Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Media dan Sumber Belajar pada Komunitas Guru Pecinta Alam (GURILA)

Authors

  • Widya Karmila Sari Achmad Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Nur Abidah Idrus Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Muh. Irfan Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Unga Utami Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i1.75907

Keywords:

Lingkungan Alam, Media Pembelajaran, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi lingkungan alam yang belum dimaksimalkan pemanfaatannya sebagai media dan sumber belajar. Tujuan utama dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait pemanfaatan lingkungan alam sebagai media dan sumber belajar pada komunitas Guru Pencinta Alam (Gurila). Metode yang digunakan pada program pengabdian ini meliputi dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan dimulai dari observasi awal dan studi pendahuluan lokasi pengabdian pelatihan. Pada tahap pelaksanaan meliputi orientasi dan observasi; workshop, praktik pemanfaatan lingkungan alam, implementasi pemanfaatan lingkungan alam, dan  evaluasi dan refleksi. Subjek yang terlibat dalam program pengabdian ini adalah komunitas Gurila, serta tim pengabdian. Hasil utama dari program ini adalah peningkatan signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan terkait pemanfaatan lingkungan alam sebagai media dan sumber belajar pada komunitas Gurila. Program ini juga menciptakan pengetahuan dan pengalaman baru bagi para anggota komunitas agar dapat saling berbagi kepada guru-guru lain yang tidak tergabung pada komunitas Gurila. Program ini berkontribusi pada upaya peningkatan kualitas belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa, serta memberikan contoh sinergitas kemitraan antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal dapat memberikan dampak positif dalam kemajuan pendidikan di berbagai daerah.

References

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Anom, I. D. K., & Lombok, J. Z. (2020). Karakterisasi Asap Cair Hasil Pirolisis Sampah Kantong Plastik sebagai Bahan Bakar Bensin. Fullerene Journ. Of Chem, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.37033/fjc.v5i2.206. DOI: https://doi.org/10.37033/fjc.v5i2.206

Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1). https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.53620/pay.v1i1.14

Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 157–174. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 90–98. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279.

Ifrianti, S., & Emilia, Y. (2016). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Min 10 Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1186.

Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294–301. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756

Irmeilyana, I., Ngudiantoro, Affandi, A. K., Setiawan, A., & Windusari, Y. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Matematika, Ipa, Dan Seni Bagi Pendidikan Dan Pengembangan Kreatifitas Anak Di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1578. DOI: https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1578

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Memet, M. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui In House Training. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 318–322. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28991. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28991

Mutiara. (2021). Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA di MI/SD. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.380. DOI: https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v4i2.380

Ningsih, M. P., Maulani, C. Y., Setyadi, T., & Arum, D. P. (2022). Potensi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2825–2833. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5925.

Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 272–281. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.570. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.570

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Oktariyanti, D., Friman, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIM Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS : Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 1(1). https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025. DOI: https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025

Rizal, Syaiful, Afifah, S. N., Hendrawati, S., & Qiptiyah, T. M. (2020). Pendampingan Komunitas Sekolah Melalui Upaya Pemanfaatan Lahan Tidur sebagai Media dan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.459. DOI: https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.459

Rizal, Syamsur, & Meidawaty, S. (2020). Membangun Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Mi Melalui Literasi Sains. 380 Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 378–387.

Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346

Sari, M., Dafrita, I. E., Trisianawati, E., Nawawi, Herditiya, Manisa, T., & Nurmayanti, N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Pembuatan Bioplastik Resin Sebagai Wujud Kreativitas Berwawasan Lingkungan Pada Siswa Sma. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 1001–1008. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.869. DOI: https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.869

Sinsuw, A. A. E., & Sambul, A. M. (2017). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru-guru SMP. , 6(3), . https://doi. org/. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(3), 105–110. https://doi.org/10.35793/jtek.6.3.2017.18070.

Siti, N., & Arisona, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Film Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Materi Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Asanka, 1(2), 127 – 136. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2275. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2275

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery learning Berbasis Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450

Syukur, A., & Fallo, Y. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5365. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5365

Warwey, N., & Santoso, G. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran PAI Kelas IV SD Inpres 27 Kabupaten Sorong. J.P.T. : Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 86–94. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.595.

Yudaparmita, G. N. A., Wahjoedi, & Swadesi, I. K. I. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Insersi Nilai-Nilai Tri Hita Karana. Jayaoangus Press Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(1), 25–38. Retrieved from https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/article/view/1206.

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 143–148. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088. DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088

Zakariya, M. A., Arif, M., & Rosadi, M. M. (2020). Analisis Pengaruh Variasi Bahan Bakar terhadap Uji Efektivitas Kompor Biomassa. ARMATUR: Artikel Teknik Mesin Dan Manufaktur, 1(2), 55–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/armatur.v1i2.310. DOI: https://doi.org/10.24127/armatur.v1i2.310

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Widya Karmila Sari Achmad, Nur Abidah Idrus, Muh. Irfan, & Unga Utami. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Media dan Sumber Belajar pada Komunitas Guru Pecinta Alam (GURILA). International Journal of Community Service Learning, 8(1), 70–78. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i1.75907

Issue

Section

Articles