Framework Design Thinking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Authors

  • I G A Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Hendra Sukmayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.86172

Keywords:

Media Pembelajaran Digital, Design Thinking, Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pelatihan

Abstract

Pada pembelajaran abad-21, guru diharapkan menguasai kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, sosial, dan teknologi. Namun, kurangnya media pembelajaran berbasis digital dalam pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi menjadi tantangan yang memerlukan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital serta meningkatkan keterampilan manajemen pengelolaan kelas melalui pendekatan design thinking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 23 guru di sekolah dasar yang mengikuti pelatihan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan instrumen berupa lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital untuk pengajaran dan pengelolaan kelas yang lebih efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan berbasis digital dan design thinking dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Abimanto, D., & Sumarsono, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Transportasi Berbasis Web Menggunakan Google Site Di Masa Pandemi. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 23(1), 85. https://doi.org/10.33556/jstm.v23i1.332.

Akbar, A. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86.

Azizah, F. W., & Widiyati, E. (2023). Analisis Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Teknologi Digital di MIN 3 Jombang. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(2), 183–196. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i2.4141.

Bustami, B., Fikry, M., Ismail, I., Yani, M., Maharani, S., Susanti, N., & Iskandar, F. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Membangun Materi Ajar Dalam Menghadapi Program Kelas Digital pada MIN 4 Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 7. https://doi.org/10.29103/jmm.v2i2.13878.

Dewi, A. M., & Handaruwati, I. (2019). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Lingkungan Kerja Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Di Cv Marthani. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.35829/magisma.v6i1.15.

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763.

Habbah, E. S. M., & Husna, E. N. (2024). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Pedagogi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.62872/vf2gr537.

Hadi, R. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Kelas yanImplementasi Strategi Manajemen Kelas yang Efektif dalam Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Dasarg Efektif dalam Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Dasar. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 546–551. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5512.

Hajarudin. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kolaboratif dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di STIE Ganesha. Journal on Education, 06(01), 17352–17362.

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360.

Hulu, Y. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840–846. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285.

Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru MTs. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1005–1018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1268.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628.

Luluk Baikuna, M. Farhan Hidayatuloh, Muhammad Fikri Rizal, Nafiatul Fitria, Nurul Ulfatun Anjelina, M. Rivan Eko Mahendra, Marlina Marlina, & Agustina Zahrotin Nisak. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(1), 102–115. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1182.

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi : Menggagas Harmoni Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1865.

Martha Wibawa, A., Purwanto, P., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Iklim Organisasi dan Job Insecurity terhadap Kinerja dengan Psychological well-being sebagai Variabel Mediasi. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(01). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i01.4431.

Moh. Ayuub Alamsyah, S. S. P., & Nurdin, N. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Era Society 5.0. Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Society 5.0, 2(1), 132–137. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1939.

Mudarris, B. (2024). Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.188.

Nurdin, I. B. (2018). Faktor-Faktor Motivasi Kerja Pada Karyawan Lembaga Huda Group Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 70–97. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.216.

Oktarin, I. B., & Saputri, M. E. E. (2024). Sosialisasi Literasi Digital Sebagai Langkah Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar. EduImpact: Jurnal Pengabdian Dan Inovasi Masyarakat, 1(1), 24–32. https://journal.ciptapustaka.com/index.php/EIPM/article/view/9.

Salamor, Sintike, Grestalia Tibaly, and Y. T. (2023). Kreativitas Guru PAK dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(2), 34–44. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/865.

Salewangeng, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3173–3177. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6632.

Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional Di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.1269.

Susan, D. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/arini/article/view/74.

Suseno, S. (2023). Peran Baru Widyaiswara di Era Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Good Governance, 19(1), 30–69. https://doi.org/10.32834/gg.v19i1.584.

Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974.

Wardani, D. A. W., & Budiadnya, P. (2023). Analisis Kompetensi Guru di Abad 21. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(I), 1–19. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.211.

Zebua, S., & Sibarani, M. (2023). Peningkatan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Pengembangan Materi Pembelajaran Digital. Jurnal Sinar Kasih, 1(1), 104–105. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i1.133.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

I G A Lokita Purnamika Utami, I Nyoman Laba Jayanta, & I Made Hendra Sukmayasa. (2024). Framework Design Thinking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 8(4), 399–406. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i4.86172

Issue

Section

Articles