Pengaruh Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Minat Outdoor Siswa

Authors

  • Ayu Pransisca

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran assure bernuansa lingkungan berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS  ditinjau dari minat outdoor siswa kelas V SDN Gugus 1 Masbagik Utara Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan post test two group faktorial design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 143 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 76 orang siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data minat outdoor siswa dikumpulkan dengan kuisioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis  menggunakan Anava AB berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Assure bernuansa lingkungan berbantuan media audiovisual dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Assure bernuansa lingkungan berbantuan media audiovisual dan minat outdoor terhadap hasil belajar IPS siswa, 3) Pada siswa yang memiliki minat outdoor tinggi, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Assure bernuansa lingkungan berbantuan media audiovisual dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 4) Pada siswa yang memiliki minat outdoor rendah, tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Assure bernuansa lingkungan berbantuan media audiovisual dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Pransisca, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Assure Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Minat Outdoor Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 108–114. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14412

Issue

Section

Article