Keefektifan Model NHT (Numbered Heads Together) Berbantu Media Sapuan Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17278Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Nilai hasil belajar matematika siswa kelas 1 yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM. Hal ini disebabkan kurangnya penggunakan model dan media pembelajaran yang memperjelas konsep-konsep abstrak dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran MATEMATIKA kelas 1 SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Desan penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-posttest. Populasi pada penelitain ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Tlogosari Kulon 01.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) berbantu media sapuan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 1 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai posttest siswa meningkat 20,18% dari hasil nilai pretest. Selain itu diperkuat dengan hasil peritungan uji-t diperoleh sebesar 21,36193 dan sebesar 2,048 ,karena (21,36193) > (2,048) maka hal itu menunjukan bahwa uji t signifikanReferences
Alvario, Prilusma. 2016. Efektivitas Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian Pada Anak Tunarungu Kelas IV di SDN No 35 (SDLB) Painan Utara. E-JUPEKku. Volume 5 Nomor 1.
Anitah, Sri W.Dkk. 2012. Strategi Pembelajaran di SD, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Ksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta.: PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Baharudiin, Esa Nur Wahyuni.2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathani, Abdul Salim. 2018. Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gede, I Budi Astrawan. 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kela V SDN 3 Tonggolobibi. .https//scholar.google.co.id. Jurnal.untad.ac.id. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3 (4), 2014
Hamdaya, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Karso, dkk. 2012. Pendidikan Matematika 1, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Kusumawati, Hanifah dan Mawardi. 2016. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. https//scholar.google.co.id. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 (3), 251-263, 2016.
Muhsetyo, Gatot, Dkk. 2016. Pembelajaran Matematika sd, Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Noviyanti, Ervin. 2018. Keefektifan Media Sapuan (satuan danpuluhan) Pada Model Pembelajaran Cooperative Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SDN 01 Mororejo. Skripsi. FIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang.
Rafika, Fela Erza.2016. Pengaruh Dari Penerapan Model NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Berbantu Media Konkret Siswa Kelas IV SDN Maribaya 01 Kab.Tegal. Buku Elektronik. File PDF. 8 Oktober 2018.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1. Sekertariat Negara. Jakarta.
Sadirman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Setianingsih, Ekasari, Rahmat Rais dan Asep Ardiyanto. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sundayana, Restina. 2013. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Garut: Alfabeta.
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taufik, Agus, Hera L Mikarsa, Puji L Prianto. 2013 Pendidikan Anak di SD, Edisi 1. Tanggerang Selatan..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)