Penguatan Hospitality dan Interpretasi Daya Tarik Wisata Berbasis Sport Edutourism di Objek Wisata
Keywords:
Gunuang Padang, Hospitality, Sport Edutourism, SDMAbstract
Salah satu ikon pariwisata unggulan menghadapi tantangan dalam pengelolaan destinasi wisata yang berkelanjutan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata. Sehingga, diperlukan pendekatan konsep sustainable tourism berbasis sport edutourism untuk mengoptimalkan tata kelola objek wisata dan meningkatkan kapasitas SDM lokal. Tujuan pengabdian ini untuk mengembangkan SDM kepariwisataaan yang mampu menerapakan hospitality dan berkomunikasi dengan efektif untuk menjelaskan interpretasi daya tarik wisata yang ada di objek wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah HEI (Hospitality, Edukatif, Informatif) dengan peserta 25 orang yang berasal dari Pokdarwis, pelaku wisata dan kelompok masyarakat Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan instrumen berupa panduan wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan hospitality, komunikasi, dan interpretasi wisata peserta yang sejalan dengan tujuan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberdayaan berbasis CBT efektif untuk meningkatkan kompetensi SDM pariwisata yang profesional dan mandiri. Implikasi penelitian ini dapat mendukung pengembangan Gunuang Padang sebagai destinasi edukasi dan konservasi berkelanjutan yang berkontribusi terhadap pencapaian SDGs.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Diana Kartika, Listiana Sri Mulatsih, Yuni Astuti, Jelita Maharani, Muhammad Fikri, Bayu Haryanto, Rizki Almauli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.