Penerapan Modul Internship Crafting Dalam Meningkatkan Adaptabilitas Karier Karyawan Magang Di Perusahaan Media Malang

Authors

  • Elvina Roseva Razen Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Ninik Setiyowati Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Modul, Internship Crafting, Adaptabilitas Karier, Perusahaan Media

Abstract

Masa transisi mahasiswa menuju dunia kerja sering kali diiringi dengan berbagai tantangan, terutama pada karyawan magang di salah satu perusahaan media di Malang. Beberapa masalah adaptabilitas menghambat pekerjaan karyawan magang sehingga menurunkan performa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan adaptabilitas karier karyawan magang melalui penerapan modul Internship Crafting sehingga mampu memberikan panduan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods dengan wawancara dan penggunaan alat ukur CAAS-Indonesia Form dalam mengukur adaptabilitas karier terhadap sebanyak 29 karyawan magang. Berdasarkan hasil uji paired samples t-test, modul yang dikembangkan berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan adaptabilitas karier. Peserta magang memberikan umpan balik positif, merasakan perubahan dalam penerapan modul ini, yang dinilai efektif sebagai alat pengembangan diri selama magang sekaligus panduan berkelanjutan. Hasil umpan balik (feedback) dari karyawan magang juga menunjukkan bahwa modul ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang internship crafting tetapi juga menunjukkan potensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai panduan dan intervensi berkelanjutan. Hal ini termasuk kemungkinan integrasi modul dalam program pelatihan atau intervensi lainnya untuk meningkatkan efektivitas dan adaptabilitas karier. 

Published

2025-03-13

How to Cite

Razen, E. R., & Setiyowati , N. (2025). Penerapan Modul Internship Crafting Dalam Meningkatkan Adaptabilitas Karier Karyawan Magang Di Perusahaan Media Malang . International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85545

Issue

Section

Articles