Balkon Pintar Kreatif Berkonsep Compulsory Education di Desa Koa, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Authors

  • Budi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Ivo Basri K. Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Elisabeth E. Fernandes Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Muffaridun Balangga Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Salfian Ismail Dede Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41005

Keywords:

Balkon Pintar, Campulsory Education, Media PembelajaranMedia Pembelajaran

Abstract

Sumber daya manusia pada Desa Koa tergolong rendah dikarenakan rata-rata tingkat pendidikan di Desa Koa hanya sebatas di sekolah menengah pertama (SMP), rendahnya kesadaran pendidikan masyarakat di Desa Koa merupakan faktor utama penyebab lemahnya kualitas SDM. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah membangun balkon kreatif berkonsep compulsory education yang diharapkan dapat meningkatkan hard skill, soft skill, life skill serta memberdayakan masyarakat dalam hal pendidikan di Desa Koa, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelaksanaan kegiatan berlangsung pada tanggal 4 Oktober 2021 di Desa Koa. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam PkM dibagi menjadi 7 (tujuh) tahap diantaranya: 1) observasi dan wawancara, 2) pemetaan masalah, 3) pembangunan balkon, 4) pembuatan media pembelajaran, 5) mengadakan sosialisasi literasi media pembelajaran 6) sosialisasi pelatihan keterampilan hard skill dan soft skill, 7) sosialisasi pendidikan keterampilan hidup (life skill), 8) pelaksanaan PkM dengan melibatkan berbagai pihak diantaranya : Pihak Desa : Kepala Desa Koa, Masyarakat, Guru, Peserta Didik (siswa) SD dan  Pihak Perguruan Tinggi: Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Kupang dan Mahasiswa. Hasil analisis dengan survei menunjukkan bahwa peseta didik 90% sangat antusias dan memberikan respon yang sangat baik selama kegiatan berlangsung maupun setelah adanya balkon pintar kreatif berkonsep compulsory education dan luaran dari kegiatan ini adalah pemahaman masyarakat dan peserta didik tentang pemanfaatan balkon pintar kreatif untuk meningkatkan soft skill, hard skill, life skill yang harus dimiliki, dan pentingnya media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Budi Kurniawan, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ivo Basri K., Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Elisabeth E. Fernandes, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muffaridun Balangga, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Salfian Ismail Dede, Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Andriani, S. D., Susilowati, D., & Sudjoni, M. N. (2021). Analisis Partisipasi Masyarakat pada Program PHP2D Himagri Unisma di Kelurahan Merjosari Kota Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 9(3). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/SEAGRI/article/view/12856.

Asbari, M., & Novitasari, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 50–60. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/15253.

Asbari, M., Purwanto, A., Ong, F., Mustikasiwi, A., Maesaroh, S., Mustofa, M., ... &, & Andriyani, Y. (2020). Impact of Hard Skills, Soft Skills and Organizational Culture: Lecturer Innovation Competencies As Mediating. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 101–121. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/419.

Asbari, M., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., Imelda, D., & Purwanto, A. (2020). Hard Skills atau Soft Skills: Manakah yang lebih penting bagi Inovasi Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–20. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/333.

Cartono, C., Hizqiyah, I. Y. N., & Aryanti, F. (2018). Pengembangan Softskill Mahasiswa Calon Guru melalui Pemberdayaan Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Pasundan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 69–76. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/66.

Danial, A., Karwati, L., & Hamdan, A. (2019). Model Pendidikan Keterampilan Terintegrasi dengan Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Memanfaatkan Sumber Potensi Alam. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(1). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/6272.

Goestjahjanti, F. S., Purwanto, A., Asbari, M., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., Agistiawati, E., & Dewi, W. R. (2020). Pengaruh Organizational Learning Terhadap Peningkatan Hard Skills, Soft Skills Dan Inovasi Guru. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 202–226. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/436.

Hafifuddin, H. (2017). Disentralisasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Kota Lhokseumawe. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 169–186. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/110.

Hanika, I., Putri, M. I., & Witjaksono, A. A. (2020). Sosialisasi Literasi Media Digital di Jakarta (Studi Eksperimen Penggunaan Youtube terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 153–172. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/3324.

