Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD dan SMP

Authors

  • Sadrack Luden Pagiling Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Yonarlianto Tembang Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Minuk Riyana Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • I Ketut Sardiana Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • Ni Luh Ramaswati Purnawan Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • Ni Wayan Siti Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.55607

Keywords:

Artikel Ilmiah, Guru SD dan SMP, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD dan SMP yang masih minim dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mempublikasikan artikel ilmiah menyebabkan kesulitan untuk mengurus kenaikan pangkat. Oleh karena itu,  pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan PTK dan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD dan SMP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode pelatihan, diskusi, dan demonstrasi. Pelatihan ini melibatkan 13 guru-guru SD dan SMP yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Tim pelaksana pengabdian ini melakukan evaluasi untuk mengetahui pemahaman guru dengan cara menyebar angket melalui googleform untuk mengetahui pemahaman guru terkait PTK serta teknik penulisan artikel ilmiah yang baik. Hasil pelatihan mendemonstrasikan bahwa 13 guru memiliki pemahaman yang baik terkait dengan pengetahuan PTK dan penulisan artikel melalui pelatihan dan pendampingan dengan skor penilaian di tingkat persetujuan antara 6 dan 7. Selanjutnya, 10 guru berhasil menulis artikel hasil PTK yang selanjutnya didampingi untuk melakukan submit artikel di jurnal nasional. Pelatihan ini disimpulkan berhasil karena mampu memberikan pengetahuan yang berharga bagi guru-guru SD dan SMP dalam melaksanakan PTK dan menulis artikel ilmiah.

References

Asmani, J. M. M. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Diva Press.

Astawan, I. G., Arini, N. W., & Japa, I. G. N. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SD Gugus VII Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 116–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.17400.

Avci, B. (2020). Collaborative learning within critical mathematics education. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.20414/betajtm.v13i1.366.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.

Bendtsen, M., Eklund, G., Forsman, L., & Pörn, M. (2021). Student teachers’ experiences of action research-based projects: two cases within pre-service teacher education in Finland. Educational Action Research, 29(5), 707–721. https://doi.org/10.1080/09650792.2019.1684969.

Coles, A., & Brown, L. (2021). Differentiation from an Advanced Standpoint: Outcomes of Mathematics Teachers’ Action Research Studies Aimed at Raising Attainment. Mathematics Teacher Education & Development, 23(3), 166–181.

Dewi, N. R., Yuliza, E., Faruk, A., & Eliyati, N. (2019). Pendampingan Merancang Penelitian Tindakan Kelas Dan Penulisan Publikasi Kepada Guru-Guru Sd Di Desa Sakatiga. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 367–372. https://doi.org/10.12928/jp.v3i3.1270.

Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2018). Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa Melalui Analisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Elpsa Dan Implementasinya Di Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55–72. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6326.55-72.

Fredricks, J. A., Filsecker, M., & Lawson, M. A. (2016). Student engagement, Context, And adjustment: Addressing definitional, Measurement, And methodological issues. Learning and Instruction, 43, 1–4. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.02.002.

Helliwell, T., & Ng, O. L. (2022). Imagining possibilities: innovating mathematics (teacher) education for sustainable futures. Research in Mathematics Education, 24(2), 128–149. https://doi.org/10.1080/14794802.2022.2079553.

Karim, A., Suhendri, H., & Nurrahmah, A. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah SMA Perjuangan Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 63–69. https://doi.org/10.25273/jta.v6i1.7570.

Kasari, G., & Meaney, T. (2023). Research in Mathematics Education Developing an analytical tool for radical socially- just teacher educator action research about language diverse mathematics classrooms. Research in Mathematics Education, 0(0), 1–19. https://doi.org/10.1080/14794802.2022.2150675.

Kemmis, Stephen, McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner : Doing Critical Participatory Action Research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2.

Kidwai, H., Iyengar, R., Witenstein, M. A., Byker, E. J., & Setty, R. (2017). Participatory Action Research and Educational Development : South Asian Perspectives. Palgrave Macmillan Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-48905-6.

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital Dengan Menggunakan Desmos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 192–199.

Lasthein, K., Aggerholm, K., & Jensen, J. (2020). Enactive movement integration : Results from an action research project. Teaching and Teacher Education, 95, 103139. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103139.

Liu, K. (2015). Critical reflection as a framework for transformative learning in teacher education. Educational Review, 67(2), 135–157. https://doi.org/10.1080/00131911.2013.839546.

