas Terpaan Iklan Ads Instagram Tiket.Com Pada Pengguna Instagram Menggunakan Metode Pendekatan Epic Model. Commercium, 02, 134–138. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/31841.

Putra, N. P. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Usaha Loloh Cemcem Di Desa Penglipuran Kabupaten Bangli. International Journal of Community Service Learning, 4(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29680.

Roy, I. W., Putra, A., Made, D., Purnawati, O., & Maryati, T. (2019). Sejarah Industri Kerajinan Bambu Di Desa Kayubihi ,Bali Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Di Sma.

Susanti, S., Rachmaniar, & Koswara, I. (2020). Pelatihan Daring Aplikasi Media Sosial dalam Pemasaran Produk Kerajinan Bambu di Selaawi, Garut, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 943–953. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202054.666.

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.64.

Tanjung, Y. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Mengelola Bahan Limbah Batok Kelapa Menjadi Lampu Hias , Lonceng , Asbak Dan Teko Pada SMK Negeri 1 Beringin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 11–14. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/372.

Tata, Y. R. (2019). Mengurai Peta Jalan Akuntansi Era Industri 4.0. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 58. https://doi.org/10.33366/ref.v7i1.1339.

Ulfah, S. C., & Purfini, A. P. (2020). Implementasi Aplikasi Buku Kas Umum Berbasis Website Di Desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sistem Informasi Akuntansi, 1(1), 23–29. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/abdikamsia/article/ view/4588/2435.

Warsadi, K. A., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2017). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah Pada PT. Mama Jaya. Jurusan Akuntansi, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ S1ak/article/view/13773/8561.

Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Community Empowerment Based on Micro, Small, and Medium Business Development in The Industrial 4.0 Revolution. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96.

Zahrul Atiq, A., & Syaichu, A. (2017). Pengaruh Promosi Menggunakan Facebook Ads Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Cokelat Japo. Ilmu – Ilmu Teknik - Sistem, 14(3), 1–11.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

P. Putra, I. G. B. N., Jayawarsa, A. A. K., Maharani, I. A. D. P., & Setiyawan, P. A. (2021). Pemberdayaan Usaha Kerajinan Anyaman Bambu Karya Kelompok Usaha Ibu-Ibu “Sari Murni” Desa Landih, Dusun Buayang-Bangli. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34496

Issue

Section

Articles