Pelatihan Pembuatan Alat Bantu Pengajaran IPA pada Percobaan Bandul Matematis, Tekanan Hidrostatis, Pengukuran Tekanan Zat Cair, serta Kecepatan dan Percepatan bagi Guru-Guru IPA Sekolah Sahabat

Authors

  • Imas Ratna Ermawati Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA http://orcid.org/0000-0002-8860-1358
  • A. Kusdiwelirawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Sugianto Sugianto Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nuraeni N.S Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • N.M . Farhan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • M. Fachry. S. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43272

Keywords:

Training, Props, IPA

Abstract

Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk kegiatan hilirisasi dan program pendampingan pelatihan guru IPA di ULC Sekolah Sahabat. Selain itu, berdasarkan observasi dari penelitian sebelumnya diperoleh informasi tentang kurangnya mata pelajaran praktikum IPA dan pengadaan alat peraga ini sangat bergantung pada kemampuan sekolah serta kreativitas guru yang bersangkutan. Dalam kaitan ini, guru IPA khususnya fisika, biologi, dan kimia dituntut kreativitas dan keterampilannya dalam membuat dan menggunakan alat peraga. Dalam kegiatan ini, juga dihasilkan modul penggunan alat peraga dan video pembuatan alat peraga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan (workshop) yakni, pemberiaan pelatihan pembuatan alat peraga sedrhana IPA, selanjutnya dilakukan pendampingan. Jumlah peserta sebanyak 37 orang guru di daerah perkebunan atau ULC Sekolah Sahabat yang dilaksanakan melalui daring menggunakan zoom meeting. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari dengan 8 JP. Peserta mengatakan bahwa materi yang dibahas dalam pelatihan mengatakan 82,21 % sangat penting, dan 17,79 % penting. Para narasumber menyampaikan metode pelatihan 80,81 % menyatakan sangat puas dan 19,19 % menyatakan puas dengan metode pelatihan. Selain itu, respon peserta terhadap narasumber/ instruktur pelatihan sebesarr 84,92 % menyatakan sangat puas dan 15,08 % peserta menyatakan puas.  Dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang digunakan sudah sangat baik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat alat peraga dengan memanfaatkan alam dan lingkungan di sekitar.

Author Biography

Imas Ratna Ermawati, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA

Pendidikan Fisika UHAMKA

References

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://www.neliti.com/publications/278052/analisis-kemampuan-guru-sekolah-dasar-dalam-implementasi-pembelajaran-tematik-di.

Arsyad, & Azhar. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121–129. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/416/401.

Iskandar, W. (2019). Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 135. https://scholar.archive.org/work/oniiuauh4jb43n5e7tepdo7qgm/access/wayback/http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/download/1126/pdf.

Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Mekanika Aplikatif bagi Guru IPA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 570–574. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3211.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3005.

Khalkhali, A. (2010). Presenting A Model for Establishing Management of Healthy Classroom. Journal of Educational Psychology of Islamic Azad University, 1(2), 60–71. https://www.sid.ir/en/Journal/ViewPaper.aspx?ID=265841.

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa pada Konsep Segi Empat Berdasarkan Teori van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Kochlar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Grasindo.

Kristiono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Minat Belajar Siswa-Siswi Paud Kristen Se-Kabupaten Banyumas. Jurnal Shema, 1(1). http://jurnal.sttii-purwokerto.ac.id/index.php/shema/article/view/4.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/46.

Malik, M. A., Murtaza, A., & Khan, A. M. (2011). Role of Teachers in Managing Teaching Learning Situation. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(5), 783–833.

Muhafid, E. A., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berpendekatan Keterampilan Proses pada Tema Bunyi di SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/1766.

Muslim, M. (2011). Implementasi Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkankembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 99–108. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i2.36019.g15393.

omleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127. https://scholar.archive.org/work/n5k3vyp7pvbbpl3qedjbqfhtje/access/wayback/https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/11907/pdf.

Nurohman, S. (2006). Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran IPA Seba Gai Upa Ya Peningkatan Life Skills Peserta Didik. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/viewFile/7114/6137.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34–38. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80.

Putri, M. R. A., Muslim, M., Purwana, U., & Karyawan, K. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengomunikasikan Hasil Percobaan melalui Model Pembelajaran Inquiry Lab pada Materi Fluida Statis. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 69–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/15822.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18592/jt%20ipai.v5i1.1825.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v3i1.21.

Salmawati, S., Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 198–204. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17397.

Sapa’at, A. (2014). Penerapan Sekolah Berbasis Lesson Study dalam Perspektif Organisasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 3(8), 3–8. https://jurnal.makmalpendidikan.net/index.php/JPD/article/view/62.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020.

Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100.

Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika.

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Ermawati, I. R., Kusdiwelirawan, A., Sugianto, S., N.S, N. ., Farhan, N. . ., & Fachry. S., M. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Bantu Pengajaran IPA pada Percobaan Bandul Matematis, Tekanan Hidrostatis, Pengukuran Tekanan Zat Cair, serta Kecepatan dan Percepatan bagi Guru-Guru IPA Sekolah Sahabat . International Journal of Community Service Learning, 6(1), 104–111. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43272