The Campaign as A Tale: Pelatihan Penggunaan Teknik Storytelling dalam Kampanye Marketing Communication Yayasan Kakak Asuh Bekasi

Authors

  • Annisa Eka Syafrina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Indonesia
  • Dian Sukmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.53062

Keywords:

Komunikasi pemasaran, Konsumen, Storytelling

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Saat ini, komunikasi pemasaran mengakui storytelling sebagai alat yang diperlukan dalam mengembangkan identitas merek yang dapat digunakan sebagai faktor pembeda. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, mengubah komunikasi pemasaran ke arah informasi baru yang berbasis konsumen dan berfokus pada pendekatan interaktif. Sehingga, dalam menyampaikan informasi produk, jasa, dan ide kepada publik, perusahaan perlu untuk mengkomunikasikan dengan pesan yang tepat. Para ahli pemasaran meyakini bahwa storytelling memiliki kekuatan untuk menciptakan permintaan (demand) melalui pendekatan yang bersifat emosional. Akan tetapi, mitra pada kegiatan pengabdian ini belum menggunakan teknik storytelling dalam menjual hasil produknya. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra, terkait teknik storytelling agar komunikasi pemasaran berlangsung menjadi lebih efektif dan efesien. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatannya berupa pelatihan. Mitra pada kegiatan ini adalah Kakak Asuh Bekasi, mitra merupakan komunitas sosial yang bergerak di bidang pendidikan. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa Marketing Communication Yayasan Kakak Asuh Bekasi. Hasil kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi segala permasalahan dalam berkomunikasi untuk memasarkan produknya.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.

Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2014). Strategi Public Relations dalam Mendukung Pemasaran Pembangkit Listrik Nasional (PLN). Jurnal ASPIKOM, 2(3), 206–220. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i3.71. DOI: https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i3.71

Arifianto, T. (2022). Paradigma Brand Experience Management dalam Membentuk Loyalitas Jemaah Dakwah. INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 3(2), 265–290. https://doi.org/10.55372/INTELEKSIAJPID.V3I2.197. DOI: https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v3i2.197

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298. DOI: https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298

Banjaŕnahor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., & Hasyim, H. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Bednall, T. C., & Sanders, K. (2017). Do opportunities for formal learning stimulate follow‐up participation in informal learning? A three‐wave study. Human Resource Management, 56(5), 803–820. https://doi.org/10.1002/hrm.21800. DOI: https://doi.org/10.1002/hrm.21800

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179–189. https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472.

Coelho, P. S., & Henseler, J. (2012). Creating customer loyalty through service customization. European Journal of Marketing, 46(3/4), 331–356. https://doi.org/10.1108/03090561211202503. DOI: https://doi.org/10.1108/03090561211202503

Doster, L. (2013). Millennial teens design and redesign themselves in online social networks. Journal of Consumer Behaviour, 12(4), 267–279. https://doi.org/10.1002/cb.1407. DOI: https://doi.org/10.1002/cb.1407

Elfrianto. (2016). Manajemen Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i2.596.

Familmaleki, M., Aghighi, A., & Hamidi, K. (2015). Analyzing the influence of sales promotion on customer purchasing behavior. International Journal of Economics & Management Sciences, 4(4), 1–6. https://doi.org/10.4172/2162-6359.1000243. DOI: https://doi.org/10.4172/2162-6359.1000243

Fathurrochman, I. (2017). Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup Melalui Metode Pendidikan Dan Pelatihan. Manajer Pendidikan, 11(2). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/3210/1654.

Gil de Zúñiga, H., Weeks, B., & Ardèvol-Abreu, A. (2017). Effects of the news-finds-me perception in communication: Social media use implications for news seeking and learning about politics. Journal of Computer-Mediated Communication, 22(3), 105–123. https://doi.org/10.1111/jcc4.12185. DOI: https://doi.org/10.1111/jcc4.12185

Ginevičius, R., Podvezko, V., & Ginevičius, A. (2013). Quantitative evaluation of enterprise marketing activities. Journal of Business Economics and Management, 14(1), 200–212. https://doi.org/10.3846/16111699.2012.731143. DOI: https://doi.org/10.3846/16111699.2012.731143

Gogali, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 (Studi Kasus Webinar BSI Digination" How To Be A Youtuber And An Entrepreneur"). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 182–187. https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.9211.

Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 162–167. https://doi.org/10.14710/interaksi.3.2.162-167.

Klepek, M., & Starzyczná, H. (2018). Marketing communication model for social networks. Journal of Business Economics and Management, 19(3), 500–520. https://doi.org/10.3846/jbem.2018.6582. DOI: https://doi.org/10.3846/jbem.2018.6582

Mahestu, G., & Rahmani, A. N. (2019). Interpretasi digital storytelling pada iklan Tokopedia. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51977/jdigital.v1i1.159. DOI: https://doi.org/10.51977/jdigital.v1i1.159

Mardiana, S. (2013). Peranan komunikasi pemasaran dalam membentuk perilaku konsumen. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.30656/lontar.v2i2.347.

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 58–80. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443. DOI: https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Muttaqin, Z. (2011). Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(2). https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63. DOI: https://doi.org/10.26594/teknologi.v1i2.63

Närvänen, E., Kuusela, H., Paavola, H., & Sirola, N. (2020). A meaning-based framework for customer loyalty. International Journal of Retail & Distribution Management, 48(8), 825–843. https://doi.org/10.1108/IJRDM-05-2019-0153. DOI: https://doi.org/10.1108/IJRDM-05-2019-0153

Pasaribu, A. W., Ginting, J. A., & Andriani, N. N. (2022). Tourism storytelling, Dampaknya Terhadap Niat Perilaku Wisata di Kawasan Danau Toba Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 16(1), 77–85. https://doi.org/10.47608/jki.v16i12022.77-85.

Pentina, I., & Tarafdar, M. (2014). From “information” to “knowing”: Exploring the role of social media in contemporary news consumption. Computers in Human Behavior, 35, 211–223. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.02.045. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.02.045

Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21. DOI: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24. DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24

Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190

Rusman, K., Warouw, D. M., & Pasoreh, Y. (2015). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Produk PT. POKPHAN Luwuk Sulawesi Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 4(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/9455/9028.

Sari, A. M., & Aslami, N. (2022). Strategi komunikasi pemasaran asuransi syariah. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i1.870. DOI: https://doi.org/10.47467/manageria.v2i1.870

Sarjita, S. (2016). Komunikasi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pasar. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1). http://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/38.

Singh, S., & Sonnenburg, S. (2012). Brand performances in social media. Journal of Interactive Marketing, 26(4), 189–197. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2012.04.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.intmar.2012.04.001

Susianti, H. W., Dianasari, D. A. M. L., Tirtawati, N. M., Liestiandre, H. K., Negarayana, I. B. P., Lilasari, N. L. N. T., & Aridayanti, D. A. N. (2022). Penguatan Storytelling Produk Desa Wisata Bakas Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 2(1), 54–61. https://doi.org/10.52352/makardhi.v2i1.766. DOI: https://doi.org/10.52352/makardhi.v2i1.766

Utomo, H. J. N., Pujiastuti, E. E., Perwira, R. I., & Rustamadji, H. C. (2021). Optimalisasi Digital Marketing Di Masa Pandemi Di Kelurahan Panembahan, Kraton, DIY. Dharma LPPM, 2(1). https://doi.org/10.31315/dlppm.v2i1.4770. DOI: https://doi.org/10.31315/dlppm.v2i1.4770

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1). https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003 DOI: https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Syafrina, A. E. ., & Sukmawati, D. . (2022). The Campaign as A Tale: Pelatihan Penggunaan Teknik Storytelling dalam Kampanye Marketing Communication Yayasan Kakak Asuh Bekasi. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 458–465. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.53062