PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Sri Budiartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Banjar.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yang terdiri atas 45 orang.Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan teknik random sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t.Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar -2,704 dengan signifikansi (sig) sama dengan 0,011, sehingga nilai sig. (0,011) lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Hal ini menunjukkan model pembelajaran Question Student Have (QSH) berbantuan permainan ular tangga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ke- 3. Bandung: Alfabeta.

Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha.

Wahyuningsih, Ika dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Question Students Have (QSH) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Jurnal Universitas Lampung.

Said, Alamsyah dkk. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Cetakan Ke- 1. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Subawa, I Made. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Questions Student Have Dan ThinkPair Share Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-14. Bandung: Alpabeta.

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Tegeh, M., & Budiartini, N. K. S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) BERBANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. International Journal of Elementary Education, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11606

Issue

Section

Article