PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA ROTATION POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ketut Suarni, Komang Ari Sulasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V semester II SD No 2 Penarukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dan medai Rotation Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data penelitian ini akan dianalisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang menunujukkan dinamika proses dan untuk mendeskripsikan berbagai dinamikaperkembangan dan peningkatan yang terjadi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan pada siklus I didapatkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 54% dari semula pada tes awal sebesar 29% dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 75%. Hal ini dikarenakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dan media Rotation Point. Implikasi dari penelitian ini bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPA.

 


Full Text:

PDF

References


Agung. (2010). “Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja 27 September 2010.

Arsyad Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fadil, Mohammad. (2009). “Pemanfaatan Media untuk Proses Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan”. Tersedia pada http://mfadil.blog.unej.ac.id/pemanfaatan-media-pembelajaran/ (diakses tanggal 10 Juni 2010)

Indra. (2009). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Tersedia Pada Http://Indramunawar.Blogspot.Com/2009/06/Faktor-Faktor-Yang-Mempengaruhi-Hasil.Html (Diakses Tanggal 9 November 2010).

Jelantik, Ketut. (2009). “Pengertian Hasil Belajar”. Tersedia pada http://pgri1amlapura.co.cc/?p=37 (diakses tanggal 6 Desember 2009).

Latip. (2009). “Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar” Tersedia pada http://latip.blogspot.com/2009/05/pembelajaran-ipa-di-sekolah-dasar.html (diakses tanggal 9 Nopember 2010).

Mariana, Alit dan Wandy Praginda. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTKIPA).

Nurkancana, Wayan dan Sunartana, PPN. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Prayekti. (2008). “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di SD”. Tersedia pada http://www.teknologipendidikan.net/wp content/uploads/2008/08/prayekti_ pengembangan_model_pembelajaran_interaktif1.pdf. (diakses tanggal 12 Oktober 2010).

Rasana, I Dewa Putu Raka. (2010). “Model-model Pembelajaran Inovatif”. Makalah disajikan dalam Pelaksanaan P2M dengan judul Pelatihan Penerapan Model-model Pembelajaran Inovatif terhadap Guru-guru SD di Kabupaten Tabanan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, universitas Pendidikan Ganesha, 2010.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Santyasa, I Wayan. (2007). “Landasan Konseptual Media Pembelajaran”. Makalah disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar AngkanKlungkung, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja 10 Januari 2007

Saputra, Adi. (2010). “PTK, Membumikan Penelitian di Sekolah”. Tersedia pada http://adisaputrabtm.wordpress.com/2010/10/24/ptk-membumikan-penelitian-di-sekolah/ (diakses tanggal 1 Nopember 2010).

Subagiyo, Lambang, dkk. (2007). “Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi, Partisipasi, dan Kualitas Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Samarinda”.Didaktika, Volume 8, Nomor 1 (hlm. 38).

Sutriyono. (2007). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap Pemahaman Konsep Materi PokokBangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Dempet Tahun Pelajaran 2006/2007.Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang

Tegeh, I Made. (2008). Media Pembelajaran. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11436

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF file view : 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.