Integrasi Strategi Enjoyable Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Authors

  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Putu Ada Sekolah Dasar Negeri 1 Baktiseraga, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Strategi belajar menyenangkan, Sekolah dasar, Meningkatkan minat belajar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan karena rendahnya minat belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan strategi pembelajaran yang menyenangkan kepada guru sekolah dasar di kecamatan Buleleng. Strategi pembelajaran yang menyenangkan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala-kendala yang ditimbulkan dalam pembelajaran, khususnya terkait penyampaian materi dan kondisi rendahnya minat siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi dalam beberapa tahapan kegiatan yaitu penyampaian materi, pengintegrasian strategi pembelajaran menyenangkan ke dalam rancangan proses pembelajaran (RPP) dan penerapan strategi pembelajaran menyenangkan. Peserta kegiatan ini adalah 20 orang guru perwakilan Gugus 1-9 Kecamatan Buleleng. Strategi enjoyable learning bertujuan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, di mana siswa dapat belajar secara aktif tanpa merasa terbebani. Implikasi dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru telah berhasil mengintegrasikan strategi pembelajaran yang menyenangkan ke dalam RPP yang telah disusun dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di kelas. Penerapan strategi pembelajaran menyenangkan ini secara berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.

Published

2025-03-13

How to Cite

Bayu, G. W., Jampel, I. N., Tegeh, I. M., & Ada, I. P. (2025). Integrasi Strategi Enjoyable Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/87454

Issue

Section

Articles