Berkelanjutan Bagi Guru-Guru SD Anggota PGRI Cisurupan Kabupaten Garut Melalui Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran CAI-Kontekstual Matematika

Nanang Nanang

Abstract


Secara umum, pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan melalui pelatihan cara menyusun perangkat pembelajaran bagi guru-guru Sekolah Dasar. Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan PKMS ini adalah untuk: (a) Membentuk kelompok-kelompok guru yang melek pembelajaran matematika berbasis komputer, (b) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru menyusun perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual, (c) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru menyusun program pembelajaran, (d) melatih pembuatan media pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual, (e) melatih dan mendampingi cara penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika berbasis CAI-Kontekstual di kelas.  Kegiatan PKMS ini diikuti oleh guru-guru SD anggota PGRI Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut sebanyak 45 guru yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Metode pelaksanaan kegiatan mengadopsi pola pelaksanaan penelitian tindakan meliputi tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesi guru. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, dan latihan. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan PKMS ini diantaranya: (a) terbentuknya tiga kelompok kerja guru (KKG) berdasarkan letak lokasi SD; (b) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang penyusunan perangkat pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual; (c) dihasilkan media (alat peraga) matematika untuk Siswa SD; (d) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di kelas meningkat.

 


Keywords


Guru, Profesional, Berkelanjutan, CAI-Kontekstual, Matematika

References


Darmawan, D. (2010). Pemrograman Pembelajaran Berbasis Computer Assisted Instruction. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas (2006). Kurikulum Matematika SMP/M.Ts. Jakarta: Dirjend Manajemen Dikdasmen.

Kamilati, N. (2016). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mewujudkan Guru yang Profesional. https://bdksemarang.kemenag.go.id/pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-mewujudkan-guru-yang-profesional/.

Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, (2013). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Jakarta.

Nanang (2016). Pengembangan Computer Assisted Instruction Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik dan Karakter Mahasiswa. Laporan Penelitian. Garut: STKIP Garut.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada Membantu Dosen Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.Bandung : Tarsito.

Sudarma, R. (2015). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). https://www. kompasiana.com/debokbanget/550e8a60813311532dbc63de/ pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-pkb

Surapranata, S. (2016). Sambutan Ditjen GTK dalam Buku Panduan Guru Pembelajar Moda Daring.Tim Instruktur Matematika (2013). Modul PLPG Matematika. Konsorsium Sertifikasi Dosen.

Tim Instruktur Matematika (2013). Modul PLPG Matematika. Konsorsium Sertifikasi Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39481

Article Metrics

Abstract view : 165 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.