Pengelolaan Taman Pujaan Bangsa di Margarana Tabanan Bali

Authors

  • Anak Agung Putu Sugiantiningsih Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia
  • I Made Adiwidya Yowana Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia
  • I Made Yunita Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia
  • I Gede Putu Yasa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia
  • Moch.Noor Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia
  • I Gde Oka Saputra Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Wira Bhakti, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.54300

Keywords:

Taman Pujaan Bangsa, Pengelolaan, Pahlawan

Abstract

Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana yang merupakan sebuah monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang tragedi Puputan Margarana, di Desa Marga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Monumen ini seluas sembilan hektar, terbagi menjadi tiga bagian mengikuti konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Dibagian hulu (utara) dengan luas areal empat hektar, merupakan komplek bangunan suci yang disebut Taman Pujaan Bangsa, terdiri atas bangunan–bangunan seperti, Candi Pahlawan Margarana; berdiri megah setinggi 17 meter, dengan bentuk persegi lima. Disini terpahat secara berangkai isi surat Jawaban I Gusti Ngurah Rai (Pemimpin Dewan Pejuang Bali) kepada Overste Termeulen (Belanda), yang menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia umumnya dan masyarakat Bali khususnya.

References

Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Astiti, N. K. A. (2017). Mengoptimalkan Sumber Daya Arkeologi Sebagai Daya Tarik Wisata Untuk Ketahanan Budaya. Jurnal Penelitian Arkeologi Papua Dan Papua Barat, 8(2), 162–178. https://doi.org/10.24832/papua.v8i2.186. DOI: https://doi.org/10.24832/papua.v8i2.186

Ciptahadi, K. G. O., Saputra, I. P. N., & Hadi, R. (2022). Aplikasi Sejarah Pasukan Ciung Wanara Dalam Puputan Margarana Berbasis Multimedia. Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.52303/jb.v4i1.65. DOI: https://doi.org/10.52303/jb.v4i1.65

Gifari, A., Rispawati, R., & Yuliatin, Y. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Di Lingkungan Sekolah Islam (Studi Di Mts Al-Falah Pancor Dao Lombok Tengah). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 41–53. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95. DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95

Iriansyah, M. N., Sumadinata, W. S., & Djuyandi, Y. (2020). Pengaruh Sikap Nasionalisme Pemuda terhadap Keamanan di Kota Bandung (Studi pada Siswa SMUN 3 dan SMUN 5 Bandung). Jurnal Analisis Sosial Politik, 4(2), 86–95. https://doi.org/10.23960/jasp.v4i2.59. DOI: https://doi.org/10.23960/jasp.v4i2.59

Kohdrata, N., Suartika, G. A. M., Krisnandika, A. A. K., Yusiana, L. S., & Dharmadiatmika, I. M. A. (2019). The spectrum of city park service scope: case study of Lapangan Puputan Badung and Lapangan Puputan Margarana Denpasar-Bali. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 396(1), 012042. https://doi.org/10.1088/1755-1315/396/1/012042. DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/396/1/012042

Kristianingrat, I. G. A., & Kertih, I. W. (2019). Menggali Nilai-Nilai Kepahlawanan I Gusti Ngurah Rai sebagai Sumber Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 103–110. https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3336.

Ningrum, D. P. (2019). Seniman Jalanan Malioboro Sebagai DayaTarik Wisatawan Milenial ( Studi AISDALSLove pada akun @ nolkmkustik ). Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390.

Sugiharti, C., & Hariani, S. (2021). Dampak Akuntabilitas, Transparansi Dan Pengawasan Terhadap Pengelolaan Dana Desa. JRMB Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 11–18. DOI: https://doi.org/10.36407/jrmb.v6i1.315

Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, Dan Fasilitas Pariwisata Di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, 12(1), 41–54. DOI: https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v12i01.93

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304. DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Sugiantiningsih, A. A. P., I Made Adiwidya Yowana, I Made Yunita, I Gede Putu Yasa, Moch.Noor, & I Gde Oka Saputra. (2023). Pengelolaan Taman Pujaan Bangsa di Margarana Tabanan Bali. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 121–127. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.54300