Pengenalan dan Pelatihan Robot Lego pada Siswa Sekolah Menegah Pertama Sebagai Implementasi Pembelajaran STEM di Sekolah

Authors

  • Yandhika Surya Akbar Gumilang Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Abdul Rozaq Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Elta Sonalitha Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Abd Rabi Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Andrijani Sumarahinsih Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Krisdianto Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia
  • Moch. Aditya Rizky Fahreza Universitas Merdeka Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60811

Keywords:

Pelatihan, Robotika, Robot lego, STEM

Abstract

Pembelajaran STEM di Indonesia masih perlu perhatian. Pendidikan STEM dapat meningkatkan kongnitif, afektif dan psikomotorik siswa. Salah satu hal yang dapat meningkatkan pembelajaran STEM adalah melalui Pelatihan robot lego. Penelitian ini akan membahas implementasi pembelajaran STEM melalui pengenalan dan pelatihan robot lego. Pelatihan ini diadakan di SMP Bani Hasyim Kabupaten Malang. Pelatihan ini juga selaras dengan visi misi SMP Bani Hasyim yang menganut sistem pembelajaran inovatif dan kreatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif melalui wawancara siswa-siswi dan guru sebelum dan sesudah pelatihan. Dilakukan FGD dengan guru dari SMP Bani Hasyim sebelum pelatihan berlangsung, agar dapat membuat media pembelajaran yang sesuai dengan levelnya. Peserta pelatihan berjumlah 22 siswa-siswi. Pada pelatihan terdapat 2 kegiatan yaitu pemamparan materi dan praktik langsung. Peserta dibagi 2 kelompok. Dalam merakit robot lego para peserta diberi sebuah misi yang harus dikerjakan. Para peserta berhasil menjalankan misi yang diberikan. Setelah pelatihan ini dilakukan pemahaman siswa terhadap teknologi dan robot meningkat. 80% peserta ingin mendalami robotika lebih lanjut. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini menarik minat siswa-siswi SMP Bani hasyim, namun perlu adanya kegiatan serupa secara berkelanjutan.

References

Arís, N., & Orcos, L. (2019). Educational Robotics in the Stage of Secondary Education: Empirical Study on Motivation and STEM Skills. Education Sciences, 9(2), 73. https://doi.org/10.3390/educsci9020073. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9020073

Athanasiou, L., Mikropoulos, T. A., & Mavridis, D. (2019). Robotics Interventions for Improving Educational Outcomes - A Meta-analysis. International Conference on Technology and Innovation in Learning, Teaching and Education, 91–102. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20954-4_7. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-20954-4_7

Budiyanto, C. W., Amri, S., Yuana, R. A., Widiastuti, I., & Harjunowibowo, D. (2022). Integrasi Computational Thinking Menggunakan Lego Robotika Pada Pembelajaran Pemrograman. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483. DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66483

Chairulli, M., & Rahmi, Y. L. (2022). Capaian Literasi STEM Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 143–148. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47005. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47005

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Sci ence, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 1 1-22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Faridawati, F. F., Minarto, E., Istiana Wati, I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik Untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Spekta (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 85. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826. DOI: https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826

Febtriko, A. (2017). Sistem Kontrol Perternakan Ikan Dengan Menggunakan Mikrokontroller Berbasis Android. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 2(1), 140–149. https://doi.org/10.36341/rabit.v2i1.148. DOI: https://doi.org/10.36341/rabit.v2i1.148

Grahito Wicaksono, A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan STEAM dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98

Hanif, Q., Budiyanto, C. W., & Yuana, R. A. (2021). Abstract Thinking Skills of High School Students in STEM Learning: Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 1808(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012019. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012019

Hozairi, H., & Kurdianto, A. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Siswa Sma/Ma Bidang Sains Dan Teknologi Melalui Pelatihan Robotika Berbasis Mikrokontroller. Community Development Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33086/cdj.v3i1.930. DOI: https://doi.org/10.33086/cdj.v3i1.930

