Pelatihan Pelayanan Kepada Kelompok Usaha Pondok Wisata di Desa Ubud Kabupaten Gianyar

Authors

  • I Made Darsana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Denpasar, Indonesia
  • I Made Trisna Semara Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Denpasar, Indonesia
  • Nyoman Surya Wijaya Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54047

Keywords:

Pondok wisata, Hygine, Sanitasi

Abstract

Wisatawan dalam memilih tempat tinggal, cenderung menginginkan pengalam lokal dengan tinggal bersama tuan rumah di destinasi. Oleh karena itulah, pondok wisata menjadi pilihan menarik bagi wisatawan khusus Eropa repeater yang menghabiskan waktu liburannya di Ubud. Namun disisi lain Ubud yang merupakan destinasi pariwisata yang memiliki keaslian, keunikan, kekhasan serta kekhususan di dunia pariwisata internasional harus tetap dijaga dan dilestarikan walau pandemi COVID-19 telah meluluhlantakan pariwisata Ubud. Tujuan pengabdian ini adalah melakukan upaya recovery terhadap pariwisata Ubud. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatannya menggunakan metode penyuluhan diikuti dengan diskusi dan praktek. Kegiatan ini menyasar pemilik pondok wisata serta karyawannya, pemuda desa dan masyarakat lain yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuannya terkait pengelolaan pondok wisata di Desa Wisata Ubud, Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa terbentuknya komunikasi yang lebih baik antara pengelola wisata sebagai tuan rumah dan wisatawan sebagai tamu yang berimplikasi pada kunjungan ulang dari wisatawan untuk menjadi wisatawan repeater untuk kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat di Desa Wisata Ubud, Kabupaten Gianyar.

References

Arcana, K. T. P., Pranatayana, I. B. G., Suprapto, N. A., Sutiarso, M. A., Semara, I. M. T., Candrawati, N. L. P. A., & Suri, M. (2021). Tata Kelola Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tihingan Kabupaten Klungklung. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 36–45. https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.5

Ardita, I. K., & Suryawan, I. B. (2019). Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Sanggar Seni Yasa Putra Sedana di Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(2), 332–338. DOI: https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2019.v07.i02.p18

Arjana, I. G. B. (2021). Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Bachry, B., Putra, M. R. T., & Yuliawati, D. (2020). Sistem Informasi Penyewaan Guest House Berbasis Android. TEKNIKA, 14(1), 81–93. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/teknika/article/view/2112/1138.

Bhuana, I. M. P. S., Runa, I. W., Kurniawan, A., & Parwata, I. W. (2022). Konsep Pengembangan Desa Tegallalang Sebagai Kawasan Wisata Heritage di Gianyar. Community Service Journal (CSJ), 5(1), 41–49. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/article/view/5993/4054.

Dewi, I. G. A. M., Suwintari, I. G. A. E., Tunjungsari, K. R., Semara, I. M. T., & Mahendra, I. W. E. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Promosi Destinasi Perhelatan di Anjungan Batur Geopark, Bangli. Indonesian Journal Of Community Service, 1(2), 223–230. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/60/32.

Hakim, M. A. (2022). Strategi Pentahelix Pada Perencanaan Pariwisata di Desa Hegarmukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.31334/jd.v4i1.2561.g1174. DOI: https://doi.org/10.31334/jd.v4i1.2561

Hawaniar, M., & Suprihardjo, R. (2013). Kriteria pengembangan desa slopeng sebagai desa wisata di Kabupaten Sumenep. Jurnal Teknik ITS, 2(3), C245–C249. https://doi.org/10.12962/j23373539.v2i3.5129.

Kristiawan, I. W. W. Y., Kurniawan, A., & Putri, N. P. R. P. A. (2021). Fasilitas Penunjang Literasi Berbasis Creative Hub di Kecamatan Ubud Gianyar, Bali. Undagi: Jurnal Ilmiah Jurusan Arsitektur Universitas Warmadewa, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.22225/undagi.9.1.3482.11-20.

Lane, B., & Kastenholz, E. (2015). Rural tourism: the evolution of practice and research approaches–towards a new generation concept? Journal of Sustainable Tourism, 23(8–9), 1133–1156. https://doi.org/10.1080/09669582.2015.1083997. DOI: https://doi.org/10.1080/09669582.2015.1083997

Maita, I., & Adawiyah, A. (2017). Sistem Informasi Reservasi Online Pada Guest House Uin Suska Riau Berbasiskan Web. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 85–96. https://doi.org/10.24014/rmsi.v3i1.3627.