Marheny, L., Primiani, C. N., Pinkan, A. T. P., Handhika, J., Murtafi’ah, W., Khoiroyil, S. Z., & Khasanah, U. Q. (2022). Teacher Professionalism Development: Scientific Writing Training for Teachers in Madiun. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 193–202. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48564.

Mostofo, J., & Zambo, R. (2015). Improving instruction in the mathematics methods classroom through action research. Educational Action Research, 23(4), 497–513. https://doi.org/10.1080/09650792.2015.1019903.

Nur’aini, K. D., & Pagiling, S. L. (2020). Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Ditinjau Dari Segi Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1036. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3171.

Pagiling, S. L., & Munfarikhatin, A. (2020). Bagaimana Konsepsi Guru Sekolah Menengah Pertama Tentang Representasi Dalam Pembelajaran Matematika? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1005. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3199.

Putri, R. I. I., Zulkardi, Inderawati, R., & Kurniadi, E. (2023). Pelatihan Guru Profesional “ Merdeka Belajar ” Melalui Collaborative Learning bagi Guru Sekolah Menengah di Kota Pagaralam. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.13317.

Rachmawati, I., & Widayani, A. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 510–522. https://doi.org/10.30653/002.202272.77.

Rizal, S., Hendrawati, S., Afifah, S. N., & Qiptiyah, T. M. (2020). Pendampingan komunitas sekolah melalui upaya pemanfaatan lahan tidur sebagai media dan sumber belajar berbasis lingkungan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 386–401. http://engagement.fkdp.or.id/index.php/engagement/article/view/459.

Scott, A., Clarkson, P., & Mcdonough, A. (2012). Professional learning and action research : Early career teachers reflect on their practice. Mathematics Education Research Journal, 24, 129–151. https://doi.org/10.1007/s13394-012-0035-6.

Setiawan, Y. E., & Ayuningtyas, T. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Tentang Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4), 447–455. https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4.38719.

Situmorang, M., Panjaitan, A. M., Ritonga, W., Pujiastuti, S., & Oktora, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah melalui Ketrampilan Mengubah Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menjadi Artikel Ilmiah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 91–97. https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.43275.

Skilling, K., Bobis, J., Martin, A. J., Anderson, J., & Way, J. (2016). What secondary teachers think and do about student engagement in mathematics. Mathematics Education Research Journal, 28(4), 545–566. https://doi.org/10.1007/s13394-016-0179-x.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47–58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58.

Sumarsono, A., & Syamsudin. (2019). Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Melalui Metode Pelatihan, Penerapan Dan Pendampingan Bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur Di Kabupaten Merauke. Sarwahita, 16(02), 146–155. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06.

Susilana, R., Hernawan, A. H., Hadiapurwa, A., Syafitri, N. K., Halimah, L., & Nugraha, H. (2023). Pembinaan Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Best Practices Program Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 13–18.

Syahmani, S., Rusmansyah, R., Winarti, A., & Almubarak, A. (2020). Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran dan Pembelajaran di SMA Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 163. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5615.

Taqwa, M., Razak, F., & Mahmud, A. (2021). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Teknologi Open Journal System dan Penggunaan Software R pada MGMP Matematika SMP. Jurnal SOLMA, 10(3), 431–439. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7574.

Tembang, Y., Palobo, M., Hermansyah, A. K., & Prihandoko, L. A. (2019). Improving science learning outcomes in material changes in natural appearance. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012240.

Wardani, W., Karsiwan, K., Purwasih, A., Lisdiana, A., & Hammer, W. (2019). Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 323. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1762.

Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117.

Wright, D. E. (2015). Active learning: Social justice education and participatory action research. In Active Learning: Social Justice Education and Participatory Action Research. https://doi.org/10.4324/9781315743141.

Wright, P. (2021). Transforming mathematics classroom practice through participatory action research. Journal of Mathematics Teacher Education, 24(2), 155–177. https://doi.org/10.1007/s10857-019-09452-1

Yin, X., & Buck, G. A. (2019). Using a collaborative action research approach to negotiate an understanding of formative assessment in an era of accountability testing. Teaching and Teacher Education, 80, 27–38. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.12.018.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Pagiling, S. L. ., Tembang, Y. ., Rahayu, D. . P. ., Riyana, M. ., Sardiana, I. K. ., Purnawan, N. L. R. ., & Siti, N. W. . (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD dan SMP. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 178–184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.55607

Issue

Section

Articles