Penguatan Kompetensi Design Thinking dan Pengendalian Emosi Guru

Authors

  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Kompetensi Guru, Bullying, Collaborative Augmented Reality

Abstract

Hasil observasi menunjukkan salah satu kendala dilapangan adalah bahwa guru-guru di SD inklusi ini menghadapi keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Para guru di SD inklusi sering menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan khusus siswa. Guru-guru memiliki pengetahuan umum tentang kebutuhan khusus, tetapi mereka tidak memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan individu setiap siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan Pendekatan design thinking. Pengabdian ini akan melaksanakan pelatihan pendekatan design thinking untuk guru-guru SD inklusi. Pelatihan akan mencakup konsep dasar design thinking, penerapannya dalam konteks pembelajaran siswa berkebutuhan khusus, serta praktik langsung dalam merancang pembelajaran yang inklusif. Dalam pelatihan, akan diberikan studi kasus, simulasi, dan diskusi interaktif untuk memastikan pemahaman dan penerapan konsep secara efektif. Menyediakan mentoring atau pendampingan setelah pelatihan untuk membantu guru-guru dalam menerapkan konsep design thinking dalam pengajaran sehari-hari. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk Memberikan pelatihan design thinking bagi guru di sekolah inklusi sehingga guru bisa mengajarkan siswa berkebutuhan khusus dengan lebih optimal serta memberikan            pelatihan strategi mengajar dan pengendalian emosi guru guna memberikan perhatian untuk mendukung kesetaraan pendidikan   inklusi dan mengurangi kesenjangan yang ada dilapangan. Program ini memiliki potensi untuk membantu guru untuk membuat perangkat pembelajaran berpendekatan design thinking.

Published

2024-12-24

How to Cite

Ni Wayan Rati, I Wayan Widiana, & Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami. (2024). Penguatan Kompetensi Design Thinking dan Pengendalian Emosi Guru. International Journal of Community Service Learning, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85210

Issue

Section

Articles