Octariana, V. (2021). Efektivitas Penerapan Chse (Clean, Health, Safety & Environment) Pada Hotel Katagori Bintang 3 (Tiga) Di Kota Depok. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 3(1), 22–35. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i01.159. DOI: https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i01.159

Oskam, J., & Boswijk, A. (2016). Airbnb: the future of networked hospitality businesses. Journal of Tourism Futures, 2(1), 22–42. https://doi.org/10.1108/JTF-11-2015-0048. DOI: https://doi.org/10.1108/JTF-11-2015-0048

Pantiyasa, I. W., & Semara, I. M. T. (2019). Percepatan Pengembangan Desa WIsata Berbasis Pendampingan Melalui Pelatihan Homestay dan Pramuwisata di Desa Paksebali. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1034–1040. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.421. DOI: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.421

Pantiyasa, I. W., & Semara, I. M. T. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendampingan Melalui Pelatihan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) Di Desa Wisata Kaba-Kaba, Tabanan, Bali. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.2

Pantiyasa, I Wayan. (2011). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Bedulu, Blah Batuh, Gianyar). Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jihm.v1i2.68. DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v1i2.68

Pantiyasa, I Wayan. (2013). Strategi Pengembangan Potensi Desa Menjadi Desa Wisata di Kabupaten Tabanan (Studi Kasus Desa Tegal Linggah, Penebel, Tabanan). Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 4(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jihm.v4i1.48. DOI: https://doi.org/10.22334/jihm.v4i1.48

Rahmafitria, F. (2019). Eco-resort dan green hotel di indonesia: model sarana akomodasi yang berkelanjutan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 11(2), 13–34. https://doi.org/10.17509/jurel.v11i2.2956.

Rianto, R., Prihantoro, K., Suhirwan, S., Santosa, A. I., Pramono, B., Saputro, G. E., & Prakoso, L. Y. (2021). Kebijakan Publik Desa Wisata Solusi Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mendukung Ekonomi Pertahanan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1441–1450. https://doi.org/10.47492/jip.v2i5.921.

Rosita, A. (2022). Pengukuran Kinerja Manajemen Melalui Analisis SWOT Untuk Keberlanjutan Usaha Studi Kasus Pada Sebuah Umkm di Jakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2599–2608. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1598. DOI: https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1598

Sahban, M. A. (2018). Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang (Vol. 1). Sah Media.

Sembiring, B. C., & Adikampana, I. M. (2019). Implikasi Erupsi Gunung Agung Terhadap Pertunjukan Seni Tari Tradisional Di Kelurahan Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 7(2), 326–331. DOI: https://doi.org/10.24843/JDEPAR.2019.v07.i02.p17

Simanjuntak, D. (2021). Intensitas Komunikasi dan Keberhasilan Pemberdayaan Masarakat Berbasis Pendampingan di Desa Wisata Selasari-Kabupaten Pangandaran. Tourism Scientific Journal, 7(1), 47–68. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.150. DOI: https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.150

Sudarmayasa, I. W., Nala, I. W. L., & Keliwar, S. (2020). Pelatihan Pengelolaan Pondok Wisata Bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebatik, 24(1), 51–58. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/903. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.903

Sumawidari, I. A. K. (2021). Tri Hita Karana Implementation in Accommodation Management (The Case of Traditional Balinese Homestays in Ubud). International Journal of Glocal Tourism, 2(3), 146–159. DOI: https://doi.org/10.58982/injogt.v2i3.70

Supriyadi, D., & Komara, E. (2020). Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata dan Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 2(2), 100–116. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/391/260.

Syarifuddin, D. (2022). Model Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ciburial. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 111–129. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2298.

Widyarini, W. (2020). Pemasaran Wisata Halal Di Indonesia Pasca Covid-19. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(1). https://doi.org/10.14421/azzarqa.v12i1.2184.

Yuniarti, E., Soekmadi, R., Arifin, H. S., & Noorachmat, B. P. (2018). Analisis Potensi Ekowisata Heart Of Borneo Di Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(1), 44–54. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.1.44-54. DOI: https://doi.org/10.29244/jpsl.8.1.44-54

Zemke, D. M. V., Neal, J., Shoemaker, S., & Kirsch, K. (2015). Hotel cleanliness: will guests pay for enhanced disinfection? International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(4), 690–710. https://doi.org/10.1108/IJCHM-01-2014-0020. DOI: https://doi.org/10.1108/IJCHM-01-2014-0020

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Darsana, I. M., Semara, I. M. T., & Wijaya, N. S. (2022). Pelatihan Pelayanan Kepada Kelompok Usaha Pondok Wisata di Desa Ubud Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 511–520. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54047