Pemberdayaan Masyarakat Kampung Cijantur Untuk Mendapatkan Air Bersih Melalui Penerapan Saluran Air Tanpa Listrik Dengan Pembagunan Bendungan

Santika Sari, Nur Fajriah, Noverdo Saputra, Wahyu Maulana, Annisa Saputro, Santika Sari, Alif Hendradi

Abstract


Kampung Cijantur adalah salah satu kampung yang berada di daerah dataran tinggi Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kampung ini merupakan salah satu daerah yang mengalami banyak permasalahan, mulai dari akses jalan menuju kampung ini dalam kondisi yang tidak baik, pekerjaan utama penduduk yang tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari dan sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang sangat jauh. Dari sekian banyaknya permasalahan yang dihadapi Kampung Cijantur, masalah yang paling dirasa menyulitkan masyarakat kampung ini adalah mengenai sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang teramat jauh, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini kebersihan telah menjadi hal yang sangat diutamakan agar terhindar dari paparan virus. Oleh karena itu, kami berniat membantu masyarakat kampung Cijantur Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor untuk mendapatkan air besih dengan membuat saluran air tanpa listrik dengan membuat bendungan air. Air bersih disalurkan dengna membuat bendungan air dilokasi sumber air dan disalurkan dengan pipa ke lokasi penampungan air bersih yang dapat diakses oleh warga. Penyaluran air dari sumber air ke lokasi penampungan air warga menggunakan teknik tekanan air dan perbedaan ketinggian air. Teknologi penyaluran air ini dapat diterapkan untuk daerah-daerah yang penduduknya mempunyai keterampilan teknis yang terbatas, karena pemeliharaan yang dibutuhkan sederhana dan tanpa harus membayar biaya listrik. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini adalah : (1) Sosialisasi program, (2) Persiapan peralatan dan bahan, (3) Membuat bendungan air di dekat sumber air, (4) Pelaksanaan kegiatan penyambungan pipa-pipa output dari bendungan air menuju toren penampungan akhir (5) Pendampingan, dan (6) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan air dapat tersalurkan dengan baik sampai ke toren penampungan akhir yang dekat dengan lokasi pemukiman warga. Hal ini dapat membantu warga kampung cijantur untuk mendapatkan air bersih sehingga dapat berdampak pada Kesehatan warga yang lebih terjamin dengan adanya air bersih

Keywords


Air bersih, Pembuatan pompa saluran air, Pemberdayaan bendungan air

References


Agustiawan, I., Ridwan, M., Irwan, Y., Mafturon, R., dan Ramdhan, I., Perancangan, Pembuatan dan Pengujian Pompa Hydraulic Ram (Hidram) Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih Warga di Desa Cipamekar Kabupaten Sumedang (Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat). Jurnal Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI XI), pp. 10–18. 2017.

Munir, M., dan Mahmuddin., Pompa Hidram Sebagai Pompa Air Harapan Masyarakat di Desa Samoling Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1, pp. 45–51. 2017.

Najib, U., Analisis Debit Pompa Hidram Dengan Pipa Paralon Satu Output, Dua Output Dan Tiga Output Dengan Diameter Pipa ¾ Inch. Jurnal Wahana Ilmuwan, Vol. 3 No. 1, pp. 181–189. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38460

Article Metrics

Abstract view : 442 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.