Pendekatan Berbasis Phygital dalam Menjembatani Kesenjangan dalam Transformasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48470Keywords:
Phygital, Digital Transformation, Customer ExperienceAbstract
Kegiatan Vacathon 2022 merupakan kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengangkat tema untuk mensukseskan pulihnya ekonomi yang terdampak pandemi dan memperkuat digitalisasi pada sektor ekonomi kreatif. Kegiatan Vacathon 2022 yang terdiri atas tiga kegiatan utama yaitu Hackaton, Bandung Apps Festival, dan berbagai workshop yang diadakan dengan tujuan menciptakan aplikasi di bidang kreatif turisme yang dibuat selama 24 jam nonstop melalui eksibisi hackathon yang dapat digunakan dan mendukung pengembangan website Patrakomala. Sesi penulis berfokus pada sesi seminar pembahasan transformasi digital, dengan memanfaatkan modal awal digitalisasi di Indonesia untuk mencapai tujuan transformasi digital tahun 2025. Penulis menjadi narasumber utama yang membahas perkembangan transformasi digital di era digital di Indonesia, kerangka transformasi digital dan solusi yang bisa digunakan untuk meminimalisir kesenjangan dalam transformasi digital. Solusi yang penulis paparkan dalam sesi presentasi adalah pendekatan transformasi berbasis Phygital. Phygital merupakan gabungan kata dari physical dan digital, yang berfokus pada penggabungan elemen-elemen terbaik dari komponen fisik dan digital untuk mengembangkan customer experience saat pelanggan menggunakan suatu produk. Keberhasilan pendekatan phygital bergantung pada tiga aspek utama, yaitu Instant, Connected dan Engaging. Keberhasilan dalam mengeksekusi ketiga aspek ini dengan baik dalam menjalankan phygital akan meningkatkan keberhasilan layanan dan kepuasan pelanggan.
References
Anggraini, N., & Baturaja, S. D. S. (2020). Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 139. DOI: https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313
Aysa, I. R. (2021). Tantangan Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 140–153. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1458.
Burke, R. R. (2002). Technology and the customer interface: what consumers want in the physical and virtual store. Journal of the Academy of Marketing Science, 30(4), 411–432. https://doi.org/10.1177/009207002236914. DOI: https://doi.org/10.1177/009207002236914
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. DOI: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 4(2), 226–239. https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i2.1244.
Flavián, C., Ibáñez-Sánchez, S., & Orús, C. (2019). The impact of virtual, augmented and mixed reality technologies on the customer experience. Journal of Business Research, 100, 547–560. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.050. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.050
Frendiana, M. L., & Soediantono, D. (2022). Benefits of digital transformation and implementation proposition in the defense industry: a literature review. International Journal of Social and Management Studies, 3(4), 1–12. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i4.148.
Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.
Hartati, I. (2020). Strategi Pembangunan Sdm Kementerian Keuangan Republik Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Era Disrupsi 4.0. Jurnal BPPK: Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 13(1), 109–129. https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v13i1.493. DOI: https://doi.org/10.48108/jurnalbppk.v13i1.493
Johan, E. T. (2014). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 2(1), 009–016. https://doi.org/10.37641/jiakes.v2i1.42. DOI: https://doi.org/10.37641/jiakes.v2i1.42
Joseph, M., & Stone, G. (2003). An empirical evaluation of US bank customer perceptions of the impact of technology on service delivery in the banking sector. International Journal of Retail & Distribution Management, 31(4), 190–202. https://doi.org/10.1108/09590550310469185. DOI: https://doi.org/10.1108/09590550310469185
Khlystova, O., Kalyuzhnova, Y., & Belitski, M. (2022). The impact of the COVID-19 pandemic on the creative industries: A literature review and future research agenda. Journal of Business Research, 139, 1192–1210. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.09.062. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.09.062
Kotarba, M. (2018). Digital transformation of business models. Foundations of Management, 10(1), 123–142. https://doi.org/10.2478/fman-2018-0011. DOI: https://doi.org/10.2478/fman-2018-0011
Lee, C. H., Liu, C. L., Trappey, A. J., Mo, J. P., & Desouza, K. C. (2021). Understanding digital transformation in advanced manufacturing and engineering: A bibliometric analysis, topic modeling and research trend discovery. Advanced Engineering Informatics, 50, 101428. https://doi.org/10.1016/j.aei.2021.101428. DOI: https://doi.org/10.1016/j.aei.2021.101428
Lestari, K. N., & Priyono, A. (2022). Analisis Hubungan Interorganisasi Ekosistem Bisnis Untuk Mendukung Proses Transformasi Digital Di Ukm. Students Conference On Accounting and Business (SCoAB).
Martini, R. (2015). Netralitas Birokrasi Pada Pilgub Jateng 2013. Jurnal Ilmu Sosial, 14(1), 66–78. https://doi.org/10.14710/jis.14.1.2015.66-78.
Popa, N., Pop, A. M., Marian-Potra, A. C., Cocean, P., Hognogi, G. G., & David, N. A. (2021). The Impact of the COVID-19 pandemic on independent creative activities in two large cities in Romania. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(14), 7674. https://doi.org/10.3390/ijerph18147674. DOI: https://doi.org/10.3390/ijerph18147674
Rahidi, N. A. S., Fridayanthie, E. W., & Kusumaningrum, A. (2022). Penyuluhan Pemanfaatan Transformasi Digital Bagi Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB). Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 128–135. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/186.
Ramailis, N. W. (2020). Cyber Crime dan Potensi munculnya Viktimisasi Perempuan di Era Teknologi Industri 4.0. Sisi Lain Realita, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.25299/sisilainrealita DOI: https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6381
Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187. DOI: https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187
Schwertner, K. (2017). Digital transformation of business. Trakia Journal of Sciences, 15(1), 388–393. DOI: https://doi.org/10.15547/tjs.2017.s.01.065
Sihite, M. (2018). Peran kompetensi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi di era revolusi industri 4.0: suatu tinjauan konseptual. Jurnal Ilmiah Methonomi, 4(2), 145–159.
Soetrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.
Suginam, S. (2022). Transformasi Digital di Masa Pandemi Covid 19: Studi Fenomenologi Pada UKM Kota Medan. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 296–299. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1696.
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4428.
Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital: Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399
Venkatraman, N. (1994). IT-enabled business transformation: from automation to business scope redefinition. Sloan Management Review, 35, 73–73.
Walls, A. R., Okumus, F., Wang, Y. R., & Kwun, D. J. W. (2011). An epistemological view of consumer experiences. International Journal of Hospitality Management, 30(1), 10–21. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.03.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.03.008
Wijoyo, H. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Insan Cendekia Mandiri.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336. DOI: https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.