Virtual Manipulatives Berbasis Bahasa Isyarat: Teknologi Asistif Untuk Mendukung Siswa Kolok (Penyandang Disabilitas Tunarungu-wicara) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Setemen Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Sujendra Diputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Virtual Manipulatives, Bahasa Isyarat, Siswa Tunarungu, Matematika

Abstract

Pentingnya pemberian akses yang setara terhadap pendidikan telah menjadi perhatian global, sejalan dengan tujuan pemerataan akses pendidikan untuk menciptakan lingkungan inklusif. Namun keterbatasan tenaga pendidik yang memahami bahasa isyarat dan kurangnya media pembelajaran yang memadai berdampak negatif pada hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menambah media pembelajaran berbasis digital (virtual manipulatif) dan meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi serta bahasa isyarat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan design studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 20 guru Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan instrumen berupa lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi khususnya pemanfaatan virtual manipulatives berbasis bahasa isyarat. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Implikasi penelitian ini menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan merata, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Published

2024-12-24

How to Cite

I Made Suarjana, Komang Setemen, & Komang Sujendra Diputra. (2024). Virtual Manipulatives Berbasis Bahasa Isyarat: Teknologi Asistif Untuk Mendukung Siswa Kolok (Penyandang Disabilitas Tunarungu-wicara) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85214

Issue

Section

Articles