Pelatihan Model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS untuk guru Sekolah Dasar
Keywords:
Model PBL, Pelajaran IPAS, Guru SDAbstract
Rendahnya keterampilan mengajar guru yang saat ini sebagian besar masih bersifat konfensional hanya menggunakan metode ceramah, terkadang diselengi dengan diskusi, namun belum adanya penerapan model pembelajara inovatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata Pelajaran Ips yang saat ini sudah bernamaa IPAS. Berdasarkan permasalahan tersbeut dosen melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan pelatihan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang model pembelajaran PBL. Pelatihan ini melibatkan Guru SDN. Jumlah peserta kegiatan berjumlah 20 orang Metode pengabdian yang dilakukan adalah Workshop dan pendampingan. Hasil menunjukkan terlihat adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajar mata pelajaran IPAS. Peningkatan keterampilan guru di SDN menjadi dasar direkomendasikan agar kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilanjutkan dan dijadikan sebagai kegiatan rutin. Implikasi penelitian ini yaitu Model pembelajaran PBL pada mata pelajaran IPAS dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPAS sehingga dapat membantu siswa dalam belajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Komang Widiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.