OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11443Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika dengan mengoptimalkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan lembar kerja siswa (LKS) pada siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 2 Batuaji pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 19 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari pada siklus II sebesar 5,26 dari skor rata-rata sebesar 79,08 dalam kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 83,34 dengan kategori aktif pada siklus II, dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 1,75 dari skor rata-rata sebesar 79,71 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 81,46 dengan kategori baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
References
Abimanyu, Soli. (2008). Bahan Ajar Cetak Strategi Pembelajaran 3 SKS. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Agung, A.A. Gede. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaima Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anggoro, Toha, dkk. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariana, I Made. (2010). Penerapan Problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pecahan siswa kelas IV semester II SD negeri 5 Banyuning Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Arnyana, Ida Bagus Putu. (2007). Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha.
Astuti, Sri Ayu. (2010). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di SD No. 5 Sukasada Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Dimyati dan Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kusumawati, Luky. (2009). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Dengan Teknik LKS Pada Siswa Kelas VII SMP N 4 CEPU. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Parwata, Ida Bagus Adi. (2009). Pengaruh Pembelajaran Berbasis masalah terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Prihandoko, Antonius Cahya. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.
Sardiman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siaga, I Nyoman. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIIE SMPN 2 Banjar Tahun Pelajaran 2008-2009. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja. Fakultas Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Siddiq, Djauhar, dkk. (2008). Bahan Ajar Cetak Pengembangan Bahan Pembelajaran SD 2 SKS. Jakarta: Depdiknas.
Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sukmadewi, Made Irma. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Semester II SD 2 Banjar Tegal. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja. Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha.
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.
Wahyudin, Dinn, dkk. (2007). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)