Digitalisasi Marketing UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pangan Lokal Desa Mendukung Ketahanan Pangan

Authors

  • Mohammad Baladdudin Dayar Universitas Mochammad Sroedji, Jember, Indonesia
  • Aulia Daisy Arsy Syafitri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Thalia Damayanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Ivan Mahendra Wirapradipta Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Hafifah Isma Ningrum B. Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Jerin Amelia Margaretha Universitas dr. Soebandi, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.84705

Keywords:

Ketahanan Pangan, Digital Marketing, UMKM (MSME)

Abstract

Aktifitas usaha UMKM masih dijalankan secara konvensional, tidak ada inovasi dalam usaha. Dengan mengenalkan Digitalisasi marketing kepada Pelaku UMKM diharapkan akan meningkatkan jaringan ekspansi pasar dan memudahkan pelaku usaha dan juga konsumen yang secara tidak langsung membangun sistem yang baik dalam mendukung ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran digitalisasi marketing melalui platform Google Maps yang akan diterapkan oleh UMKM pangan lokal terhadap keberlanjutan ketahanan pangan di desa. Jenis penelitian ini kualitatif penelitian ini tidak mengukur apapaun melainkan lebih mengedepankan pemberdayaan masyarakat dengan keterlibatan secara aktif setelah melalui analisis potensi desa menggunakan metode ABCD. Pelaku usaha UMKM Pangan lokal menjadi subjek penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis interaktif dengan pengumpulan data, kondensasi data dan penyajian data. Hasil penelitianprogram digitalisasi marketing yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Kolaborasi #3 Posko 187 menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan ketahanan pangan. Simpulan penelitian menunjukkan dengan mendaftarkan lokasi UMKM pangan lokal di Google Maps, UMKM dapat meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas produk mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mempermudah konsumen dalam menemukan produk pangan lokal. Implikasi program ini mampu berkontribusi pada ketahanan pangan desa dengan meningkatkan aksesibilitas produk pangan lokal serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

References

Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Nur Adha, A. A., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878.

Avianti, W., Purwana, E., & Fauzia, F. (2024). Program Ketahanan Pangan melalui Pemanfaatan Pekarangan Warga sebagai Solusi Kebutuhan Keluarga. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 63–70. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.09.

Aviyanti, R. D., Widiasmara, A., Devi, H. P., Nurhayati, P., Chairunnisa, D. M., & Zami, M. T. A. (2022). Digital Entrepreneurship Assistance for Handicraft SMEs in Cileng Village. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.48479.

Dadi, D. (2021). Pembangunan Pertanian dan sistem Pertanian Organik. Jurnal Education and Development, 9(3), 566–572. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3031.

Forrester, G., Kurth, J., Vincent, P., & Oliver, M. (2020). Schools as community assets: an exploration of the merits of an Asset-Based Community Development (ABCD) approach. Educational Review, 72(4), 443–458. https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1529655.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122.

In Ratnasari, K., & Asnawan. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian melalui Pemasaran Digital Marketing. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 256–262. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.50662.

INDEF. (2024). PeranPlatformDigitalTerhadapPengembanganUmkmDiIndonesia. 10–40.

Irfandanny, D., Kusuma, B. T., Sari, A. K., Ridha, F. A., Reksiana, C. P. E., Zain, M. Z., Ferdiansyah, M. R., Prasetyo, L. F. D., Marghanita, C. L., Salsabilla, M. A., Aditama, D. N., & Wahyudi, K. E. (2022). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis Umkm Melalui Lokal Branding Desa Sumbermujur Kab. Lumajang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1084–1090. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5350.

Kasendah, B. S., & Wijayangka, C. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 153–160.

Lenti Susana Saragih, Aurora Elise Putriku, Silvia Diva Sari, Yessi Novitasari Laia, & Yoga Syahputra. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(3), 63–72. https://doi.org/10.61132/jusbit.v1i3.174.

Mandasari, I. C. S. (2022). Program Kemitraan Masyarakat pada Kelompok Pertenunan Arta Sedana, Sidemen, Kab. Karangasem. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 249–255. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.51215.

Mandasari, I. C. S., Paramananda, N., & Mahendrawati, N. L. M. (2021). Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Perajin Perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.36128.

Mathie, A., & Cunningham, G. (2003). From clients to citizens: Asset-based Community Development as a strategy for community-driven development. Development in Practice, 13(5), 474–486. https://doi.org/10.1080/0961452032000125857.

Nalasari, K. ., Suarni, N. ., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658.

