Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Upik Elok Endang Rasmani, Anayanti Rahmawati, Warananingtyas Palupi, Jumiatmoko Jumiatmoko, Nurul Shofiatin Zuhro, Anjar Fitrianingtyas

Abstract


Kualitas layanan program pendidikan anak usia dini (PAUD) menunjang keberhasilan peserta didik.  Kurangnya pemahaman pendidik mengenai pengelolaan manajemen PAUD terutama manajemen kurikulum menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas layanan PAUD. Manajemen kurikulum sangatlah penting karena manajemen ini menentukan bahan ajar yang disesuaikan dengan aspek perkembangan anak dalam rangka mencapai tumbuh kembang yang optimal dengan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan dan penataan manajemen kurikulum PAUD agar lebih terarah dan berkembang lebih optimal di lembaga PAUD. Sampel pengabdian adalah TK Aulia Surakarta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik meskipun terkendala oleh pandemi, dan peningkatan pemahaman dan pelaksanaan manajemen kurikulum PAUD lebih terarah dan berkembang optimal.


Keywords


Curriculum; Early Childhood; Management

References


Aji, W. (2016). Himpaudi: 8 Masalah Pendidikan Anak Usia Dini. In 10 Maret. https://www.tribunnews.com/nasional/2016/03/10/himpaudi-8-masalah-pendidikan-anak-usia-dini

Ekberg, S., Danby, S., Houen, S., Davidson, C., & Thorpe, K. J. (2017). Soliciting and pursuing suggestions: Practices for contemporaneously managing student-centred and curriculum-focused activities. Linguistics and Education, 42, 65–73. https://doi.org/10.1016/j.linged.2017.07.007

Forester, F. F. & J. (1993). The Argumentative Turn in Policy Analysis and Planning. Duke University Press.

Halimah, S. (2020). Manajemen pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MTs Irsyadul Islamiyah Rokan Hilir. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 47–59.

Hambali, A. S. &. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161

Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 217–226. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195

Ita, E. (2018). Manajemen pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/889/671

Kilile, J. M., Mwalw’a, S. N., & Nduku, E. (2019). Challenges Facing Early Childhood Development Education Centres in the Implementation of the Competency Based Curriculum in Mwingi West Sub- County, Kitui County. International Journal of Education Theory and Practice, 2(3), 36–37. http://www.ijetp.comhttp//www.finessejournals.com

M’mboga Akala, D. B. (2021). Revisiting education reform in Kenya: A case of Competency Based Curriculum (CBC). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100107. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100107

Masyarakat, D. R. dan P. (2019). Panduan Penelitian dan Pengabidan kepada Masyarakat Edisi XII. KEMENRI.

Mertala, P. (2019). Digital technologies in early childhood education–a frame analysis of preservice teachers’ perceptions. Early Child Development and Care, 1–8. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1372756

Pinyoanuntapong, S. (2013). The Development of Thai Early Childhood Education Curriculum to Promote Desirable Characteristics of Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 88, 321–327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.512

Rasib, A. (2016). Pendekatan Kolaboratif dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Kuala Mandor B. Universitas Tanjungpura.

Sarinah, S., Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 180–199. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1515

Septiani, G. (2018). Manajemen Kurikulum dan Pembelajarannya di TK ABA Gendingan, Kalasan (Aliran Muhammadiyah). Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 37–51. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/47

Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (P. INDEKS (ed.); Edisi Revi). https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555

Suminah, E., Nugraha, A., Lestari, G. D., Mareta, & Wahyuni, M. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Sutarmi. (2015). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Di RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo). Jurnal Program Studi PGRA, 1(2), 161–171. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/download/293/280

UU Nomor 20 Tahun 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38216

Article Metrics

Abstract view : 615 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.