Implementasi Tanggap Wilayah dalam Mitigasi Bencana Gunung Api di Sekolah Dasar

Authors

  • Mukhlis Mustofa Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Oktiana Handini Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60106

Keywords:

Erupsi, Mitigasi, Sadar Bencana

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakang fenomena sekolah di wilayah Selo yang belum melaksanakan pembelajaran berbasis mitigasi bencana erupsi merapi pada wilayah Jrakah yang dekat dengan puncak merapi. Tujuan pengabdian ini adalah pembentukan budaya sadar dan selamat bencana sejak dini melalui pendidikan kebencanaan, antara lain dengan pembelajaran mitigasi bencana. Mitra pengabidn ini adalah SD. Metode pengabdian ini dilakukan dengan sosialisasi pentingnya pendidikan kebencanaan dala mmenghadapi risiko bencana alam dan bahaya yang dapat mengancam, harus dimulai dalam pendidikan sejak awal, dan dilakukan secara berkelanjutan. Kesiapsiagaan berarti siswa harus peduli terhadap kondisi lingkungan sekitarnya yang berpotensi bencana alam. Untuk mencapai tujuan pembelajaran mitigasi bencana alam maka para guru tidak hanya diharapkan mengembangkan aspek kognitif, tetapi juga harus mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik siswa. Pembekalan pembelajaran berbasis mitigasi bencana erupsi menjadi konsekuensi dalam penyiapan generasi tanggap bencana sejak awal mula. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan pengabdian ini dapat memberikan pemahaman tentang Memberikan dasar ilmiah bagi guru Sekolah Dasar dalam memahami hakikat pendidikan mitigasi bencana di Sekolah Dasar.

References

Aliim Hidayat, R., & Wijayanto, Z. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Sosial Humanistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2), 655–669. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11115. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11115

Efendi, N. dkk. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Dharma PGSD, 1(2), 57–64. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/193.

Fahrurazi, F., & Imron Rosadi, K. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Model Sistem Pendidikan Islam: Jenis Kesisteman, Konstruksi Kesisteman, Berpikir Kesisteman. JMPIS, 2(1), 18–30. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.411. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.411

Harlina, H., Ramlawati, R., & Rusli, M. A. (2020). Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas Ix Di Smpn 3 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 3(2), 96–107. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320. DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320

Hindasah, I., Maskur, M., Risnandah, Y., & Halimah, E. T. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Seesaw untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Edutech, 19(3), 263–278. https://doi.org/10.17509/e.v19i3.28703.g16283.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Kadek Suartama, I., Usman, M., Triwahyuni, E., Subiyantoro, S., Abbas, S., Umar, Hastuti, W. D., & Salehudin, M. (2020). Development of E-learning oriented inquiry learning based on character education in multimedia course. EJER , 9(4), 1591–1603. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1591. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1591

Ninla Elmawati Falabiba, Anggaran, W., Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A., Wiyono, B. ., Ninla Elmawati Falabiba, Zhang, Y. J., Li, Y., & Chen, X. (2014). Buku Ajar Assessment. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 5, Issue 2).

Nugroho, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Dasar Lereng Gunung Slamet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 131–137. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i2.413. DOI: https://doi.org/10.36341/jpm.v1i2.413

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519.

Rahiem, M. D., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambarr. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rahiem, M., & Husna, K. (2020). Buku Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Bagi Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 54–67. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3974

Ramadiani, Azainil, Haryaka, U., Agus, F., & Kridalaksana, A. H. (2017). User Satisfaction Model for e-Learning Using Smartphone. Procedia Computer Science, 116, 373–380. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.070. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.10.070

Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/641. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.641

Risqiyah, U. N., & Mulianingsih, F. (2022). Pengaruh Media Vlog (Video Blogging) Mitigasi Bencana Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ips Smp N 02 Randudongkal Pemalang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 39–42. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.56239. DOI: https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.56239

Rusmayanti, A., Muti’ah, A., & Husniah, F. (2017). Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, Vol. II (2(2), 510–518.

Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 110. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310

Utaminingsih, R., & Riwanto, M. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran Instad terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Wonopeti Kulon Progo. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 53–64. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12117.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2015). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13–18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Mustofa, M. ., & Handini, O. . (2023). Implementasi Tanggap Wilayah dalam Mitigasi Bencana Gunung Api di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 151–154. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60106

Issue

Section

Articles