Pelatihan Pembuatan Mainan Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kader Posyandu dalam Stimulasi Perkembangan Balita
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i2.76911Keywords:
Kader Posyandu, Permainan Edukasi, Posyandu Balita, Tumbuh Kembang AnakAbstract
Proses tumbuh kembang anak pada periode emas akan sangat menentukan fase tumbuh kembang anak selanjutnya. Deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak perlu dilakukan secara berkala sebagai upaya untuk mengoptimalkan perkembangan dan mencegah masalah terkait yang dapat muncul pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada mitra untuk meningkatkan keterampilan pembuatan mainan edukasi anak berbahan sederhana dan memberikan pengetahuan mengenai peranan mainan edukasi dalam stimulasi perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pendekatan survey kepada masyarakat. Penelitian ini melibatkan subjek sebanyak 15 orang anak. Metode pelaksanaan PKM meliputi sosialisasi dan diskusi menggunakan Focus Group Discussion (FGD) untuk menentukan permasalahan di masyarakat. Adapun instrumen yang digunakan adalah panduang FGD. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan keterampilan mitra dalam pembuatan mainan edukasi untuk stimulasi perkembangan anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, pelatihan pembuatan mainan edukasi anak dapat meningkatkan kemampuan peserta untuk berkreasi dalam membuat mainan edukasi anak berbahan sederhana Penelitian ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan bagi kader posyandu terkait pembuatan mainan edukatif untuk stimulasi tumbuh kembang balita. Permainan edukatif sangat bermanfaat dalam proses perkembangan anak.
References
Adhitya, I. P. G. S., Winaya, I. M. N., Saraswati, P. A. S., Thanaya, S. A. P., Suputri, N. W. B. M., Wijaya, G. W. P., & Kurniawati, I. (2023). Poltekita. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Pemeriksaan Lutut Dan Sosialisasi Latihan Kekuatan Dan Stabilitas Lutut Untuk Mencegah Cedera ACL Dan Osteoarthritis. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 957–967. https://doi.org/10.33860/pjpm.v4i4.3032.
Adriana, D. (2020). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Salemba Medika.
Amirah, A., Nasution, Z., & Tambunan, R. D. T. A. (2021). Analysis of The Relationship Factors of Posyandu Cadres Activity with The Trend of Visiting Toddlers At Health Centre. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.30604/jika.v6i2.687.
Avisha, F., Susilowati, E., & Hudaya, I. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Balita : Scoping Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI, 6(12), 2381–2389. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i12.4111.
Damayanti, P. D., Yusuf Muslihin, H., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 443–455. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun.
Fitriana, D. (2023). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (APE. JCE (Journal of Childhood Education, 5(2), 580–589. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726.
Fridolin, A., Huda, S., & Suryoputro, A. (2021). Determinan Perilaku terhadap Keaktifan Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia. Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12, 263. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1028.
Handayani, G. L., & Abbasiah. (2020). Hubungan Stimulasi Bermain, Faktor Keluarga dan Faktor Anak dengan Perkembangan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Aur Duri Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 1003–1007. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1091.
Harsono, H., Rinayati, R., Iswandari, H. D., & Retnaningrum, O. T. D. (2023). Educational Knowledge: Games to stimulate growth in children among mothers of toddlers. Malahayati International Journal of Nursing and Health Science, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.33024/minh.v6i2.10374.
Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dari Botol Plastik dan Koran Bekas untuk Meningkatkan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 56–79. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.
Informasi, S. (2023). Sistem Informasi Desa Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Prov. https://www.baturtengah.desa.id/.
Isnaningsih, A., Handayani, I. N., Hermawan, R., Fitri, A. W., Hambali, H., Hasanah, U., Ramdani, L. A., Hidayah, N., Peruminingsih, A. R., & Amelia, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Barang Bekas untuk Mengurangi Sampah Bagi Guru Raudlatul Athfal. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–34. https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/abdibaraya/article/view/510.
Khaidir, M. A., Kosilah, S. S., Kistian, A., Dafiq, N., Saputra, M., & Kholik, N. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. In Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Kristina, M., Sari, R. N., Pringsewu, S., & Pringsewu, S. (2021). Pengaruh edukasi stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. JDER Journal of Dehasen Education Review, 2(1), 1–5. http://jurnal.unived.ac.id.
Kuswanti, I., Rochmawati, L., & Rahmawati, L. (2022). Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Anak Umur 1-3 Tahun di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Indonesia Sehat, 1(2), 184–189. https://jurnal.samodrailmu.org/index.php/jurinse/article/view/57.
