Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata

Authors

  • Saniati Saniati Universitas Teknokrat Indonesia
  • Maulana Aziz Assuja Universitas Teknokrat Indonesia
  • Neneng Neneng Universitas Teknokrat Indonesia
  • Ajeng Savitri Puspaningrum Universitas Teknokrat Indonesia
  • Desi Ratna Sari Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559

Keywords:

E-Tourism, Pesisir Barat, Pariwisata, Website

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu destinasi wisata dengan daya tarik tersendiri bagi pengunjung, seperti wisata pada Kabupaten Pesisir Barat dengan 65 destinasi wisata seperti wisata alam, pantai, budaya, dan kuliner. Permasalahan yang dihadapi Dinas Pariwisata Pesisir Barat yaitu belum adanya sistem untuk mempromosikan destinasi wisatanya. Informasi wisata di website Dinas tersebut juga tidak lengkap, seperti kurangnya informasi promosi wisata, atraksi wisata, fasilitas, dan biro perjalanan. Website hanya menampilkan video wisata yang diarahkan ke YouTube. Kegiatan PKM berjalan dalam tiga fase yaitu fase awal, proses, dan akhir. Langkah awal yaitu merumuskan masalah Dinas Pariwisata Pesisir Barat yaitu belum memiliki sistem untuk mempromosikan objek wisatanya. Tahap kedua, memutuskan solusi untuk masalah tersebut yaitu mengembangkan sistem informasi pariwisata. Promosi menggunakan teknologi internet, biasa disebut dengan E-Tourism merupakan cara untuk mempromosikan pariwisata dengan mudah ke informasi yang dapat diakses kapanpun, dimanapun. Tahap akhir yaitu menyosialisasikan dan melatih penggunaan Sistem Informasi Pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat.

References

Agung, A. A. G. (2015). Pengembangan model wisata edukasi-ekonomi berbasis industri kreatif berwawasan kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6380. DOI: https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6380

Apriani, A., & Irfan, P. (2017). Aplikasi E-Tourism sebagai Pendukung Promosi Pariwisata di Pulau Lombok. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, 356–361.

Balandina, E., Balandin, S., Koucheryavy, Y., & Mouromtsev, D. (2015). Innovative E-Tourism services on top of Geo2Tag LBS platform. 2015 11th International Conference on Signal-Image Technology & Internet-Based Systems (SITIS), 752–759. DOI: https://doi.org/10.1109/SITIS.2015.11

Beatrice, S., & Mihãlcescu, C. (2013). The impact and perspectives of the E-Tourism at a global level. Romanian Economic and Business Review, 8, 289–297.

Bessie, J. L. (2019). Implementasi E-Commerce dalam Industri Pariwisata. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 8(1), 45–62.

Bhahri, S. (2021). E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 94–106. https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i1.824. DOI: https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i1.824

Hamid, R. A., Albahri, A. S., Alwan, J. K., Al-Qaysi, Z. T., Albahri, O. S., Zaidan, A. A., & Zaidan, B. B. (2021). How smart is E-Tourism? A systematic review of smart tourism recommendation system applying data management. Computer Science Review, 39. https://doi.org/10.1016/j.cosrev.2020.100337. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cosrev.2020.100337

Haryono, G., & Albetris, A. (2022). Peranan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-Tourism Marketing untuk Meningkatkan Niat Berkunjung Wisatawan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 136–143. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.509. DOI: https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.509

Jonathan, C. J., & Tarigan, R. (2016). The effects of E-Tourism to the development of tourism sector in Indonesia. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(2), 59–62. https://doi.org/10.21512/commit.v10i2.1669. DOI: https://doi.org/10.21512/commit.v10i2.1669

Jordan, J. W. (1980). The summer people and the natives some effects of tourism in a Vermont vacation village. Annals of Tourism Research, 7(1), 34–55. https://doi.org/10.1016/S0160-7383(80)80005-3. DOI: https://doi.org/10.1016/S0160-7383(80)80005-3

Kadafi, M. R., Moussadecq, A., & Justin, M. R. (2022). Perancangan E-Tourism sebagai Upaya Promosi Desa Jati Indah Lampung Selatan. IKONIK: Jurnal Seni Dan Desain, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i1.1603.

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2019). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 332–350. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559. DOI: https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559

Kuswara, A., Supriatna, A. D., & Gunadhi, E. (2019). Sistem Informasi Wisata Pantai Berbasis Web Di Kabupaten Garut. Jurnal Algoritma, 16(2), 201–207. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.201. DOI: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.201

Leung, R. (2022). Development of Information and Communication Technology: From E-Tourism to Smart Tourism. Handbook of E-Tourism, 1–33. https://doi.org/10.1007/978-3-030-05324-6_2-1. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-05324-6_2-1

Mohamed, I., & Moradi, L. (2011). A model of E-Tourism satisfaction factors for foreign tourists. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(12), 877–883.

Nasution, S. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation Dalam Meningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 250–261. https://doi.org/10.30596%2Fjrab.v21i2.8431.

Nurmi, N. (2017). Membangun website sistem informasi dinas pariwisata. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418. DOI: https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1418

Pearce, P. (2012). The Ulysses factor: Evaluating visitors in tourist settings. Springer Science & Business Media.

Pradiatiningtyas, D. (2014). Pemasaran online melalui E-Tourism, bauran pemasaran jasa pariwisata dan pemosisian untuk promosi pariwisata daerah di Indonesia. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.31294/khi.v5i2.479.

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380. DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Rosmayati, S., & Maulana, A. (2021). Potensi Pengembangan Strategi Wisata Untuk Pendidikan Internasionaldi Kabupaten Pesisir Barat, Indonesia. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 2(1), 32–42.

Rusyidi, B., & Fedryansah, M. (2018). Pengembangan pariwisata berbasis masyaraka. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490. DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20490

Sari, D. R., Saniati, S., & Parjito, P. (2021). E-Tourism Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(4), 62–67. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i4.1322.

Simanjuntak, M., Setiawan, A., Nasrullah, N., Abdillah, L. A., Mistriani, N., Simarmata, J., & Yendrianof, D. (2021). Pemasaran Digital Pariwisata Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Sutiksno, D. U., Revida, E., Munsarif, M., Simarmata, H. M., Saputra, D. H., Purnomo, A., & Purba, S. (2020). Tourism Marketing. Yayasan Kita Menulis.

Tfaily, R. A. (2018). E-Tourism and the competitiveness of tourism products in the context of the global tourism and travel industry Market. Revista de Management Comparat International, 19(2), 187–195. DOI: https://doi.org/10.24818/RMCI.2018.2.187

Ukpabi, D. C., & Karjaluoto, H. (2017). Consumers’ acceptance of information and communications technology in tourism: A review. Telematics and Informatics, 34(5), 618–644. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.12.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.12.002

Umagapi, D., & Ambarita, A. (2018). Sistem informasi geografis wisata bahari pada dinas pariwisata Kota Ternate. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 1(2). https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.47324/ilkominfo.v1i2.8

Vinandari, N., Hafizd, K. A., & Noor, M. (2019). Sistem Informasi Geografis Wisata Religi Berbasis Web Mobile. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(1), 41–49. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i1.161. DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i1.161

Yuliani, O., & Prasojo, J. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 7(2), 149–164. https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.158. DOI: https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.158

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559

Issue

Section

Articles