Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17284Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa yang berakibat tidak tercapainya nilai KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model Numbered Head Together (NHT) dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Pre-Experimental Design. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pandeanlamper 04 Semarang dengan jumlah 21 siswa. Jumlah sampel sebanyak 21 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes.Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,94 dan nilai posttest diperoleh nilai sebesar 80,61. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar tematik siswa menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Teka-Teki Silang. Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan bahwa thitung 10,979 dan ttabel 2,101 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel, yaitu 10,979 > 2,101 sehingga H0 ditolak. Karena H0 ditolak, maka kesimpulannya yaitu Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Teka-Teki Silang efektif terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 SemarangReferences
Astrawan, I Gede Budi .2012.”Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD N 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Ferawati (2018) dengan judul “Keefektifan Media PANIKER(Papan Jenis-jenis Pekerjaan) Berbantu Model NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS MI Asy-Syafi’iyah Jepara”. Skripsi : Semarang : Universitas PGRI Semarang.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Kustandi dan Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Monawati, M. Yamin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV Sdn Lamsayeun. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4, Oktober.
Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.
Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.
Pukjiwati. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas IV SDN Sumur 03. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA Universitas Muria Kudus. Volume 7 (2).
Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : KENCANA.
Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual : Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI).Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama.
Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April.
Witari, I Gusti Ayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kela IV di SDN Gugus I Kecamatan sawan Tahun Pelalajaran 201/2017. Jurnal MImbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nmor 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)