Virtual Manipulatives Berbasis Bahasa Isyarat: Teknologi Asistif Untuk Mendukung Siswa Kolok (Penyandang Disabilitas Tunarungu-wicara) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.85214Keywords:
Virtual Manipulatives, Bahasa Isyarat, Siswa Tunarungu, MatematikaAbstract
Pentingnya pemberian akses yang setara terhadap pendidikan telah menjadi perhatian global, sejalan dengan tujuan pemerataan akses pendidikan untuk menciptakan lingkungan inklusif. Namun keterbatasan tenaga pendidik yang memahami bahasa isyarat dan kurangnya media pembelajaran yang memadai berdampak negatif pada hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menambah media pembelajaran berbasis digital (virtual manipulatif) dan meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi serta bahasa isyarat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan design studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 20 guru Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan instrumen berupa lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi khususnya pemanfaatan virtual manipulatives berbasis bahasa isyarat. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Implikasi penelitian ini menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan merata, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
References
Agung, S., Khoirunisa, A. N., & Suryaningsih, S. (2022). Tantangan Guru Sekolah Luar Biasa Pada Pembelajaran Ipa Di Abad 21. Alotrop, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.33369/alo.v6i1.21089.
Beagon, U., Kövesi, K., Tabas, B., Nørgaard, B., Lehtinen, R., Bowe, B., Gillet, C., & Spliid, C. M. (2023). Preparing engineering students for the challenges of the SDGs: what competences are required? European Journal of Engineering Education, 48(1), 1–23. https://doi.org/10.1080/03043797.2022.2033955.
Bouck, E. C., Park, J., & Stenzel, K. (2020). Virtual manipulatives as assistive technology to support students with disabilities with mathematics. Preventing School Failure, 64(4), 281–289. https://doi.org/10.1080/1045988X.2020.1762157.
Candra, A. F. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking dalam Rancang Prototipe Aplikasi Berbasis Web Sistem Peminjaman Dokumen Arsip di Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 9(04), 356–363. https://www.aksiologi.org/index.php/praja/article/view/810.
Chairunnisa, C., & Rismita, R. (2022). Educational challenges for children with special needs in inclusive primary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.39722.
Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA (Training on the Development of Science Process Skills-Based Worksheets and Assessment Instruments for Science Teachers). Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/6855.
Gustiana, Z. (2024). Pemanfaatan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kreativitas Motorik Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). Bakti Budaya, 7(2), 140–154. https://journal.ugm.ac.id/v3/BAKTI/article/view/9809.
Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. The Journal of Islamic Studies, 13, 1–6. https://doi.org/10.58403/annuur.v13i2.301.
Hija, Q. M., & Harsiwi, N. estu. (2024). Kolaborasi Antar Guru dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus ADHD. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasa, 2(2), 1–16. https://doi.org//10.52185/abuyaVol2iss2Y2024438.
Kertih, I. W., Widiana, I. W., & Antara, I. G. W. S. (2023). The Phenomena of Learning Loss Experienced by Elementary School Students during the Covid-19 Post Pandemic. Emerging Science Journal, 7(Special issue 2), 201–213. https://doi.org/10.28991/ESJ-2023-SPER-014.
Kinanthi, G. S., Saputri, N. F., & Rosita, N. A. (2024). Pentingnya Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 1–23. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91652.
Kurniawati, N., Sofarini, A., Handayani, T., Kamilah, A., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Virtual Reality Dalam Pengajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cipanas. Abdimas Siliwangi, 5(2), 387. https://doi.org/10.22460/as.v5i2.9908.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.
Murwati, S., & Syefriani, S. (2024). Penggunaan bahasa isyarat dalam pembelajaran seni tari bagi siswa tunarungu tingkat sekolah menengah pertama di sekolah luar biasa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(4), 180–196. https://doi.org/10.29210/020244358.
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.
Noventy, C. D., Mulia, D., Setiawan, S., & Jamaludin, U. (2023). Implementasi Pembelajaran Menggambar Anak Tunarungu dalam Melatih Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 285–292. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.2760.
Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.
Park, J., Bryant, D. P., & Shin, M. (2022). Effects of Interventions Using Virtual Manipulatives for Students With Learning Disabilities: A Synthesis of Single-Case Research. Journal of Learning Disabilities, 55(4), 325–337. https://doi.org/10.1177/00222194211006336.
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486.
Purwanto, S. J. (2024). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Tahun Pelajaran 2022/2023. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i12.6064.
Putri, M., Azzahra, N., Lestari, W. D., & Arini. (2024). Implementasi Inovasi pembelajaran berbasis Discovery Learning melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran secara Efektif di SDN Bojong Kiharib. Karimah Tauhid, 3(3), 3449–3457. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12570.
Putri N, Parmiti D, & Sudarma I. (2019). Pengembangan video pembelajaran dengan bahasa isyarat berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas V di SDLB-B Negeri 1 Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 81–91. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/9130.
Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329.
Sanisah, S., Rochayati, N., Mas’ad, & Arif. (2022). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur. Jurnal Geography, 10(1), 92–104. https://doi.org/10.31764/geography.v10i1.8279.
Siahaan, M., Jasa, C. H., Anderson, K., Rosiana, M. V., Lim, S., & Yudianto, W. (2020). Penerapan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Seorang Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal of Information System and Technology (JOINT), 1(2), 186–193. https://doi.org/10.37253/joint.v1i2.4322.
Subagja, M. A., Perdana, P. R., Habudin, H., & Isnaini, I. A. (2024). Buku Saku Pintar sebagai Media Pengenalan Bahasa Isyarat untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Siswa Tunarungu Jenjang SDLB. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(01), 1–14. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v11i01.10015.
Supriyanto, D. (2024). Implementasi Teknologi Digital untuk Peningkatan Keterampilan Digital Guru di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16232–16242. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37469.
Syaifudin, A. A., Wibiyanto, J. S., & Muizzah, A. U. T. (2024). Pola Komunikasi Teman Tuli dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Swadaya Kendal. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 12(1), 84–96. https://doi.org/10.33592/dk.v12i1.3499.
Triguno, Y., Purnami, L. A., Wardana, K. E., Raningsih, N. M., & Arlinayanti, K. D. (2019). Cuci Tangan Enam Langkah untuk Siswa Inklusi di SD Negeri 2 Bengkala Bali. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 73–80. https://doi.org/10.37287/jpm.v2i2.114.
Winaldi, I., & Setyawan, A. (2018). Aplikasi Pengenalan Bahasa Isyarat Untuk Penyandang Tuna Tungu Berbasis Android (Studi Kasus : SLB Madina Serang). JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 5(2), 70–73. https://doi.org/10.30656/jsii.v5i2.779.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Edi Susila Arimbawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.