Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik terhadap Sikap Religius dan Hasil Belajar Pkn Siswa

Authors

  • Desy Permini

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran resolusi konflik terhadap sikap religius dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus II Kecamatan Sawan sebanyak 150 siswa. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Bebetin dan SDN 3 Bebetin yang diambil dengan teknik random sampling pada kelas-kelas yang setara. Data yang dikumpulkan adalah sikap religius dengan metode kuesioner dan hasil belajar PKn dengan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Hasil Belajar PKn siswa yang mengikuti implementasi model resolusi konflik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 266,796; p < 0,05); kedua, sikap religius siswa yang mengikuti model resolusi konflik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 114,275; p < 0,05); ketiga, secara simultan sikap religius dan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model resolusi konflik lebih baik daripada siswa yang mengikuti model konvensional. Model konvensional yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ceramah.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Permini, D. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik terhadap Sikap Religius dan Hasil Belajar Pkn Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 123–130. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14414

Issue

Section

Article