Himawan, R., Kelana, R. A., Afrilia, T., & Sari, A. (2021). Pembentukan UMKM melalui Program Hibah PHP2D Kemdikbud sebagai Recovery Dampak Covid-19 di Desa Gilangharjo. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 147–153. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/8839.

Ilmi, N. S. A. (2018). Potret kehidupan pengemis anak di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto: dalam tinjauan teori interaksi simbolik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kemampuan Soft skill dan Hard skill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran SMK Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/13854.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. http://jurnal.sttsundermann.ac.id/index.php/sundermann/article/view/18.

Leiwakabessy, P., & Lahallo, F. F. . (2018). Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Solusi dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha pada UMKM Kabupaten Sorong. Journal of Dedication to Papua Community (J-DEPACE), 1(1), 11–21. http://www.jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2.

M Yahya, A. (2018). Analisis Kehidupan Ekonomi Petani Mitra Ptpn Xiv Pabrik Gula Takalar. Universitas Negeri Makassar.

Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. (2020). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota Dan Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 230–248. http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1768.

Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan metode simulasi dalam pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS bagi Mahasiswa PGSD. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 87–95. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/670.

Pinahayu, E. A. R., & Marfu’ah, I. (2020). Sosialisasi Media Pembelajaran dan Program Statistika di SD Negeri Setu 01 Cipayung. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(4), 318–325. https://scholar.archive.org/work/hxkkwdp4dbffdke6fk5byzxmku/access/wayback/https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/download/5609/3670.

Polanyi, M. (1966). The logic of tacit inference. Philosophy, 41(155), 1–18. https://www.cambridge.org/core/journals/philosophy/article/logic-of-tacit-inference/067C495A943E876DEE838320A1B5D522.

Purba, D. W., Thohiron, M., Surjaningsih, D. R., Sagala, D., Ramdhini, R. N., Gandasari, D., ... &, & Manullang, S. O. (2020). Pengantar ilmu pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Purbaya, D. A. (2021). Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Keterampilan Hidup dan Wirausaha di PKBM Luthfillah Kelurahan Pahandut Kota Palangka Raya. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 10(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/2288.

Purwaningsih, Y. (2008). Ketahanan pangan: situasi, permasalahan, kebijakan, dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 9(1), 1–27. https://journals.ums.ac.id/index.php/JEP/article/view/1028.

Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa ma al-mubarok melalui pendekatan saintifik berbantuan aplikasi geogebra pada materi statistika dasar. Journal On Education, 1(3), 386–395. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/180.

Siagian, A., & Rahmanita, F. (2020). Potret Budaya Hukum Masyarakat Sederhana Indonesia dalam Merawat Kebhinnekaan. Jurnal Ilmiah Humanika, 3(1), 43–51. http://humanika.penapersada.com/index.php/humanika/article/view/41.

Silooy, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Absolut Masyarakat Pesisir (Nelayan) Di Desa Seilale Kecamatan Nusaniwe. Cita Ekonomika, 11(1), 79–84. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/citaekonomika/article/view/2634.

Sumanto, S. E., & Takandjandji, M. (2014). Identifikasi pemanfaatan hasil hutan oleh masyarakat: Upaya konservasi sumber daya genetik dan sosial budaya. Buletin Plasma Nutfah, 20(1), 27–40. http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bpn/article/view/5185.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113.

Wassahua, S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di kampung wara negeri hative kecil kota ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–224. https://mail.iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/ALT/article/view/199.

Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Muliani, N. M. (2020). Pengembangan Keterampilan Hidup dan Karir Siswa Sekolah Dasar dalam Rangka Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 171–181. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1384.

Yanthy, E., Sudiyono, R. N., Waruwu, H., Agistiawati, E., & Purwanto, A. (2020). Pengaruh Soft Skills Dan Hard Skill Terhadap Inovasi Guru Sekolah Islam. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 199–215. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/4555.

Downloads

Published

2021-12-16

How to Cite

Kurniawan, B., K., I. B., Fernandes, E. E., Balangga, M., & Dede, S. I. (2021). Balkon Pintar Kreatif Berkonsep Compulsory Education di Desa Koa, Kecamatan Mollo Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). International Journal of Community Service Learning, 5(4), 353–361. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41005