Pendampingan Implementasi Pembelajaran Story Telling Berbantuan Media English Cartoon Story Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Minat Bahasa Inggris Siswa
Keywords:
Storytelling, Bahasa Inggris, English Cartoon StoryAbstract
Sekolah Dasar (SD) di kawasan wisata Lovina, Bali, menghadapi tantangan besar dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris pada siswa. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran bahasa Inggris dengan metode storytelling untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa di SD Gugus 1 Kecamatan Buleleng. Berbantuan media English Cartoon Story yang merupakan rangkaian komik bergambar dengan materi bahasa Inggris menjadi media pembelajaran yang digunakan dalam metode storytelling. Selain mengimplementasikan metode storytelling, pengabdian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam teknologi pendidikan dengan pelatihan membuat English Cartoon Story, sehingga guru mampu menghasilkan media pembelajaran bahasa Inggris sendiri. Tahapan dalam pengabdian ini terdiri dari 4 langkah yakni perencanaan dan persiapan, sosialiasi kegiatan pengabdian, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Hasil dari PKM ini menunjukkan hasil yang baik karena dapat meningkatkan keterampilan guru dalam manajemen kelas bahasa Inggris serta meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media English Cartoon Story. Hasil yang baik juga ditunjukkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris terjadi peningkatakn terhadap motivasi belajar bahasa Inggris siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewa Putu Ramendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.