Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • I Dewa Ayu Devi Maharani Santika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Mahatma Agung Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Apriliani Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865

Keywords:

Video Pembelajaran, Daring Sekolah Dasar

Abstract

Tantangan dalam melakukan proses belajar mengajar secara daring adalah memastikan materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SDN 11 Dauh Puri Denpasar, khususnya di kelas 3, materi pembelajaran belum tersampaikan dengan baik karena hanya mengandalkan media pembelajaran yang konvensional yaitu buku lembar kerja siswa (LKS) yang dimiliki siswa dan dikerjakan oleh siswa berdasarkan instruksi melalui pesan pada WhatsApp. Kegiatan ini berupaya untuk memberikan pilihan lain dalam menyampaikan materi Bahasa Inggris pada siswa-siswa sekolah dasar SDN 11 Dauh Puri Denpasar, sehingga materi pelajaran yang telah tersusun dapat tersampaikan dengan baik dan optimal. Metode pelaksanaan kegiatan ini observasi, questionnaire dan metode demonstrasi melalui video pembelajaran. Selain itu, latihan intensif diberikan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan. Hasil yang diperoleh adalah metode video pembelajaran yang di lakukan di sekolah dasar ini membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang disampaikan, karena mereka dapat melihat dan mendengarkan secara langsung bagaimana pengajar mengucapkan kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris. Selain itu, video pembelajaran menjadi kegiatan yang terintegrasi untuk mempelajari keempat keterampilan berbahasa, yaitu, reading, writing dan listening.

References

Amiruddin, M., & Jannah, U. R. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini di Daerah Terpencil Kecamatan Pademawu Pamekasan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.34.

Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2020). Penerapan Penggunaan Platform Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 17–27. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4148.

Fuada, S., & Marhamah, M. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo-Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577.

Gulo, Y. T. M., Nasution, A. K., Batubara, B. M., & Waruwu, S. (2021). Koncokelas: Aplikasi Video Pembelajaran Berbasis Animasi sebagai Usaha Pemberdayaan Anak Putus Sekolah melalui Rumah Belajar. Pelita Masyarakat, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v2i2.4419.

Harmer., & Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching. Cambridge: Pearson Longman.

Hendrayani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. https://doi.org/10.24036/tip.v11i2.147.

Keraf, & Gorys. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Semarang: Bina Putra.

Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236.

Masruroh, L., Ainiyah, M., & Hidayah, B. (2018). Pelatihan pengajaran bahasa Inggris usia dini bagi guru-guru bahasa Inggris di PAUD-TK-MI. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1), 33–36. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247.

Miswaty, T. C., Syamsurrijal, S., Hadi, M. Z. P., & Ulfa, B. A. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris dan Pembukuan Keuangan bagi Masyarakat Desa Langko. Jurnal Pengabdian Undikma, 1(2), 166–171. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.3082.

Mustofa, M. I., Amaliah, K., & Kuspiyah, H. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Prosedur Teks Pada Siswa SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1224–1233. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5024.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1). https://jurnal.amikgarut.ac.id/index.php/jwi/article/view/27.

Nurcholis, A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 283–298. https://scholar.archive.org/work/f5vepa27wvdvdoapqcu7rvaqu4/access/wayback/http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/ARABIYATUNA/article/download/999/pdf.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Octavita, R. A. I., & Saraswati, R. (2017). Integrasi Pendidikan Berkarakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 33–40. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.974.

Putri, I. G. A. V. W., Candra, K. D. P., & Santika, I. D. A. D. M. (2018). Pelatihan bahasa Inggris komunikatif untuk kelompok kerja “Serangan Transport” di desa adat Serangan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 111–119. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1780.

Putri, I. G. A. V. W., & Santika, I. D. A. D. M. (2020). Training English for Educator at SMP Angkasa, Tuban–Kuta, Bali. International Journal of Community Service Learning, 4(4). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.28883.

Rati, D., & Montessori, M. (2019). Pelaksaan Penilaian Formatif Dalam Pembelajaran Ppkn Di Smp N 2 Lengayang. Journal of Civic Education, 2(1), 106–115. http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/106.

Risnawaty, R. (2021). Pelatihan Short Conversation Dalam Bahasa Inggris pada Masyarakat Kerjasama Umn Al-Washliyah Dengan Kelurahan Desa Tualang Kecamatan Perbaungan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 474–480. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/783/761.

Ruhaena, L. (2008). Pengaruh metode pembelajaran jolly phonics terhadap kemampuan baca-tulis permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada anak prasekola. Jurnal Penelitian Humaniora, 9(2), 190–204. http://jolly2.s3.amazonaws.com/Research/6. Lisnawati Ruhaena.pdf.

Ruminda, R., & Kustanti, D. (2018). Pelatihan Speed Reading bagi Guru-Guru SD Mata Pelajaran Bahasa Inggris Se-Kecamatan Tarogong Kabupaten Garut. Al-Khidmat, 1(2), 67–76. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-khidmat/article/view/3337.

Santoso, A. B., Husain, B. A., Supiandi, G., Sudarso, A. P., & Akbar, I. R. (2021). Knowledge Sharing Melalui Motivasi Belajar Dan Pelatihan Bahasa Inggris Pada Yayasan Domyadhu Pamulang. Dharma Laksana, 3(2), 106–109. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8796.

Sari, A. S. P., & Sembiring, N. (2021). Pelatihan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match Bagi Siswa Sd Di Kelurahan Tunggurono Kota Binjai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2863/1891.

Soeharyono, J. N. I., Budiman, M. A., & Damayani, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Iv Sd Negeri Pengkol Jepara. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1), 43–53. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/praniti/article/view/1477.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485.

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Mukson, M., Masrikhiyah, R., & Nurpratiwiningsih, L. (2020). Pelatihan Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa SMK Menggunakan Metode Demonstrasi. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(1). http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/317.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program Pelatihan Penigkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304.

Wijirahayu, S., Priyatmoko, H., & Hadianti, S. (2019). Critical, Logical & Creative Thinking in a Reflective Classroom Practices. International Journal of English Teaching (IJET), 8(1). https://www.researchgate.net/profile/Suciana-Wijirahayu/publication/335557469_Critical_Logical_Creative_Thinking_in_A_Reflective_Classroom_Practices/links/5e265253299bf1031e27bbab/Critical-Logical-Creative-Thinking-in-A-Reflective-Classroom-Practices.pdf.

Wijirahayu, S., & Septiani, R. (2017). Developing TPR Vocabulary Peer Assessment in Primary School Classroom Practices. In UICELL Conference Proceeding. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/uicell/article/view/1205.

Wijoyo, H. (2020). Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(3), 396–404. https://www.researchgate.net/profile/Hadion-Wijoyo/publication/343361623_Analisis_Minat_Belajar_Mahasiswa_STMIK_Dharmapala_Riau_Dimasa_Pandemi_Coronavirus_Disease_Covid-19/links/5f24f7b3299bf1340497832e/Analisis-Minat-Belajar-Mahasiswa-STMIK-Dharmapala-Ri.

Downloads

Published

2021-12-20

How to Cite

Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342–352. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865