Framework Design Thinking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Authors

  • I G A Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Hendra Sukmayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran Digital, Design Thinking, Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pelatihan

Abstract

Pada pembelajaran abad-21, guru diharapkan menguasai kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, sosial, dan teknologi. Namun, kurangnya media pembelajaran berbasis digital dalam pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi menjadi tantangan yang memerlukan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital serta meningkatkan keterampilan manajemen pengelolaan kelas melalui pendekatan design thinking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 23 guru di sekolah dasar yang mengikuti pelatihan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner, dengan instrumen berupa lembar kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi digital untuk pengajaran dan pengelolaan kelas yang lebih efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan berbasis digital dan design thinking dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Published

2024-12-24

How to Cite

I G A Lokita Purnamika Utami, I Nyoman Laba Jayanta, & I Made Hendra Sukmayasa. (2024). Framework Design Thinking dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 8(4). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/86172

Issue

Section

Articles