Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada KKG Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Authors

  • Widya Karmila Sari Achmad Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muh. Irfan Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Unga Utami Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54376

Keywords:

Media, Big Book, Kurikulum Merdeka

Abstract

Salah satu upaya dalam menghadapi transformasi pendidikan adalah memanfaatkan media perbaikan yang tepat dan menarik sangat dibutuhkan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Salah satu media yang menarik dan dapat memotivasi siswa adalah media Big Book. Akan tetapi para guru di kelas awal belum pernah melihat atau bahkan mengembangkan sendiri media Big Book. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih mitra dalam Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book. Mitra kegiatan ini adalah KKG Gugus 22 Kec. Marioriwawo Kab. Soppeng.  Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan bentuk kegiatannya menggunakan metode Pelatihan. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa terbentuk KKG yang mampu membuat, mengembangkan media Big Book yang variatif dan inovatif. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan mengenai pemahaman guru terkait penguasaan kompetensi pendagogi guru dalam pembuatan dan penggunaan media Big Book dalam implementasi kurikulum merdeka.

Author Biographies

Widya Karmila Sari Achmad, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Prodi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Nur Abidah Idrus , Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Prodi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Muh. Irfan, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Prodi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Unga Utami, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

Prodi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Bissola, R., Imperatori, B., & Biffi, A. (2017). A rhizomatic learning process to create collective knowledge in entrepreneurship education: Open innovation and collaboration beyond boundaries. Management Learning, 48(2), 206–226. https://doi.org/10.1177/1350507616672735. DOI: https://doi.org/10.1177/1350507616672735

Brennan, N., & Mattick, K. (2013). A systematic review of educational interventions to change behaviour of prescribers in hospital settings, with a particular emphasis on new prescribers. British Journal of Clinical Pharmacology, 75(2), 359–372. https://doi.org/10.1111/j.1365-2125.2012.04397.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1365-2125.2012.04397.x

Cahyani, N. L. P., & Jayanta, I. N. L. (2021). Digital Literacy-Based Learning Video on the Topic of Natural Resources and Technology for Grade IV Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 538–548. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37918

Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book media. Journal of Education Technology, 4(2), 211–217. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876. DOI: https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Falloon, G. (2020). From digital literacy to digital competence: the teacher digital competency (TDC) framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334. DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Ghazali, S., Amin, M., Rahmawati, W. S. N., & Anecy, G. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141. DOI: https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141

Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). Implementasi sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 229–244. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695

Hamzah, M. R., & Mujiwati, Y. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive media for teaching vocabulary to lower class of young learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572. DOI: https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran Big Book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48–59. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594

Laily, E. K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan media Big Book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sdn rangkah 1 surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24559/22478.

Looi, C. K., & Wong, L. H. (2014). Implementing mobile learning curricula in schools: A programme of research from innovation to scaling. Journal of Educational Technology & Society, 17(2), 72–84. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.05.021. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.05.021

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60–78. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 57–72. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1355. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1348

Muliana, F. F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Media Miniatur Siswa Kelas IV SD Negeri Kesugihan Kidul 01 Tahun 2019. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(2), 66–70. https://doi.org/10.52802/pancar.v4i2.7.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Mulyawan, B. (2013). Pengaruh pengalaman dalam pelatihan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru. Media Komunikasi FPIPS, 11(1). https://doi.org/10.23887/mkfis.v11i1.453.

Octaviani, S., Sufianti, A. V., Azizah, H. F., Hapsari, W. S. P., & Maharani, W. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Big Book Pada Guru Sekolah Dasar di Kota Metro. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(2), 113–124. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21420. DOI: https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21420

Prasasti, T. I., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High SchoolHarapan Mekar-1 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 480–490. https://pdfs.semanticscholar.org/e896/6597c62bb97b0ea8c5bb2734b449091c0a98.pdf. DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Ramadhan, N., & Khairunnisa, K. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran Big Book subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3208.

Risnaini, E., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2020). Thematic-Based Big Book Learning Media as a Facility of Visual Learning Styles for Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 407–419. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27295. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.27295

Shamir, A., Korat, O., & Fellah, R. (2012). Promoting vocabulary, phonological awareness and concept about print among children at risk for learning disability: Can e-books help? Reading and Writing, 25(1), 45–69. https://doi.org/10.1007/s11145-010-9247-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s11145-010-9247-x

Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691. DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wallenborn, M. (2010). Vocational Education and Training and Human Capital Development: current practice and future options. European Journal of Education, 45(2), 181–198. https://doi.org/10.1111/j.1465-3435.2010.01424.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1465-3435.2010.01424.x

Wastuti, I. B., Febrianto, P. T., & Hanik, U. (2021). Development of Advisor Textbook Based on Rokat Tase’Local Wisdom for Class IV Elementary School. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 92–103. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v9i1.13638.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Achmad, W. K. S. ., Idrus , N. A. ., Irfan, M. ., & Utami, U. . (2022). Pembuatan dan Penggunaan Media Big Book dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada KKG Gugus 22 Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 396–402. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54376