Transfer Teknologi Tepat Guna Pada Industri Pengolahan Kopi Arabika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85206Keywords:
Kopi, Teknologi Tepat Guna, Digital MarketingAbstract
Desa Belantih merupakan salah satu desa yang memiliki potensi besar pada bidang perkebunan kopi. Belantih Coffee Farm dan Kelompok Tani Dharma Kriya merupakan dua industri pengolahan Kopi Arabika Kintamani yang ada di Desa Belantih. Akan tetapi dalam menjalankan usahanya kedua mitra menghadapi berbagai permasalahan yaitu kedua mitra tidak memiliki mesin pulper, dan huller. Metode pemasaran yang digunakan oleh mitra hanya mengandalkan teman di whatapp grup atau teman dekat, serta dengan metode pemasaran dari mulut ke mulut. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Particiatory Action and Learning System (PALS). Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk mengoptimalkan potensi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra, yakni transfer teknologi tepat guna berupa mesin pulper kepada UMKM Belantih Coffee Farm dan mesin huller kepada Kelompok Tani Dharma Kriya, pelatihan fotografi dan videografi produk, pelatihan pembuatan konten pemasaran (copywriting), pelatihan social media marketing, dan pelatihan marketpalce usaha kepada kedua mitra. Kedua mitra mampu menggunakan social media untuk mempromosikan produk kopi arabika Kintamani. Kedua mitra mampu menggunakan marketpalce berupa shopee untuk mempromosikan produk kopi arabika Kintamani.
References
Baharsyah, M. N., Kiswanto, A., Budiyono, & Benardi, A. I. (2017). Peningkatan kemampuan membaca ruang melalui delta-net bagi siswa tunanetra SLBN kota Semarang. Edu Geography, 5(2), 60–68. https://journal.unnes.ac.id/sju/edugeo/article/view/15397.
Cardoso, A. S., Bryukhova, S., Renna, F., Reino, L., Xu, C., Xiao, Z., Correia, R., Di Minin, E., Ribeiro, J., & Vaz, A. S. (2023). Detecting wildlife trafficking in images from online platforms: A test case using deep learning with pangolin images. Biological Conservation, 279, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2023.109905.
Fachrina, R., & M.Nawawi, Z. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 247–254. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.75.
Ferasta, O. A., Puspitaningrum, H., & Maligan, J. M. (2023). Introduksi Teknologi Pulping dalam Proses Pascapanen Kopi Metode Honey di UKM Alir Coffee Kabupaten Malang Introduction of Pulping Technology in Coffee Postharvest Process using Honey Method in Alir Coffee SMEs Malang Regency Abstrak. 145–151.
Herdiyani, S., Safa’atul Barkah, C., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2), 103–121. https://doi.org/10.26593/jab.v18i2.5878.103-121.
Hidayat, M. (2020). Prototipe Mesin Penyeduh Minuman Kopi Otomatis Menggunakan Arduino Uno. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 23(2), 116–123. https://doi.org/10.35760/ik.2018.v23i2.2353.
Isnawati, S. I., Budiyanto, A. E., & Dwijayanti, F. (2022). Pelatihan Fotografi Produk untuk Pemasaran Digital Menggunakan Teknik Lifestyle Photography. Bakti Humaniora, II(1), 1–11.
Pancaningsih, R., Baaq, S. H., Latifah, R. N., Wahit, A. N., Handayu, M. D., Rahmawati, E., Maharani, V. D. P., Zain, M. F., & Santoso, A. P. A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store di Sukoharjo. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 134–148. https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.408.
Pranata, D. E., Risman, & Setyawan, H. P. (2022). Penelitian Tentang Analisis Perawatan Pada Mesin Sangrai Biji Kopi Otomatis. Jurnal Teknik Mesin, 8(2), 24–34. https://www.ejournal.polraf.ac.id/index.php/JTM/article/view/166.
Purnama, P. A., & Tahalea, S. A. (2020). Pelatihan Fotografi Produk Untuk .Iklan Di Internet Saat Masa Pandemi Bersama Pemuda Tebet Melalui Daring. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 2(2), 97–107. https://doi.org/10.25105/jamin.v2i2.7455.
Puspasari, D., & Hadithya, R. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Marketing Melalui Konten pada Instragram dalam Upaya Meningkatkan Brand Image Sebuah Produk. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 4(2), 239–252. https://doi.org/10.51805/jmbk.v4i2.122.
Shodikin, A., Sutardi, S., & Muhajir, A. (2017). Iptek Bagi Kewirausahaan Di Universitas Islam Darul Ulum. Seminar Nasional, 1(1), 316–321.
Siska, E., Lestari, N. E. P., & Rachmah, S. M. (2023). Pelatihan Pembuatan Foto Produk Untuk Penguatan Visual Branding Dalam Pemasaran Online Produk KSU Kowage. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i2.1255.
Susanti, R., Yazid, H., & Azriful, R. K. (2021). Alat Uji Karbon Dioksida Pada Kopi Sebagai Indikator Kelayakan Untuk Dikonsumsi. Prosiding SISFOTEK, 5(1), 191–195. http://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/281.
Susilawati;, Sholeh;, Azhis, R., Ardin, M. B., Fathurohman, Ferdi;, Yudiyanto, Oyok, S., & Buchori. (2021). Aplikasi Mesin Pulper Kopi Dan Penjualan Online Berbasis Website Di Ukm Mukti Raharja Untuk Menjaga Ekonomi Tetap Produktif Dalam Era Pandemik Covid 19. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 301–309. https://doi.org/10.20956/pa.v5i3.12290.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Wayan Lasmawan, I Made Suci, I Wayan Pardi, I Nengah Muliarta, Ni Putu Era Marsakawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.