Peningkatan Produktivitas Ibu-Ibu Janda dan Pensiunan Melalui Pelatihan Manajemen Pengetahuan Tacit dan Explicit

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.54751

Keywords:

knowledge management, tacit knowledge, explicit knowledge, knowledge sharing

Abstract

Desa Mojorejo Kecamatan Modo pada kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan jumlah perempuan berstatus janda dan purna tugas Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta. Status tersebut membawa dampak pada penurunan kualitas hidup seperti kesehatan fisik, perekonomian keluarga, maupun kesehatan psikis. Atas dasar permasalahan tersebut, diadakan kegiatan pelatihan manajemen pengetahuan tacit dan explicit yang mengoptimalkan pengelolaan ide, gagasan, wawasan, pengalaman, dan pengetahuan agar menjadi manfaat bagi lingkungan sekitar. Tujuan dari kegiatan ini antara lain (1) Memberikan pelatihan pengelolaan pengetahuan tacit ke explicit; (2) Memaksimalkan potensi diri baik bakat maupun minat dari ibu berstatus janda dan purna tugas dari PNS maupun swasta; (3) Mengkodifikasi pengetahuan masyarakat sasaran agar tidak musnah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pelatihan dan pembinaan secara intensif. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berupa pemahaman terkait pentingnya mengelola pengetahuan yang dimiliki, memberikan metode penyaluran pengetahuan melalui media konten digital berupa video, memberikan pemahaman terkait pembuatan konten video yang informatif dan kreatif, praktik pembuatan video secara individu, dan pelatihan mengunggah konten video melalui media sosial. Peserta sasaran mampu secara mandiri untuk menyebarkan pengetahuan explicit ke dalam media informasi digital sehingga dapat meningkaykan produktivitas ibu-ibu janda dan pensiunan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Masyarakat. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Ariyani, L. P., & Tantri, A. A. S. (2017). Penguatan Karakter Dan Preservasi Pengetahuan Melalui Pembacaan Prasasti: Studi Pembacaan Prasasti Dadia Arya Dalem Tarukan. Acarya Pustaka, 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12734. DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12734

Asni, A. (2018). Perempuan Kepala Keluarga Dan Pencari Nafkah Di Pasar Baruga Kota Kendari Dalam Perspektif Hukum Islam. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12(2), 67. https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.641. DOI: https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.641

Aspiyah, M., & Martono, S. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Pelatihan pada Produktivitas Kerja. Management Analysis Journal, 5(4), 339–346.

Dalkir, K. (2013). Knowledge Management in Theory and Practice. Knowledge Management in Theory and Practice. https://doi.org/10.4324/9780080547367. DOI: https://doi.org/10.4324/9780080547367

Edwards, D., Cheng, M., Wong, I. K. A., Zhang, J., & Wu, Q. (2017). Ambassadors of knowledge sharing: Co-produced travel information through tourist-local social media exchange. International Journal of Contemporary Hospitality Management. https://doi.org/10.1108/IJCHM-10-2015-0607. DOI: https://doi.org/10.1108/IJCHM-10-2015-0607

Fauzi, erwin rifal, & Widiastuti, N. (2018). Peran Lembaga Kursus Dan Pelatihan Menjahit Dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Padalarang. COMM_EDU, 1(2). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.494. DOI: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.494

Hendrawanto, T. (2016). Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi Lansia menghadapi Masa Pensiun. Jurnal PKS, 15(4), 349–356.

Husaini, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). JURNAL MIKROTIK, 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Leblebici. (2017). Impact Of Workplace Quality On Employee’s Productivity: Case Study Of A Bank In Turkey Demet Leblebici. Journal of Business, Economics & Finance, 1(1), 38–49.

Masrifah Cahyani, A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16. DOI: https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3667

Nisa, R. C., Astuti, E. S., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh Manajemen Talenta dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 141–148.

Prasetia, A. Y., Oktavian, A. R., Masnun, & Widoro. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Berbagi Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Pengetahuan Manajemen. MASTER : Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.132. DOI: https://doi.org/10.37366/master.v1i1.132

Primiani, C. N., Megananda, R. C., & Pujiati. (2022). Pemberdayaan Kelompok PKK Melalui Pelatihan Pembuatan Batik Jumputan Pewarna Alam sebagai Ciri Khas Desa Mojorejo Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(3), 410 – 419. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5538. DOI: https://doi.org/10.33394/jpu.v3i3.5538

Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530.

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575

Riza, F. V., & Ariani2, R. (2019). Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Excel pada Unit Up2k di Desa Galang Suka. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 373–377. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3637.

Saptya, R., Permana, M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2018). Strategi Promosi Pada Tahapan Pra-Produksi. Pro TVF, 2(2), 145–156. DOI: https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i2.20818

Siti Sarah, M., Winoto, Y., Padjadjaran, U., & Raya Jatinangor Sumedang, J. K. (2022). Perkembangan penelitian bidang manajemen pengetahuan di Indonesia berdasarkan perspektif bibliometrik dengan basis aplikasi VOSViewer. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 5(3), 1–19.

Sumardi, R., Suharyono, S., Elwisam, & Aldrianto, H. (2019). Evaluasi Implementasi Manajemen Pengetahuan Di Kator Pelayahan Pajak Pratama Jakarta. Populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.47313/pjsh.v4i1.596. DOI: https://doi.org/10.47313/ppl.v4i7.596

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., Thaariq, Z. Z. A., & Qolbi, M. S. U. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14. DOI: https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14

Usman, A., e Sudarma, M., Habbe, H., & Said, D. (2014). Effect of Competence Factor, Independence and Attitude against Professional Auditor Audit Quality Improve Performance in Inspectorate (Inspectorate Empirical Study in South Sulawesi Province). IOSR Journal of Business and Management, 16(1), 01–13. https://doi.org/10.9790/487x-16120113. DOI: https://doi.org/10.9790/487X-16120113

Wardhana, A. C., Nurhadryani, Y., & Wahjuni, S. (2020). Knowledge Management System Berbasis Web tentang Budidaya Hidroponik untuk Mendukung Smart Society. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 619. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020732200. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2020732200

Wulandari, P. D., & Lestari, M. D. (2018). Pengaruh penerimaan Diri pada kondisi pensiun dan dukungan sosial terhadap kecemasan menghadapi masa pensiun pada pegawai negeri sipil di Kabupaten Badung. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 87–99.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Tri Atmi, R., Mutia, F., Yuadi, I., Srimulyo, K., Kartika Sari, D., & Nur Muhammad, R. (2023). Peningkatan Produktivitas Ibu-Ibu Janda dan Pensiunan Melalui Pelatihan Manajemen Pengetahuan Tacit dan Explicit. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 91–102. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.54751