Digitalisasi Marketing UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Pangan Lokal Desa Mendukung Ketahanan Pangan

Authors

  • Mohammad Baladdudin Dayar Universitas Mochammad Sroedji, Jember, Indonesia
  • Aulia Daisy Arsy Syafitri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Thalia Damayanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Indonesia
  • Ivan Mahendra Wirapradipta Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Hafifah Isma Ningrum B. Universitas Jember, Jember, Indonesia
  • Jerin Amelia Margaretha Universitas dr. Soebandi, Jember, Indonesia

Keywords:

Ketahanan Pangan, Digital Marketing, UMKM (MSME)

Abstract

Aktifitas usaha UMKM masih dijalankan secara konvensional, tidak ada inovasi dalam usaha. Dengan mengenalkan Digitalisasi marketing kepada Pelaku UMKM diharapkan akan meningkatkan jaringan ekspansi pasar dan memudahkan pelaku usaha dan juga konsumen yang secara tidak langsung membangun sistem yang baik dalam mendukung ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran digitalisasi marketing melalui platform Google Maps yang akan diterapkan oleh UMKM pangan lokal terhadap keberlanjutan ketahanan pangan di desa. Jenis penelitian ini kualitatif penelitian ini tidak mengukur apapaun melainkan lebih mengedepankan pemberdayaan masyarakat dengan keterlibatan secara aktif setelah melalui analisis potensi desa menggunakan metode ABCD. Pelaku usaha UMKM Pangan lokal menjadi subjek penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis interaktif dengan pengumpulan data, kondensasi data dan penyajian data. Hasil penelitianprogram digitalisasi marketing yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Kolaborasi#3 Posko 187 menunjukkan dampak positif dalam meningkatkan ketahanan pangan. Simpulan penelitian menunjukkan dengan mendaftarkan lokasi UMKM pangan lokal di Google Maps, UMKM dapat meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas produk mereka, memperluas jangkauan pasar, serta mempermudah konsumen dalam menemukan produk pangan lokal. Implikasi program ini mampu berkontribusi pada ketahanan pangan desa dengan meningkatkan aksesibilitas produk pangan lokal serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Published

2024-12-24

How to Cite

Dayar, M. B., Aulia Daisy Arsy Syafitri, Thalia Damayanti, Ivan Mahendra Wirapradipta, Hafifah Isma Ningrum B., & Jerin Amelia Margaretha. (2024). Digitalisasi Marketing UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Pangan Lokal Desa Mendukung Ketahanan Pangan . International Journal of Community Service Learning, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/84705

Issue

Section

Articles