Edukasi 3R dalam Penanganan Sampah Menuju Sekolah Adiwiyata

Authors

  • Febrina Sari Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Riau, Indonesia
  • Nuryasin Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Riau, Indonesia
  • Desyanti Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85157

Keywords:

Sampah Organik, Anorganik, 3R

Abstract

Permasalahan utama adalah penumpukan sampah yang semakin meningkat di lingkungan sekolah.  Sampah organik dan anorganik tidak terkelola dengan baik, siswa masih membuang sampah organik dan anorganik menjadi satu di tempat sampah yang sama sehingga menyebabkan penumpukan sampah. Tujuan dari kegiatan ini adalah Tujuan penelitian ini untuk menganalisis edukasi 3R dalam penanganan sampah menuju sekolah adiwiyata SD. Rangkaian kegiatan untuk menyelesaikan permasalahan mitra dilaksanakan dalam beberapa tahapan mulai dari sosialisai, pelatihan dan penerapan iptek. Hasil penelitian yaitu kegitan ini menyediakan sarana prasarana pengelolaan sampah yang mendukung, seperti tempat sampah terpisah untuk sampah organik dan anorganik, dengan adanya kegiatan ini maka siswa dapat memilah sampah dan membuang sampah sesuai dengan jenisnya, mengajarkan siswa untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Dampak dari kegiatan ini adalah berkurangnya sampah yang berserakan di lingkungan sekolah karena sudah ada tempat sampah yang sesuai dengan jenis sampah, meningkatnya kesadaran siswa untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan bebas dari sampah. Implikasi penelitian ini yaitu mitra telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelolah sampah yang ada di sekolah dengan metode 3R, sehingga sampah memiliki nilai juga.

References

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.5069.

Fatoni, N., Imanuddin, R., & Darmawan, A. R. (2017). Pendayagunaan Sampah Menjadi Produk Kerajinan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 17(1), 83. https://doi.org/10.21580/dms.2017.171.1505.

Herlinawati, H., Marwa, M., & Zaputra, R. (2022). Sosialisasi Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Sebagai Usaha Peduli Lingkungan. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 209–215. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.288.

Juliandi. (2023). Model Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber Dengan Sistem Reduce-Reuse-Recycle (3R) di TPS 3R Desa Baktiseraga. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 10(3), 301–307. https://doi.org/10.23887/jjpg.v10i3.50529.

Limawati, L. (2018). Implementasi program sekolah adiwiyata di sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 20–24. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3355.

Martini, M., & Windarto, W. (2019). Pemberdayaan Sekolah Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Bahan Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (Plh). Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1210–1215. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.995.

Muna, N. N., Ulia, N., & Kusumadewi, R. F. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata Terkait Pengelolaan Sampah Plastik Melalui 3R. Praniti, I(1), 30–36. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/praniti/article/view/812.

Nurcahya, M. A., Utami, A. D., & Setiawan, K. (2020). Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SD Islamiyah Warungboto Yogyakarta. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 48–57. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.109.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67–88. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133.

Rudiyanto, R., Kurniati, E., Fitriani, A. D., Rengganis, I., Mirawati, M., & Justicia, R. (2021). Reduce, Reuse, and Recycle (3R) waste activities in the school environment for elementary school students. In Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 012052. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012052.

Santoso, S. B., Margowati, S., Dyah, K., Pujiyanti, U. P., Pudyawati, E., & Prihatiningtyas, S. (2021). Pengelolaan Sampah Anorganik Sebagai Upaya Pemberdayaan Nasabah Bank Sampah. 6(1), 18–23.

Sari, F., Mahmud, S. F., & Desyanti, D. (2023). Pendampingan E-Dokumen dalam Peningkatan Pelayanan di Panti Jompo Dhuafa Sayang Ummi. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 4(2), 296–301. https://doi.org/10.33292/mayadani.v4i2.159.

Widayat, P., Pahlawan, R., & Rajab, S. (2024). Bank Sampah SDN 93 Kota Pekanbaru Menuju Sekolah Adiwiyata SDN 93 Pekanbaru City Waste Bank Heads to Adiwiyata School. SMART HUMANITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–39.

Wong, S. N., Chandra, C. M., Ardita, S., Muljadi Art, S., & Kuistono, C. A. (2022). Analisis Konsep 3R Terhadap Pengelolaan Sampah di Jakarta Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang Berlaku. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6635–6641.

Zamroni, M., Prahara, R. S., Kartiko, A., Purnawati, D., & Kusuma, D. W. (2020). The waste management program of 3R (Reduce, Reuse, Recycle) by economic incentive and facility support. In Journal of Physics: Conference Series, 1471(1), 012048. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012048.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Sari, F., Abdillah, N., & Desyanti. (2024). Edukasi 3R dalam Penanganan Sampah Menuju Sekolah Adiwiyata. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 415–421. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85157

Issue

Section

Articles