PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11606Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Banjar.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yang terdiri atas 45 orang.Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan teknik random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t.Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar -2,704 dengan signifikansi (sig) sama dengan 0,011, sehingga nilai sig. (0,011) lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Hal ini menunjukkan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ke- 3. Bandung: Alfabeta.
Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.
Wahyuningsih, Ika dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have (QSH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Jurnal Universitas Lampung.
Said, Alamsyah dkk. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Cetakan Ke- 1. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Subawa, I Made. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Questions Student Have Dan ThinkPair Share Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-14. Bandung: Alpabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)