Penguatan Kompetensi Design Thinking dan Pengendalian Emosi Guru

Authors

  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85210

Keywords:

Kompetensi Guru, Bullying, Collaborative Augmented Reality

Abstract

Hasil observasi menunjukkan salah satu kendala dilapangan adalah bahwa guru-guru di SD inklusi ini menghadapi keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Para guru di SD inklusi sering menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan khusus siswa. Guru-guru memiliki pengetahuan umum tentang kebutuhan khusus, tetapi mereka tidak memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan individu setiap siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan Pendekatan design thinking. Pengabdian ini akan melaksanakan pelatihan pendekatan design thinking untuk guru-guru SD inklusi. Pelatihan akan mencakup konsep dasar design thinking, penerapannya dalam konteks pembelajaran siswa berkebutuhan khusus, serta praktik langsung dalam merancang pembelajaran yang inklusif. Dalam pelatihan, akan diberikan studi kasus, simulasi, dan diskusi interaktif untuk memastikan pemahaman dan penerapan konsep secara efektif. Menyediakan mentoring atau pendampingan setelah pelatihan untuk membantu guru-guru dalam menerapkan konsep design thinking dalam pengajaran sehari-hari. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk Memberikan pelatihan design thinking bagi guru di sekolah inklusi sehingga guru bisa mengajarkan siswa berkebutuhan khusus dengan lebih optimal serta memberikan  pelatihan strategi mengajar dan pengendalian emosi guru guna memberikan perhatian untuk mendukung kesetaraan pendidikan   inklusi dan mengurangi kesenjangan yang ada dilapangan. Program ini memiliki potensi untuk membantu guru untuk membuat perangkat pembelajaran berpendekatan design thinking.

References

Abdurrohman, Mh., Setiawan, D., Trisnawati, L., Suska Riau, U., & Abdurrab, U. (2021). Model Rancangan Aplikasi Promosi Usaha Rempah Menggunakan Design Thinking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.35145/joisie.v4i2.1365.

Aisah, A., & Widodo, S. (2024). Perancangan User Interface Game Edukasi Android pada Mata Pelajaran Operasi Hitung Matematika dengan Metode Design Thinking. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.56211/sudo.v3i1.462.

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.

Anwar, R. R., Bachri, B. S., & Kristanto, A. (2023). Design thinking dalam Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Mencipta. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 476–487. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5458.

Aprianto, M. T. P. (2023). Menggali Potensi Kreatif Melalui Design Thinking: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan https://journals.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/192%0Ahttps.

Azfa, M. A. N., Laksana, R. A., Tiangso, F. P., Muhammad Reza Fatih, Adilla, A., Azzahra, V. M., Pebriani, A., & Nabilah, J. F. (2024). Strategi Pengendalian Diri dalam Menghadapi Perubahan Suasana Hati Pada Anak Usia Dini. Jurnal Mediasi, 3(1), 79–92. https://graduate.binus.ac.id/2021/02/26/4-pendekatan-dalam-komunikasi-yang-penting.

Br Tarigan, O., & Siskuntoro, Y. H. (2024). Pengembangan LKPD IPA dengan Pendekatan Cultural Responsive Teaching Melalui Design Thinking Framework Pada Materi Unsur. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 05(01), 5. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i1.278.

Candra, A. F. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking dalam Rancang Prototipe Aplikasi Berbasis Web Sistem Peminjaman Dokumen Arsip di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 9(04), 356–363. https://www.aksiologi.org/index.php/praja/article/view/810.

Fazlika, J., Razi, F., & Lefrida, R. (2023). Story Board untuk Menampilkan Aplikasi GeoGebra dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3205–3215. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2861.

Haniifah, R. T., Aisy, R., Candra Brata, K., & Muslimah Az-Zahra, H. (2021). Perancangan User Experience Mobile Learning menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(8), 3247–3255. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view.

Hidayat, A. N., Yusuf, M. G., & Gunawan, D. (2024). Peran Guru Pembimbing dalam Meningkatkan Kestabilan Emosional Siswa SD Kelas 4 Matahati Nagreg Kabupaten Bandung. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 6383–6395. https://j-innovative.org/index.php/Innovative.

Inayah, A., Lubis, D. C., Ardiyani, F., & Usiono, U. (2023). Meningkatkan Kesadaran Sosial Remaja Melalui Kegiatan Jumbara di Kampung Outbound. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30485–30489. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11927.

Kasus, S., Jazeera, A., Bojongmalaka, D., & Baleendah, K. (2024). Upaya Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam Meningkatkan Kenyamanan Belajar Siswa Tri Yugo Universitas Islam Bandung kenyamanan . Fasilitas yang memadai , termasuk kursi dan meja yang ergonomis ,. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI), 2(2), 91–108. https://jurnal-kanwilsultra.id/index.php/DIJPAI/article.

Luthfi, M. I., & Septiyanti, N. D. (2023). Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 193–204. https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.146.

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559.

Nur Azizah, B. (2024). Design Thinking Sebagai Strategi Kreatif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar Dan Inovasi Kurikulum Di Era Digital. TARQIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(1), 36–46. https://jurnal.stitmas.ac.id/index.php/tarqiyah.

Parnawi, A., & Ahmed Ar Ridho, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209.

Rizqa, M., Nahda, A. &, & Melani, K. (2023). Upaya Guru dalam Manajamen Kelas untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa. An-Nizom, 8(3), 100–109. https://doi.org/10.29300/nz.v8i3.3978.

Rustam, R., Akbar, O., & Saputra, A. B. (2024). Design Thinking Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Semantik, 13(1), 43–56. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p43-56.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Seruna: Jurnal Ilmiah Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.

Satria, A. B. A., & Muntaha, A. A. (2022). Inovasi pendidikan abad 21: penerapan design thinking dan pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v9i2.59940.

Satria, D., Indraswari, C. R., Aurellia, P. J., & Sukriyah, S. (2023). Boardgame Business Craft dan Lego Serious Play dengan Pendekatan Design Thinking sebagai Media Mengajar bagi Guru Ekonomi SMA Se-Malang Raya. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 553–548. https://doi.org/10.54082/jippm.187.

Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124.

Utomo, H. N., Muhtarom, & Dwijayanti, I. (2024). Eksplorasi Media Interaktif Googles Site. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 42–58. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1262.

Wahyudi, E. (2023). Optimalisasi Hasil Pengabdian Dosen Melalui Pembuatan Jurnal Abdimas Berbasis Open Journal System (OJS) di IPDN Kampus NTB. Explore, 13(2), 85–91. https://doi.org/10.35200/ex.v13i2.54.

Wardana, F. C., Lanang, I. G., & Eka, P. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 03(04), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article.

Wardaningsih, F. K., Titania, G. R., Affifah, J. R., Fortuna, T. F., Fis, T. N., Hidayat, A., & Melati, R. (2024). Media “Mosuka” Sebagai Implementasi Metode Design Thinking dalam Pembelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 4(9). https://doi.org/10.17977/um067.v4.i9.2024.1.

Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.

Wusthoa, J., & Fadilah. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas X SMAN 20 Gowa. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i3.5403.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Ni Wayan Rati, I Wayan Widiana, & Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami. (2024). Penguatan Kompetensi Design Thinking dan Pengendalian Emosi Guru. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 384–391. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85210

Issue

Section

Articles