Pengembangan Kewirausahaan Pelet Pakan Ikan dari Limbah Pangan bagi Mahasiswa

Authors

  • Irdamurni Irdamurni
  • Ardisal Ardisal Universitas Negeri Padang
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39397

Keywords:

Wirausaha mahasiswa, Pelet pakan ikan, Limbah pangan,

Abstract

Masyarakat luas saat ini semakin berminat dengan ikan sebagai makanan sehari-hari. Di samping karena himpitan ekonomi, masyarakat dapat mengolah ikan dengan digoreng, dibakar, dan digulai. Oleh karena itu, pelet sebagai pakan ikan juga harus berkualitas mengikuti jumlah konsumen yang meningkat. Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) ini  dilatarbelakangi  oleh data sebagian besar lulusan perguruan tinggi lebih banyak sebagai pencari kerja daripada pencipta lapangan pekerjaan. Program Pengembangan Kewirausahaan adalah suatu wadah untuk mendidik dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa, sehingga lulusan perguruan tinggi diharapkan mempunyai sense of business yang memadai. Tujuan program pengembangan kewirausahaan ini  yaitu  meningkatkan  keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha pelet pakan ikan, di samping dia menjadi guru di sekolah luar biasa nantinya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah bervariasi, demonstrasi, metoda latihan, serta diskusi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema program pengembangan kewirausahaan ini telah mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat pelet pakan ikan dan berwirausaha pelet pakan ikan. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pembuatan pelet, pemberian pakan, dan pemasaran pakan kepada petani ikan.

References

Agustono, A., & Cahyoko, Y. (2009). Pemberian Pakan dengan Energi yang Berbeda terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis)[Feeding with Different Energy To Growth Of Groupers (Cromileptes altivelis)]. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.20473/jipk.v1i2.11681.

Agustono, A., Herviana, W., & Nurhajati, T. (2011). Kandungan Protein Kasar dan Serat Kasar Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) yang Difermentasi dengan Trichoderma Viride sebagai Bahan Pakan Alternatif pada Formulasi Pakan Ikan Mas (Cyprinus Carpio). Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 4(1), 53–59. https://doi.org/10.21107/jk.v4i1.890.

Ahmad, M. (2009). Makanan Ikan. Penebar Swadaya.

Ahmadun, A., & Warsiti, W. (2015). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kemampuan Berwirausaha Anggota Kantor Dagang Ddan Industri (Kadin) Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.52643/jam.v5i1.175.

Amanah, S. (2015). Peranan Strategi Promosi Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Lentera, 3(1), 47–55. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/download/931/67.

Anggraeni, N. M., & Abdulgani, N. (2013). Pengaruh Pemberian Pakan Alami dan Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan Ikan Betutu (Oxyeleotris Marmorata) pada Skala Laboratorium. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i2.4067.

Astuti, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembentukan Jiwa Kewirausahaan di Lingkungan Mahasiswa STPKat Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 149–169. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.32.

Bidayani, E. (2019). Inovasi Pembentukan Inkubasi Wirausaha Baru (Inwub) sebagai Cikal Bakal Bisnis Start-Up Berbasis Akuakultur dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Hukum Dan Publikasi Nasional (Serumpun), 229–233.

Bintang, A. B. M., & Woyanti, N. (2018). Pengaruh PDRB, Pendidikan, Kesehatan, dan Pengangguran terhadap Tingkat Kemiskinan di Jawa Tengah (2011-2015). Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(1). https://doi.org/10.24856/mem.v33i1.563.

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1). https://scholar.archive.org/work/wtw7t3oonjgfzfbikpnjh6nazu/access/wayback/http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/viewFile/177/165.

Dhelia, I. A., Oktaviani, R., & Iskandar, B. H. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Bandeng di Kabupaten Indramayu [Increasing Competitiveness Strategy of Milkfish Industry in Indramayu]. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22212/jekp.v9i1.835.

Esmianti, F. E., Kurniyati, K., Eka, W. I. P., & Sipahutar, L. (2021). Postpartum Acuyoga sebagai Peluang Usaha Mandiri Bidan di Era Millenial Prodi Kebidanan Curup Tahun 2020: Postpartum Acuyoga. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 123–132. https://doi.org/10.51179/pkm.v4i3.701.

Hendri, M. I., Rochayati, I., & Fahmi, M. (2015). Desain Pengembangan Aktivitas Kemahasiswaan dengan Pendekatan Psychological Capital dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 4(2), 211–227. https://doi.org/10.26418/jebik.v4i2.12483.

Jusnita, J., Samsiah, S., Amalia, A., & Aribe, E. (2020). Implementasi Pengembangan Pojok Wirausaha Mahasiswa sebagai Business Centre Berbasis Online Web Marketing di Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 266–275. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2214.

Kuckertz, A., & Wagner, M. (2010). The Influence of Sustainability Orientation on Entrepreneurial Intentions—Investigating The Role of Business Experience. Journal of Business Venturing, 25(5), 524–539. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2009.09.001.

Maisaroh, M., & Tatik, T. (2019). No Title. Jurnal Abdimas Madani dan Lestari (JAMALI), 1(1), 34–40. https://doi.org/10.20885/jamali.vol1.iss1.art4.

Meredith, & G., G. (2002). Kewirausahaan: Teori dan Praktik. PPM.

Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78–90. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v13i1.486.

Nasution, H., & Deliani, W. (2017). Analisa Kadar Lemak, Pati, Gula Reduksi, Mineral (Fe, Ca, Na dan Mg) Pelet Ikan dari Limbah Organik. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 7(2), 115–123. https://doi.rg/10.37859/jp.v7i02.515.

Nasution, M. F. R. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(2). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/viewFile/182/126.

Paulina, I., & Wardoyo. (2012). Faktor Pendukung terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 3(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2454.

Permana, A. Y., Rahayu, R. D. S., Akbardin, J., Setiawan, A., Jatnika, D., Rohmat, R., & Rustandi, W. (2021). Pelatihan Technopreneur Calon Arsitek dalam Membangun Jiwa Wirausaha. Lentera Karya Edukasi, 1(1), 16–24. https://ejournal.upi.edu/index.php/Lentera/article/view/33471.

Prasetyoningrum, A. K., & Sukmawati, U. S. (2018). Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran terhadap Kemiskinan di Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 217–240. https://www.academia.edu/download/76624968/pdf.pdf.

Simanjuntak, M., Siregar, R., & Wanna, C. (2017). Studi Pengaruh Beberapa Jenis Pakan terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Jurnal Ilmiah Samudra Akuatika, 1(2), 11–15. https://ejurnalunsam.id/index.php/jisa/article/view/378.

Siswadi, Y. (2014). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Memengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 13(1). https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v13i1.108.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Tribina, A. (2012). Pemanfaatan Silase Kering Ampas Tahu untuk Pakan Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus). Jurnal Teknologi Perikanan Dan Kelautan, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.24319/jtpk.3.27-33.

Wijaya, T., Nurhadi, N., & Kuncoro, A. M. (2015). Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perspektif Pengambilan Risiko. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 109–123. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2.

Zebua, A. J. (2018). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Urnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(2), 222–229. https://doi.org/10.33087/jiubj.v18i2.468.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Irdamurni, I., Ardisal, A., & Taufan, J. . (2022). Pengembangan Kewirausahaan Pelet Pakan Ikan dari Limbah Pangan bagi Mahasiswa. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.39397