Lisa, M., Mustika, A., Siti Lathifah, N., Kebidanan, J., & Malahayati Lampung, U. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun Educational Game Equipment Promotes Fine Motoric Development in Children 4-6 Years. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125–132. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK.
Mashuri, H., Mappaompo, M. A., A, P., Rahman, T., Saparia, A., & Juhanis, J. (2022). Pengaruh Permainan Gerak Dasar dengan Circuit Training terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6583–6593. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2213.
Mediastuti, F., Pratiwi, K., Fitriana, Y., Mothers, A. T., In, T., Healthy, C., In, S. T., & Village, T. (2023). Pendampingan Pada Ibu dengan Balita dalam mewujudkan Balita Sehat dan Cerdas di Desa Timbulharjo. Jurnal Masyarakat Berdaya Dan Bermitra (Matra), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.36307/matra.v2i1.257.
Megawati, G., & Wiramihardja, S. (2019). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dalam Mendeteksi dan Mencegah Stunting. Dharmakarya, 8(3), 154. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i3.20726.
Merta, I. G. C. S., Dewi, A. A. A. S., Asih, N. P. P. A., Putri, N. P. E. W., Mahesa, I. G. A. W., Wijaya, I. P. E. D., Indrautama, P. A. M., Suandana, N., Putra, M. W. P., Saputra, A. A. G. A., Helmawan, I. K. D., Putera, A. A. G. A. P., & Utami, N. W. (2024). Inovasi Digital Sebagai Akselerasi Promosi Wisata Budaya dan Efektivitas Pelayanan Desa Batur Tengah Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1332–1343. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8541.
Mokodompit, H. K. N., Gonibala, A. P., Paputungan, L., Katili, N. C., Batadi, D. R., Mamonto, C., Limo, F. A. Z., & Komagian, N. L. V. (2024). Baby Gym Melatih Motorik Bayi Dari Usia 3-12 Bulan Di Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 35–41. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2325.
Nurbaya, N., Haji Saeni, R., & Irwan, Z. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu Melalui Kegiatan Edukasi dan Simulasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 678. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6579.
Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422.
Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, M., & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 8(02), 153–163. https://doi.org/10.21009/jkkp.082.04.
Rahmawati, N. D., & Dewi Sartika, R. A. (2020). Cadres’ role in Posyandu revitalization as stunting early detection in Babakan Madang Sub-District, Bogor District. ASEAN Journal of Community Engagement, 4(2). https://doi.org/10.7454/ajce.v4i2.1055.
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293.
Ramadia, A., Sundari, W., Permanasari, I., & Pardede, J. A. (2021). Pengetahuan Orangtua tentang Stimulasi Perkembangan Anak Berhubungan dengan Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Todler. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ, 9(1), 1–10. https://www.researchgate.net/profile/Jek-Amidos/publication/348817680.
Riyanto, H., & Islamiyati. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan Kader Posyandu Dalam Stimulasi Intervensi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro. JPM Bantenese, 3(1), 28–41. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i1.3428.
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (n.d.). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 326, 431–435. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75.
Syahailatua, J., & Kartini. (2019). Pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang berhubungan dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.
Theddy, R., & Windiani, I. G. A. T. (2020). Prevalens dan Gambaran Keterlambatan Perkembangan Anak di Poliklinik Tumbuh Kembang Anak Rsup Sanglah. Jurnal Medika Udayana, 9(2), 88–92. https://ojs.unud.ac.id.
Trinurhilawati, T., Martiningsih, M., Hendari, R., & Wulandari, A. (2019). Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar dan Keterampilan Tindakan Recovery Position Pada Kader Siaga Bencana. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal, 1(1), 7–8. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.31.
Vitriani, O., Hamidah, H., & Hevrialni, R. (2021). Pelatihan Stimulasi Dan Deteksi Dini Perkembangan Balita Dengan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (Kpsp) Di Kelurahan Bambu Kuning Wilayah Kerja Puskesmas Rejosari Kecamatan Tenayan Raya. EBIMA : Jurnal Edukasi Bidan Di Masyarakat, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.36929/ebima.v2i1.426.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 159–176. https://doi.org/10.1080/00222216.1990.11969821.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Kurniawati, Ni Putu Diah Witari, A.A. Ayu Asri Prima Dewi, Fransiscus Fiano Anthony Kerans, Putu Gde Hari Wangsa, I Putu Gde Surya Adhitya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.