Ninawati, Munandar, A., Nuryadin, R., & Rustandi, B. (2024). Pengembangan Umkm Berbasis Ketahanan Pangan Dengan Inovasi Produk Olahan Di Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedan. Indonesian Journal of Community Dedication, 02(01), 104–110.

Nugraha, P. G. S. C. (2021). Product Marketing With Social Media And Strengthening Identity Through Packaging Branding. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.31057.

Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625.

Nurhemi, Soekro, S. R. ., & Suryani, G. (2014). Pemetaan Ketahanan Pangan Di Indonesia : Pendekatan Tfp dan Indeks Ketahanan Pangan. Bank Indonesia, 4, 1–69.

Oktoriyadi, O. (2020). The Implementation of Steam Integrated Thematic Learning Based on Local Wisdom of Kapuas Hulu in Elementary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(1). https://doi.org/10.26418/jp2d.v3i1.97.

Patiro, S. P. S., Aryani, D., Rekarti, E., & Wibowo, M. (2023). Peningkatan pengetahuan marketplace pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan website education marketplace. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 12–26. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19282.

Pramartha, I. M. A., I Putu Gde Chandra Artha Aryasa, & Anak Agung Istri Krisna Gangga Dewi. (2024). Optimalisasi Pembukuan dan Pemasaran Berbasis Digital Kelompok Industri Kecil Menengah Pengrajin Perak di Desa Batubulan. International Journal of Community Service Learning, 7(3), 308–317. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i3.65047.

Quaralia, P. S. (2022). Kerjasama Regional dalam Rantai Pasokan Pertanian untuk Mencapai Ketahanan Pangan Berkelanjutan: Studi kasus ASEAN. Padjadjaran Journal of International Relations, 4(1), 56. https://doi.org/10.24198/padjir.v4i1.37614.

Rhofita, E. I. R. (2022). Optimalisasi Sumber Daya Pertanian Indonesia untuk Mendukung Program Ketahanan Pangan dan Energi Nasional. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(1), 82. https://doi.org/10.22146/jkn.71642.

Saad, S. M., & Afifi, M. N. A. L. (2015). The ABCD Validation Management Tool for Business Excellence Models 2 The Background Validation 3 The ABCD Model Analysis. 12, 363–376.

Salasa, A. R. (2021). Paradigma dan Dimensi Strategi Ketahanan Pangan Indonesia. Jejaring Administrasi Publik, 13(1), 35–48. https://doi.org/10.20473/jap.v13i1.29357.

Sari, I. P., & Zuber, A. (2020). Kearifan Lokal Dalam Membangun Ketahanan Pangan Petani. Journal of Development and Social Change, 3(2), 25. https://doi.org/10.20961/jodasc.v3i2.45768.

Sulistyawati, N. L. G., Suarjana, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 895–904. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5341.

Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan Daya Saing Umkm Kuliner Di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458.

Widiati, S., & Azkia, L. I. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Dan Peran Sertifikasi Halal Produk Pangan Lokal Umkm Dalam Menunjang Ketahanan Pangan Tingkat Rumah Tangga. Sebatik, 27(1), 398–406. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2275.

Winanti, W., Goestjahjanti, F., Basuki, S., Lestari, S., & Fayzhall, M. (2023). Meningkatkan Produktivitas UMKM dan Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan dan Penanaman Pohon pada Kampung Tematik Drum Bujana Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(1), 139–145. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i1.3940.

Yunni Rusmawati DJ, & Luluk Nur Azizah. (2022). Pelatihan Digital Marketing dan Inovasi Produk Hasil Olahan Udang Pada UKM Guna Mempertahankan Perekonomian di Masa Pandemi COVID 19. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 351–359. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.48028.

Yustika Devi, L., Andari, Y., Wihastuti, L., & Haribowo, K. (2020). Model Sosial-Ekonomi Dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 28(2), 103–115. https://doi.org/10.14203/jep.28.2.2020.103-115.

Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735.

Zubaida, S., Riani, A. L., & Arif, A. (2023). Dampak Positif Digital Marketing Dalam Meningkatkan Perekonomian Pengrajin Bubut Kayu Di Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Bisnis Dan Studi Islam, 1(1), 268–277. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/KNBESI/article/view/10460.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Dayar, M. B., Aulia Daisy Arsy Syafitri, Thalia Damayanti, Ivan Mahendra Wirapradipta, Hafifah Isma Ningrum B., & Jerin Amelia Margaretha. (2024). Digitalisasi Marketing UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pangan Lokal Desa Mendukung Ketahanan Pangan. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 455–466. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.84705

Issue

Section

Articles