Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Anak Agung Andrayani

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.14000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children’s Learning In Sciece (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap hasil belajar  IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs. Rancangan desain yang digunakan yaitu Intact-Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 5 Dalung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD No. 6 Dalung sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan tes pilihan ganda biasa yang berjumlah 28 butir soal yang telah di validasi. Analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV ( thitung = 2,96 > ttabel = 2,000 ) dengan rerata nilai hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan = 83,83 dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional =74,33. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children’s Learning In Sciece (CLIS) berbantuan media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2016/2017.

References

Agung, A.A Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Alifviani, Inyatul. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungmutih 1 Demak”. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/2963/1/6513.pdf (Diakses pada Tahun 2010).

Ambarwati, Kadek Nila. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 4, Nomor 1.

Budiarti, Luh Putu Yudha. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus III Kecamatan Busungbiu”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 2, Nomor 1.

Dantes, Nyoman. 2014. Analisis Dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, cv.

Dewi, Ni Pt Yastini. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Bermedia Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep Energi Di SD Negeri 1 Banyuning”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 1, Nomor 1.

Prasojo, Edi. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Ngalian 01 Semarang”. Tersedia pada http://lib.unnes.ac.id/18808/1/1402408073.pdf (Diakses pada Tahun 2017).

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015 Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: PrenandaMedia Group

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenandaMedia Group

Tresna Dewi, Pande Nym Tri. 2014. “ Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajarv IPA Siswa Kela V SD”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Undiksha. Volume 2. Nomor 1.(hlm 1-10)

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-05-08

How to Cite

Andrayani, A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.14000

Issue

Section

Article