Latip, A. (2020a). Minat Belajar Peserta Didik SMP pada Pembelajaran STEM dengan Media Robot Edukasi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 90–96. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.353. DOI: https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i02.353

Latip, A. (2020b). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108 – 116. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Ling, L., & Yashin, R. M. (2022). Persepsi Guru Luar Bandar Terhadap Penerapan Design Thinking Dalam Pendidikan STEM. Jurnal Dunia Pendidikan. https://doi.org/10.55057/jdpd.2022.4.1.39. DOI: https://doi.org/10.55057/jdpd.2022.4.1.39

Masril, M., Ambiyar, A., Jalinus, N., Ridwan, R., & Hendrik, B. (2021). Robotic Education in 21st Century: Teacher Acceptance of Lego Mindstorms as Powerful Educational Tools. Intenational Journal of Advence Computer Science and Applications, 12(2), 119–126. DOI: https://doi.org/10.14569/IJACSA.2021.0120216

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Niloy, M. A. K., Shama, A., Chakrabortty, R. K., Ryan, M. J., Badal, F. R., Tasneem, Z., … Saha, D. K. (2021). Critical Design and Control Issues of Indoor Autonomous Mobile Robots: A Review. IEEE Access, (9), 35338–35370. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3062557. DOI: https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3062557

Oktaviani, A., Anom, K., & Lesmini, dan B. (2020). Pengembangan Modul Kimia t erintegrasi STEM ( Science, Technology, Engineeri ng and Mathematics ) dan PBL ( Problem - Based Learning ). Journal of Educational Chemistry, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2. 2 . 6 279. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279

Paramita, A., Dasna, I. W., & Yahmin, Y. (2019). Kajian Pustaka: Integrasi Stem Untuk Keterampilan Argumentasi Dalam Pembelajaran Sains. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(2), 92–99. https://doi.org/10.17977/um026v4i22019p092. DOI: https://doi.org/10.17977/um026v4i22019p092

Ruiz, F., Zapatera, A., Montés, N., & Rosillo-Guerrero, N. (2019). From Stem To Steam Using Lego Mindstorms In Learning Projects Obtained From Lomce. In Conference: 13th International Technology, Education and Development Conference (pp. 5592–5598.). https://doi.org/10.21125/inted.2019.1374. DOI: https://doi.org/10.21125/inted.2019.1374

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis Stem Dalam Kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.797. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.797

Setyowati, L., & Nasir Ahmad, D. (2021). Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–122. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.205. DOI: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.205

Tjahyanti, L. P. A. S., Adiarta, A., & Santo Gitakarma, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif Siswa TKJ SMK Negeri 2 Seririt Melalui Pelatihan Robot Bioloid. WIDYA LAKSANA, 8(1), 79–84.

Wijokongko, W. (2019). STEM Learning in Queensland Australia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 95–102. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.87. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.87

Zamora-Hernandez, I., Rodriguez-Paz, M. X., & Gonzalez-Mendivil, J. A. (2021). A Simple but Effective Gamification Methodology Based on Lego Type Models for the Attraction of More Students into STEM Programs in Developing Nations. In Proceedings of the 13th International Conference on Education Technology and Computers (pp. 147–153.). https://doi.org/10.1145/3498765.3498788. DOI: https://doi.org/10.1145/3498765.3498788

Zhang, M., & Wan, Y. (2020). Improving learning experiences using LEGO Mindstorms EV3 robots in control systems course. The International Journal of Electrical Engineering & Education, 0020720920. https://doi.org/10.1177/0020720920965873. DOI: https://doi.org/10.1177/0020720920965873

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Gumilang, Y. S. A. ., Rozaq, A., Sonalitha, E., Rabi, A., Sumarahinsih, A., Krisdianto, & Fahreza, M. A. R. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Robot Lego pada Siswa Sekolah Menegah Pertama Sebagai Implementasi Pembelajaran STEM di Sekolah. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.60811

Issue

Section

Articles