Meningkatkan Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Belajar Online

Authors

  • Friska J. Purba Study Program of Chemistry Education, Faculty of Education, Universitas Pelita Harapan
  • Kelly Sinaga Study Program of Chemistry Education, Faculty of Education, Universitas Pelita Harapan
  • Debora Suryani Sitinjak Study Program of Chemistry Education, Faculty of Education, Universitas Pelita Harapan
  • Candra Yulius Tahya Study Program of Chemistry Education, Faculty of Education, Universitas Pelita Harapan
  • Karnelasatri Study Program of D3 Pharmacy, Faculty of Health Sciences, Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.46068

Keywords:

Pandemi, Daring, Minat, Semangat, Bimbingan Belajar

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merenggut kenyamanan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Kenyamanan belajar mengajar terenggut dikarenakan pemerintah menutup sekolah dan perguruan tinggi untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yang kian merebak. Akibatnya, sistem pembelajaran harus diubah dari tatap muka (luring) menjadi tatap maya (daring). Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan menyebabkan dampak negatif bagi siswa, salah satunya ialah penurunan minat dan semangat belajar. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menarik dan bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka Program Studi Pendidikan Kimia bekerja sama dengan jemaat GKPS Tangerang untuk membuat Pos Bimbingan Belajar Online Gratis yang diberi nama Pos Diakonia untuk membantu anak-anak, khususnya anak-anak jemaat GKPS dalam memahami materi sekolah dan meningkatkan minat dan semangat belajar siswa. Kegiatan ini berlangsung selama 8 minggu. Dari survei yang dilakukan kepada 83 tutee, hanya 44 yang memberikan respon. Dari respon tersebut didapatkan bahwa setelah mengikuti bimbel online hampir semua tutee merasakan peningkatan pemahaman, minat dan semangat belajar. Namun sayangnya, masih banyak juga tutee yang mengalami kesulitan dan minat belajar yang kurang bertumbuh.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Damanik, R. W., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2022). Aanlysis of Learning Guidance Implementation on Student’ Learning Difficulties. PRIMARY JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(April), 467–478. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8553

Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah dalam Penilaian. Jurnal Basicedu, 6(1), 675–683. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1934. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1934

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Fachri, M., Wahid, A. H., Baharun, H., & Lailiyah, K. (2020). Joyful Learning Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Di Sekolah. Jurnal Edureligia, 04(02), 170–184.

Fuada, S., & Marhamah, M. (2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo - Wonogiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.33577

Hafida, Lilih, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pendemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2), 82–90.

Hamzah, R. A. (2021). Pengaruh Teknik Pembimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 2 Malino. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.330. DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.330

Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017. DOI: https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017

Ihsan, M. S. (2021). Penyuluhan Literasi Belajar Online Untuk Masyarakat Bersama Komunitas Pemuda Mandiri. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 169–174. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34676

Jatmiko, B. (2022). Pelatihan Optimalisasi Media Pembelajaran Daring untuk Menunjang Synchronous dan Asynchronous Learning System. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43367. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.43367

Kainde, E. W., & Tahya, C. Y. (2020). Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Penuntun Siswa dalam Menemukan Makna pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 49. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6076. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6076

Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572

Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. M. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4985.

Mutmainah, M., Aunurrahman, A., & Waneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952

Nafiah, Z., Aziz, M. Z., & Samsilayurni. (2002). The Effect of Intellectual Intelligence on Student Learning Outcomes. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 7(1), 228–240. https://doi.org/10.31851/jmksp.v7i1.6751. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v7i1.6751

Nanang, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran CAI-Kontekstual Matematika Bagi Guru-Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 250. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39481. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39481

Novita, L., & Latifah, M. (2014). Strategi pengaturan diri dalam belajar sebagai mediator harapan orang tua dan motivasi intrinsik terhadap prestasi akademik. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(3), 143–153. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.143. DOI: https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.143

Palestina, S., & Yuliati, Y. (2020). Membantu Kesulitan Anak Dalam Pembelajaran Online Melalui Bimbingan Belajar Di Desa Karanggondang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286. DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286

Purba, F. J., Kelly Sinaga, Sitinjak, D. S., Tahya, C. Y., & Karnelasatri. (2020). Pentingnya Peran Tutor Dalam Pembelajaran Di Dumpit. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5728. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5728

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41

Sitinjak, D. S., Sinaga, K., Purba, F., & Tahya, C. (2019). Improving the Education Quality for Children in Dumpit, Tangerang Region. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.25170/mitra.v3i1.497. DOI: https://doi.org/10.25170/mitra.v3i1.497

Sitohang, H. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Materi Konsep Termodinamika Dalam Mesin Kalor Dan Sifat-Sifat Gas Ideal Monoatomik Untuk SMA Kelas XI IPA. Jurnal SAINTEKOM, 6(1), 27–39. https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i1.4. DOI: https://doi.org/10.33020/saintekom.v6i1.4

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144. DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2022). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wali, M., Pali, A., & Mbabho, F. (2020). PKM Edukasi Pencegahan Penularan COVID 19 terhadap Siswa Kelas III SD I Turekisa. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 367–372. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.30284. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.30284

Zahra, S. Z. (2022). Problematika Mahasiswa Calon Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching di STIQ Amuntai. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 259–267. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.948. DOI: https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.948

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Friska J. Purba, Kelly Sinaga, Debora Suryani Sitinjak, Candra Yulius Tahya, & Karnelasatri. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Melalui Bimbingan Belajar Online . International Journal of Community Service Learning, 6(2), 131–139. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.46068

Issue

Section

Articles