Pelatihan Model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS untuk guru Sekolah Dasar

Authors

  • Komang Widiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Putu Sinta Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Model PBL, Pelajaran IPAS, Guru SD

Abstract

Rendahnya keterampilan mengajar guru yang saat ini sebagian besar masih bersifat konfensional hanya menggunakan metode ceramah, terkadang diselengi dengan diskusi, namun belum adanya penerapan model pembelajara inovatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata Pelajaran Ips yang saat ini sudah bernamaa IPAS. Berdasarkan permasalahan tersbeut dosen melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan pelatihan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang model pembelajaran PBL. Pelatihan ini melibatkan Guru SDN. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 20 orang Metode pengabdian yang dilakukan adalah Workshop dan pendampingan. Hasil menunjukkan terlihat adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajar mata pelajaran IPAS.  Peningkatan keterampilan guru di SDN menjadi dasar direkomendasikan agar kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilanjutkan dan dijadikan sebagai kegiatan rutin. Implikasi penelitian ini yaitu Model pembelajaran PBL pada mata pelajaran IPAS dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPAS sehingga dapat membantu siswa dalam belajar.

Published

2025-03-13

How to Cite

Komang Widiani, & Ni Putu Sinta Dewi. (2025). Pelatihan Model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS untuk guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85061

Issue

Section

Articles