Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.14000Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children’s Learning In Sciece (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs. Rancangan desain yang digunakan yaitu Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 5 Dalung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 6 Dalung sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan tes pilihan ganda biasa yang berjumlah 28 butir soal yang telah di validasi. Analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV ( thitung = 2,96 > ttabel = 2,000 ) dengan rerata nilai hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan = 83,83 dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional =74,33. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children’s Learning In Sciece (CLIS) berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2016/2017.References
Agung, A.A Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Alifviani, Inyatul. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungmutih 1 Demak”. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/2963/1/6513.pdf (Diakses pada Tahun 2010).
Ambarwati, Kadek Nila. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 4, Nomor 1.
Budiarti, Luh Putu Yudha. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus III Kecamatan Busungbiu”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 2, Nomor 1.
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, cv.
Dewi, Ni Pt Yastini. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Bermedia Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep Energi Di SD Negeri 1 Banyuning”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 1, Nomor 1.
Prasojo, Edi. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Ngalian 01 Semarang”. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/18808/1/1402408073.pdf (Diakses pada Tahun 2017).
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Setyosari, Punaji. 2015 Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: PrenandaMedia Group
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenandaMedia Group
Tresna Dewi, Pande Nym Tri. 2014. “ Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajarv IPA Siswa Kela V SD”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 2. Nomor 1.(hlm 1-10)
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)