Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPS

Siti Nuryani, Henry Januar Saputra, Mei Fita Asri Untari

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPS kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Bentuk  pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIC SDN Sendangmulyo 02 tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas III. Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,25 dan tes akhir posttest dengan nilai rata-rata sebesar 85,50. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament berbantu media Puzzle . Ada perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model pembelajaran Teams Game Tournament  berbantu media Puzzle kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Ni Putu Eka Yuni. 2011. “Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction/DI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas VIII di SMP 6 Singaraja Tahun 2011”. E- Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2011 (25).

Dewiyanti , Ni Kd. & I Kt Adnyana P., I W. Wiarta. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika “. JIPP Volume 2 Nomor 1 April 2018 (29-37).

Fatmawati. As., I Nym. Jampel, I Wyn. Widiana. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD”. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha. Di akses melalui ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article%20/viewFile/1262/1125.

Henry, dkk 2015. Dasar-dasar Pendidikan IPA SD. Semarang: UPGRIS

Kariyana, I Kadek.2014 “Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola”. Jurnal Penjakora Vol 2 No 1 2014 (1-11).

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 ) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.

Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.

Muliantika, Pt. Frendita I Gd. Margunayasa, I Md. Citra Wibawa. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.

Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Putri, Dewi Siswanti & Mawardi.2017. ” The Application Of Teams-Games-Tournament (TGT) To Increase Students’ Activeness And Learning Outcomes “. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50 (2), July 2017, 60-68.

Priliyani, Eka. Mujihardi. 2014. “Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Monopoli Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Kalirejo II Kabupaten Pasuruan”. Junal Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan.

Qurrota, Dewi & I Nyoman Suardana, I Made Suwenten, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 1, Nomor 2, 2017.

Rohmah, Emay Aenu, Wahyudin. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa”. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, ISSN 2085-1243 Vo. 8. No.2 Hal 126-143.

Rusman. 2013.Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Siregar, Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran : Belajar dan Mengajar. Bogor: Ghalia Indonesia

Solihah, Ai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Agustus 2016 ISSN: 2527-967X

Suari, Mirah Marlia. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-6 Semester 1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009”. E-Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2008.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Semarang: Aneka Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16113

Article Metrics

Abstract view : 1019 times
PDF file view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:

Crossref  

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.